IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT MENGGUNAKAN ODOO PADA STARTUP MARKETING COMMUNICATION AGENCY


Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara perusahaan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) menjadi solusi strategis bagi perusahaan, termasuk Startup Marketing Communication Agency, untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperkuat interaksi dengan klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem CRM berbasis Odoo guna mengoptimalkan pengelolaan database klien, otomatisasi pemasaran, dan analisis interaksi pelanggan. Metode yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD), yang memungkinkan pengembangan sistem secara cepat dan fleksibel berdasarkan umpan balik pengguna. Pengujian dilakukan dengan meminta pengguna mencoba modul yang telah dikembangkan, diikuti dengan pengisian kuesioner berbasis skala Likert untuk mengevaluasi efektivitas sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM berbasis Odoo mampu meningkatkan efisiensi pengelolaan klien, mempercepat pekerjaan, serta mempermudah strategi pemasaran dan layanan pelanggan, dengan rata-rata peningkatan sebesar 74,23% dibandingkan kondisi sebelum implementasi. Antarmuka aplikasi dinilai modern dan mudah digunakan, meskipun beberapa fitur masih dapat dioptimalkan. Secara keseluruhan, implementasi Odoo sebagai sistem CRM terbukti menjadi solusi yang efektif bagi startup dalam mengelola hubungan pelanggan secara lebih sistematis dan terstruktur.
Downloads
References
Andharsaputri, R. L., Syahputra, E., & Prianto, W. (2021). Implementasi Rapid Application Development Pada Sistem Informasi Pengadaan Barang Dan Jasa. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 5(1), 12.
Anggara, N. A. A., Hutahaean, J., & Iqbal, M. (2022). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(4), 480–488. https://doi.org/10.47065/bits.v3i4.1440
Ermawati, S., & Lestari, P. (2022). Pengaruh Startup Sebagai Digitalisasi Bagi Ekonomi Kreatif Di Indonesia. https://transpublika.co.id/ojs/index.php/Transekonomika
Hawari, I., Purwanto, H., Pitara, S. W., & Subaeki, B. (2023). Prosiding Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi dan Teknik (SoBAT) ke-5 Bandung, 28 Oktober 2023 Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Menggunakan Odoo Studi Kasus: Peternakan Burung Puyuh Di Pemalang.
Jamal, S., & Kusnadi, K. (2022). Perancangan ERP Menu Hr-Training Berbasis Odoo Menggunakan Metode SDLC Studi Kasus PT.XYZ. Remik, 6(3), 426–435. https://doi.org/10.33395/remik.v6i3.11612
Saefuddin, M. T., Wulan, N. T., Savira, & Juansah, D. E. (2023). Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian.
Nadillah, M. F., Voutama, A., Informasi, S., Karawang, S., Ronggo Waluyo, J. H., Timur, T., Karawang, J., & Barat, I. (2024). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Daur Ulang Sampah Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Dalam Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Nomor 3).
Nur Amalia, R., Setia Dianingati, R., & Annisaa, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden Terhadap Hasil Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan Dan Perilaku Swamedikasi. Generics : Journal of Research in Pharmacy Accepted : 4 Mei, 2(1).
Nurhasanah, S., & Mutmainah, K. (2022). Management Change, Financial Distress, Ukuran Perusahaan Klien, Ukuran Kap, Persentase Perubahan ROA, Audit Fee Dan Pengaruhnya Terhadap Penggantian Kantor Akuntan Publik (KAP) Secara Voluntary.
Purwanto, H., Asmara, M. A., Nugraha, R. W., Shiddieq, F., & Shidiq, A. P. (2022). Implementasi Customer Relationship Management Sistem Informasi Lapangan Futsal Menggunakan Aplikasi Odoo.
Rafiul Muiz, M., Fitriani, W., Uin, M., & Yunus Batusangkar, I. (2022). Urgensi Analisis Kebutuhan Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS
Ramdany, S. W., Aulia Kaidar, S., Aguchino, B., Amelia, C., Putri, A., & Anggie, R. (2024). Penerapan UML Class Diagram dalam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web. Dalam Journal of Industrial and Engineering System (Vol. 5, Nomor 1).
Restu Ningsih, S., Irma Suryani, A., Darwas, R., Metamedia, U., Khatib Sulaiman Dalam No, J., & Barat, S. (2022). Pengembangan Aplikasi E-Assignment Sebagai Media Evaluasi Dalam Pembelajaran Dengan Metode Jigsaw. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 6(Desember), 88–95.
Risqi, A., & Nasution, S. (2021). Identifikasi Permasalahan Penelitian. Dalam ALACRITY : Journal Of Education (Vol. 1, Nomor 2). http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity
Rohmanto, R., & Setiawan, T. (2022). Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Luring dan Daring Menggunakan Metode Use case dan Sequence Diagram. INTERNAL (Information System Journal, 5(1), 53–62. https://doi.org/10.32627
Rosana, J., Yeni Pangestu, K., Try Tiffany, E., Suhardjo, I., & Studi Akuntansi, P. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Penerapan Sistem Odoo pada PT. Great Dynamic Indonesia. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 421–429.
Sari, D. A., & Wijayanto, D. (2023). Rancang Bangun Sistem Pemesanan Ruang Meeting Berbasis Web (Studi Kasus: Pt Media Sarana Data) Design of Web-Based Meeting Room Booking System (Case Study: PT Media Sarana Data). Dalam Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi e-issn (Vol. 5, Nomor 2).
Setyo Nugroho, B., Rahma, A., Marzha Amelya, G., Dwi Yuniarti, I., Dwi Sekar Arum, L., & Alya Pramudia Politeknik Negeri Semarang, R. (2022). Implementasi Sistem Point of Sale (POS) dan Customer Relationship Management (CRM) Menggunakan Enterprise Resource Planning Pada UKM Zahira Sprei.
Sumiati, M., Abdillah, R., & Cahyo, A. (2021). Pemodelan UML untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta.
Syabania, R., & Rosmawarni, N. (2021). Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website. Dalam Jurnal Rekayasa Informasi (Vol. 10, Nomor 1).
Syarif, M., & Pratama, E. B. (2021). Analisis Metode Pengujian Perangkat Lunak Blackbox Testing Dan Pemodelan Diagram UML Pada Aplikasi Veterinary Services Yang Dikembangkan Dengan Model Waterfall. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 5(2).
Taufan, M. A., Rusdianto, D. S., & Ananta, M. T. (2022). Pengembangan Sistem Otomatisasi Use Case Diagram berdasarkan Skenario Sistem menggunakan Metode POS Tagger Stanford NLP (Vol. 6, Nomor 8). http://j-ptiik.ub.ac.id
Voutama, A. (2022). Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 11(1), 102–111. https://doi.org/10.34010/komputika.v11i1.4677
Wahyuddin, R., Sucipto, A., & Susanto, T. (2022). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Multiple Marker Pada Pengenalan Komponen Komputer. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 278–285. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.