EVALUASI USER EXPERIENCE DAN USABILITY SISTEM INFORMASI TUGAS AKHIR FTI UKSW MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE DAN SYSTEM USABILITY SCALE


Abstract
Pada pelaksanaan penggunaan Sistem Informasi Tugas Akhir (SITA) di FTI UKSW, pengguna khususnya mahasiswa masih mengalami masalah dalam penggunaan sistem tersebut. Oleh karena itu akan dilakukan perbaikan pada SITA. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi pengalaman pengguna SITA menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) serta evaluasi usability menggunakan System Usability Scale (SUS). Adapun hasil evaluasi user experience dan usability SITA dapat digunakan sebagai dasar perbaikan SITA versi selanjutnya. Pengukuran menggunakan UEQ dan SUS berupa kuesioner pada 88 responden. Hasil pengukuran user experience SITA menggunakan UEQ memperlihatkan bahwa SITA memiliki daya tarik, kejelasan, efisiensi, dan ketepatan yang positif, adapun kebaruan dan stimulasi SITA adalah netral. Hasil perbandingan dengan 468 produk interaktif sejenis, level user experience SITA untuk segala aspek adalah Below Average. Hasil pengukuran SUS SITA adalah 70,4 yang berarti acceptability ranges SITA adalah marginal high. Adapun dari FGD yang dilakukan didapatkan beberapa rekomendasi untuk peningkatan fitur SITA yang diharapkan dapat meningkatkan prinsip desain user control and freedom.
Downloads
References
Chandra, W., & Wirapraja, A. (2020). The Effect of Application Usability, Service Quality, and E-Satisfaction on Influencing Purchase Intention of GO-FOOD Customers. Indonesian Journal of Information Systems, 3(1), 38–49. https://doi.org/10.24002/ijis.v3i1.3563
Coppola, S. M., & Gurses, A. P. (2021). Remote Usability Testing of a Pediatric Trauma Dashboard. Proceedings of the 21st Congress of the International Ergonomics Association (IEA 2021), 267–273.
Ependi, U., Kurniawan, T. B., & Panjaitan, F. (2019). System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: a Review. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 10(1), 65–74. https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2725
Hartzani, A. G. (2021). Evaluasi User Experience Pada Dompet Digital OVO Menggunakan User Experience Questionnaire(UEQ) [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/57729/1/AL GHIFARI HARTZANI-FST.pdf
Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020). Jurnal Politeknik Caltex Riau Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire. Jurnal Politeknik Caltex Riau, 6(1), 69–78. https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/3582
Izabal, S. V., Aknuranda, I., & Az-zahra, H. M. (2018). Evaluasi dan Perbaikan User Experience Menggunakan User Experience Questionnaire ( UEQ ) dan Focus Group Discussion ( FGD ) pada Situs Web FILKOM Apps Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(9), 3224–3232.
Kesuma, D. P. (2020). Evaluasi Usability Pada Web Perguruan Tinggi XYZ Menggunakan System Usability Scale. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 1(2), 212–222. https://doi.org/10.35957/jtsi.v1i2.518
Maricar, M. A., & Pramana, D. (2020). Usability Testing pada Sistem Peramalan Rentang Waktu Kerja Alumni ITB STIKOM Bali. Jurnal Eksplora Informatika, 9(2), 124–129. https://doi.org/10.30864/eksplora.v9i2.326
Ramadhan, G. T. H., & Aknuranda, I. (2021). Evaluasi dan Perancangan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Situs Web Haiwanita.com. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Kompute, 5(5), 1662–1676. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8960
Saputra, A. (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3), 206–212. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i3.50
Schrepp, M. (2019). User Experience Questionnaire Handbook Version 8. In www.ueq-online.org (8th ed.). www.ueq-online.org
Setiyawati, N., Dwi Purnomo, H., & Mailoa, E. (2022). User Experience Design on Visualization of Mobile-Based Land Monitoring System Using a User-Centered Design Approach. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 16(03), 47–65. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i03.28499
Sidik, A. (2018). Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile. Technologia: Jurnal Ilmiah, 9(2), 83. https://doi.org/10.31602/tji.v9i2.1371
Simatupang, J., & Muhammad, M. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Tugas Akhir dengan Menerapkan Prinsip-Prinsip Teknologi Mobile. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 2(2), 39. https://doi.org/10.35145/joisie.v2i2.16
Subiyakto, A., Adhiazni, V., Nurmiati, E., Hasanati, N., Sumarsono, S., & Irfan, M. (2020). Redesigning User Interface Based on User Experience Using Goal-Directed Design Method. 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2020, June 2021. https://doi.org/10.1109/CITSM50537.2020.9268822
Wijaya, I. N. S. W., Santika, P. P., Iswara, I. B. A. I., & Arsana, I. N. A. (2021). Analisis dan Evaluasi Pengalaman Pengguna PaTik Bali dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2), 217. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020762763
Wulandari, I. R., & Farida, L. D. (2018). Pengukuran User Experience Pada E-Learning Di Lingkungan Universitas Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Mantik Penusa, 2(2), 146–151.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.