REKOMENDASI USER INTERFACE WEBSITE PDAM TIRTA MUSI PALEMBANG UNTUK STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SOSTAC
Abstract
PDAM Tirta Musi Palembang merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa penyedia layanan air bersih di Kota Palembang. PDAM Tirta Musi Palembang dalam melaksanakan tugas pokoknya, memiliki fungsi dalam peningkatan outcome berupa pendapatan guna keberlangsungan perusahaan dan pembangunan daerah. Untuk itu, PDAM Tirta Musi Palembang membutuhkan sebuah strategi pemasaran yang sesuai dengan produk dan layanan yang ditawarkan agar mampu bersaing dan bertahan mengikuti perkembangan zaman. Digital marketing sudah menjadi alat yang sangat diperlukan perusahaan untuk bertahan di persaingan pasar saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategis pemasaran berupa rekomendasi user interface website PDAM Tirta Musi yang mampu memberikan peluang bisnis yang baru dalam melakukan pemasaran produk berupa layanan pemasangan dengan menerapkan metode SOSTAC. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah SOSTAC yang terdiri dari 6 tahapan yaitu Situation Analysis, Objective, Strategy, Tactics, Action, and Control. Hasil penelitian berupa hasil rekomendasi strategi digital marketing yang diimplementasikan kedalam sebuah tampilan User Interface Website PDAM Tirta Musi Palembang dengan persentase rata – rata tingkat keberhasilan dan efektifitas rekomendasi sebesar 96,6%.
Downloads
References
Djamaludin, Oemar, H., Puspita, N., & Selamat. (2022). Perancangan Strategi Digital Marketing UMKM Frozen Food. Journal of Industrial Engineering, 07(2), 110–122.
Dr. Archana. (2019). Digital Marketing – Trends, Opportunities And Challenges. International Journal of Advance and Innovative Research, 6(May), 137–141. http://iaraedu.com/about-journal/ijair-volume-6-issue-1-xxxv-january-march-2019-part-2.php
Faruk, M., Rahman, M., & Hasan, S. (2021). How digital marketing evolved over time: A bibliometric analysis on scopus database. Heliyon, 7(12), e08603. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08603
Hadi, W. R., & Putri, B. P. S. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Omme Event Melalui Media Sosial Instagram Dalam Membangun Awareness Masyarakat Di Era Pandemi. E-Proceeding of Management, 9(4), 2407–2414.
Irwanto, J., Murniati, W., & Fauziyah, A. (2021). Optimization of Digital Marketing Strategy with Implementation of SOSTAC Method. International Journal of Entrepreneurship and Business Development, 4(6), 886–892.
Junaidi, K. (2022). Penggunaan Metode SOSTAC Pada Sistem E-Marketing Perumahan Mitra Griya Konsultan Pringsewu. Teknologi Terkini, 2(5), 1–15.
Khare, V. K. (2023). a Bibliometric Analysis of the Effectiveness of Digital Marketing on Smes in the Digital Era. January.
Nuseir, M. T., El Refae, G. A., Aljumah, A., Alshurideh, M., Urabi, S., & Kurdi, B. Al. (2023). Digital Marketing Strategies and the Impact on Customer Experience: A Systematic Review. February, 21–44. https://doi.org/10.1007/978-3-031-12382-5_2
Polanco, S. C., & Priadika, A. T. (2022). Rancang Bangun Aplikasi E-Marketing Berbasis Web Menggunakan Metode Sostac (Studi Kasus: Pt. Dimitra Adi Wijaya Bandar Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(1), 71–76. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Rifai, Z., Faqih, H., & Dwi, M. (2021). Metode SOSTAC Untuk Penyusunan Strategy Digital Marketing pada UMKM Dalam Menghadapi Pandemi dan Pasca Pandemi. Jurnal Sains Manajemen, 9(1), 1–13.
Sudibyo, H., & Minarti, D. (2022). Implementasi E-Commerce Menggunakan Framework Technology Organization Enviroment Untuk Peningkatan Pemasaran Dan Penjualan Produk Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Dharmasraya. Journal Of Information System And Informatics Engineering, 6(2), 64–68.
Yusvanli, U., & Alimuddin, Y. (2019). Perancangan Sistem Pengajuan Pemasangan Baru Pdam Yusvanli Umar 1 , Alimuddin Yasin 2 1,2. Isbn, 2019(November), 145–153.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.