PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PROSES PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU PADA SD YP INDRA PALEMBANG

  • Hellen Puspita Sari Universitas Bina Darma
  • Kiky Rizky Nova Wardani Universitas Bina Darma
Abstract viewed = 25 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 29 times

Abstract

Penerimaan calon peserta didik baru merupakan kegiatan sekolah yang rutin dilakukan sekali dalam satu tahun bahkan pada pertengahan tahun mengajar. Pengolahan data calon peserta didik baru di Sekolah Dasar YP Indra Palembang yang terletak di Kecamatan Plaju, Kota Palembang masih dilakukan dengan cara yang konvensional yakni orang tua murid harus datang langsung ke sekolah untuk melakukan pendaftaran anaknya dan mengisi bermacam formulir untuk melengkapi data, dan selama ini masih dilakukan dengan cara manual yang mungkin menimbulkan terjadi kesalahan. Penyebaran informasi di Sekolah Dasar YP Indra Palembang juga hanya melalui poster atau spanduk di sekolah. Hal ini menyebabkan orang tua murid kesulitan mendapatkan informasi yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran dan hal ini juga membuat pihak sekolah menghadapi masalah dengan formulir yang tidak dapat disortir dengan cepat dan dilakukan dengan cara manual. Melihat permasalahan tersebut, maka solusi yang bisa diusulkan adalah sebuah sistem informasi sekolah dasar berbasis web yang dapat menolong penginputan data siswa calon baru dapat dilakukan dengan lebih praktis, penyaringan data pendaftar dapat dilakukan secara efisien, dan pencarian serta penyajian informasi dapat dilakukan dengan lebih cepat.Pada penelitian ini metode yang digunakan ialah metode waterfall, yang mana merupakan salah satu metode pengembangan dimana pelaksanaannya dilakukan dengan cara yang bertahap sehingga meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.Hasil akhir dari perancangan sistem informasi ini adalah sebuah sistem yang dapat membantu dan memberikan kemudahan dalam proses penerimaan atau pendaftaran siswa baru sehingga proses tersebut dapat menjadi lebih efisien dan efektif. Dengan adanya sistem ini, pihak sekolah dapat dengan mudah mengelola data siswa, menyederhanakan proses seleksi, dan memberikan informasi yang lebih cepat kepada calon siswa dan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andharsaputri, R. L., Syahputra, E., & Prianto, W. (2021). IMPLEMENTASI RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA SISTEM INFORMASI PENGADAAN BARANG DAN JASA. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 5(1), 12.
Badrul, M., & Ardy, R. (2021). Penerapan Metode Waterfall pada Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 5(1), 52–61.
Cahyadi, D. (2023). METODE PROSES DESAIN DALAM METODOLOGI DESAIN: PENDEKATAN SISTEMATIS DAN EFEKTIF DALAM MERANCANG PRODUK DAN SISTEM. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain Universitas ….
Dalle, J., & Akrim, A. (n.d.). Baharuddin.(2020). Pengantar Teknologi Informasi. Depok: Rajawali Pers, 334.
Fajri, N. S., & Wiyani, N. A. (2019). Manajemen Marketing Sekolah Berbasis Information and Communication Technology. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 107–118.
Hidayat, T., Muttaqin, M., & Djamaludin, D. (2020). Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Online Berbasis Website di Yayasan Pendidikan Arya Jaya Sentika. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 9(1), 7–14.
Meryatul Husna, dan. (n.d.). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS DENGAN METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP).
Muti’ah Fadillah, R., & Ibrahim, A. (2023). IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI UP-SELLING DAN CROSS-SELLING. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 7(1), 85–96.
Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Pengertian Pendidikan (Vol. 4). http://repo.iain-
Putra, D. M. D. U., Mahendra, G. S., & Mulyadi, E. (2022). Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru pada SMP Negeri 3 Cibal Berbasis Web. INSERT: Information System and Emerging Technology Journal, 3(1), 42–52.
Rahman, M. K. (2020). Sistem Informasi Gofoodies Lombok Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel dan Bootstrap. Publikasi Praktek Kerja Lapangan PSTI FT-UNRAM.
Restu Ningsih, S., Indonesia Padang, S., & Khatib Sulaiman Dalam No, J. (2021). IMPLEMENTASI E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 5(1), 20–28.
Rumetna, M. S., & Lina, T. N. (2020). Sistem Informasi Kampung Wisata Arborek Dengan Metode Waterfall. Information System For Educators And Professionals: Journal of Information System, 5(1), 31–40.
Simarmata, J., Manuhutu, M. A., Herlinah, H., & Sinambela, M. (2021). Pengantar Teknologi Informasi. Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Sumiati, M., Abdillah, R., & Cahyo, A. (2021). Pemodelan Uml Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta. Jurnal Fasilkom, 11(2), 79–86.
Susanti, W., Jalinus, N., Prof, J., Air, H., Padang, T., & Barat, S. (2018). ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 2(Desember), 49–56.
Syaifullah, M. (2019). SISTEM INFORMASI LAYANAN KONSELING BERBASIS BLENDED LEARNING PADA SMK PGRI PEKANBARU. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 3(1), 41–50.
Wahid, A. A. (2020). Analisis metode waterfall untuk pengembangan sistem informasi. J. Ilmu-Ilmu Inform. Dan Manaj. STMIK, No. November, 1–5.
Published
2023-12-30
How to Cite
SARI, Hellen Puspita; NOVA WARDANI, Kiky Rizky. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PROSES PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU PADA SD YP INDRA PALEMBANG. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 287-298, dec. 2023. ISSN 2527-3116. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/3472>. Date accessed: 03 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v7i2.3472.
Section
Articles