EVALUASI KEBERHASILAN SCRUM DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI DIABEATS SEBAGAI E-COMMERCE PEMESANAN MAKANAN SEHAT


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan penerapan metode Scrum dalam pengembangan aplikasi Diabeats, sebuah platform e-commerce pemesanan makanan sehat. Keberhasilan dievaluasi berdasarkan indikator efisiensi tim, penyelesaian backlog, kemampuan adaptasi terhadap perubahan, serta efektivitas siklus pengembangan. Studi ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan menganalisis tiga sprint pengembangan yang dilakukan selama periode proyek. Data dikumpulkan dari dokumentasi proyek, termasuk laporan sprint, grafik burndown chart, serta hasil retrospektif tim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% backlog berhasil diselesaikan pada setiap sprint dengan total story point mencapai 243 poin. Scrum terbukti meningkatkan adaptabilitas tim, mempercepat alur kerja, serta mengoptimalkan manajemen backlog secara iteratif. Meskipun terdapat tantangan berupa perubahan kebutuhan pengguna dan kendala komunikasi, tim mampu menyesuaikan strategi pengembangan melalui diskusi rutin dan manajemen risiko yang lebih baik. Studi ini memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan perangkat lunak berbasis Agile, khususnya dalam konteks e-commerce, serta dapat dijadikan acuan penerapan Scrum untuk tim pengembang dengan skala kecil hingga menengah.
Downloads
References
Ayurira, C. L. A., & Fajri, I. N. (2024). Implementasi Metode Scrum Dalam Pengembangan Website E-Commerce Pada Twins Petshop. Journal of Innovation And Future Technology (IFTECH), 6(2), 259–270. https://doi.org/10.47080/iftech.v6i2.3397
Azrieel, W., & Valentino, N. (2024). Mengoptimalkan Komunikasi Dalam Tim Pengembangan Perangkat Lunak Melalui Pendekatan Agile Dengan Scrum: Literature Review. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 4373–4378. https://doi.org/10.36040/jati.v8i4.9949
Fajri, A. N., Voutama, A., & Nugraha, H. B. (2024). Rancang Bangun Sistem Aplikasi E-Ticketing Pesawat Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum Dengan Pengujian Black Box. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 4543–4549. https://doi.org/10.36040/jati.v8i4.9983
Fernandes, M., & Voutama, A. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Massive Online Open Course Teknologi Digital Berbasis Website Menggunakan Metode Scrum. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 3285–3292. https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9484
Gutama, R., & Dirgahayu, T. (2022). Implementasi Scrum Pada Manajemen Proyek Pengembangan Aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan (SMEP). Journall UI, 1–7. https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/17420/10935/45697
Khalis, A. R., Mulyawan, B., & Lauro, M. D. (n.d.). Aplikasi Pemesanan Catering Sehat Berbasis Web : Studi Kasus Oyza Fit Life.
Maghfirah, A. A., & Suranto, B. (2024). Evaluasi Adopsi Metode Agile Untuk Proses Perangkat Lunak Oleh Tim Startup Di Indonesia. 11(2), 570–587.
Maulana, M. R., & Wahyuni, E. D. (n.d.). Evaluasi Metodologi Waterfall Dan Agile : Studi Literatur Pada Sistem Perpustakaan. 13(1), 1287–1294.
Sabila, H., Praptono, B., & Arini, I. Y. (2021). Perancangan Aplikasi Pencatatan Laporan Keuangan Dengan Menggunakan Metode Agile Development Scrum. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 5(2), 67–74.
Setiawan, W. D., & Supangat. (2024). Analisis Dan Evaluasi Penggunaan Metode Agile Scrum Dalam Perancangan Sistem Informasi Fotografi. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 4(1), 154–173. https://doi.org/10.46306/sm.v4i1.86
Sisephaputra, B., & Alit, R. (2022). Pengukuran Tingkat Keberhasilan Penerapan Metode SCRUM Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman di Lingkungan Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Sur. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 4(2), 47–56. https://doi.org/10.52435/jaiit.v4i2.249
Tohirin, & Widianto, S. R. (2020). Peran Trello dalam Adopsi Agile Scrum Pada Pengembagan Sistem Informasi Kesehatan. Multinetics, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.32722/multinetics.v6i1.2763
Trisnawati, L., Setiawan, D., & Budiman. (2022). Sistem Monitoring Kegiatan Kemahasiswaan Menggunakan Metode Agile Development. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 6(1), 49–57.
Wahyudi, A., Sunardi, & Riadi, I. (2022). Peran Strategis Scrum Master Pada Pengembangan Perangkat Lunak Perpustakaan Sekolah Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(3), 711–717. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.2994

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.