PENERAPAN SOCIAL MEDIA ANALYTICS DALAM DECISION SUPPORT SYSTEM DI TIKTOK SHOP


Abstract
Perkembangan pesat media sosial, khususnya TikTok Shop, telah mengubah strategi pemasaran digital. Namun, banyak penjual masih mengandalkan intuisi dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan strategi pemasaran dengan pendekatan Social Media Analytics (SMA) dan Decision Support System (DSS) menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Data diperoleh melalui analisis performa tiga kampanye pemasaran TikTok Shop selama 30 hari. Tiga strategi dianalisis: Influencer, Iklan Berbayar, dan Organik, berdasarkan empat kriteria utama: interaksi pengguna, konversi penjualan, performa konten, dan biaya. Setiap kriteria diukur secara kuantitatif, seperti jumlah interaksi (likes, komentar, share), rasio konversi penjualan, durasi tonton, dan pengeluaran biaya, lalu diberi bobot berdasarkan relevansinya terhadap tujuan bisnis. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Strategi Influencer memperoleh skor tertinggi sebesar 0.95, yang mengindikasikan tingkat efektivitasnya dalam mendorong interaksi dan konversi. Strategi Iklan Berbayar menyusul dengan skor 0.74, sedangkan Strategi Organik menempati posisi terakhir dengan skor 0.57. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap perancangan model DSS berbasis Social Media Analytics (SMA). Model ini menjadi dasar pengambilan keputusan dalam menghadapi dinamika pemasaran e-commerce berbasis video pendek. Integrasi SMA dan DSS terbukti membantu penjual membuat keputusan berbasis data dan menyesuaikan strategi dengan tren TikTok Shop.
Downloads
References
Aribowo, H. (2023). Peranan media sosial terhadap kenaikan nilai omset penjualan di “TikTok” pada pedagang dengan cara live shopping. Jurnal Mirai Management, 8(2), 219–239.
Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada masa pandemi COVID-19 menggunakan analisis media sosial dalam upaya peningkatan pendapatan. Dharmakarya, 9(4), 275. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.30941
Fahira, T., Februadi, A. C., & Amalia, F. A. (2021). Proyek perancangan konten video TikTok sebagai upaya meningkatkan kesadaran merek Vendorin Indonesia. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 1115–1120.
Fransisca, B., & Edastama, P. (2024). Konten terhadap kualitas hubungan pada aplikasi social commerce. Primasatria Edastama INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4, 10916–10933. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9089
Hanny, R., Syah, A., & Novita, D. (2020). Analisis penggunaan e-commerce terhadap peningkatan pendapatan UMKM kuliner Kecamatan Sawangan - Depok. Excellent, 7(1), 56–68. https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.626
Hartanto, P., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2022). Analisis sosial media marketing terhadap purchase intention. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 4, 227–232. https://doi.org/10.37034/infeb.v4i4.180
Harwani, Y., & Fauziyah, F. (2020). Keputusan pembelian konsumen gerai makanan cepat saji ditinjau dari kualitas produk, persepsi harga dan iklan. Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(3), 285–291. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i3.6659
Janarko, A. D., Irawati, T., & Fitriasih, S. H. (2022). Sistem pendukung keputusan pemilihan supplier menggunakan metode simple additive weighting di toko listrik. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIKomSiN), 10(2), 25. https://doi.org/10.30646/tikomsin.v10i2.642
Jemiard Mmasomwayera Sinkula, D. (2024). Perspective chapter: social media analytics – the pavers of business model development. Social Media and Modern Society [Working Title]. https://doi.org/10.5772/intechopen.1006188
Maharani, S. M., Widyana, L. H., Chusnunisa, L., Nur, A., & Jr, P. B. D. (2024). The influence of the Tiktok application as an effort to increase marketing reach. International Journal of Geography, Social, and Multicultural Education, 1(3), 50–57.
Manik, J. D., Samosir, A. R., & Mesran, M. (2022). Penerapan metode simple additive weighting dalam penerimaan siswa magang pada universitas budi darma. Sudo Jurnal Teknik Informatika, 1(2), 51–59. https://doi.org/10.56211/sudo.v1i2.14
Nasrullah, Nurinaya, Sulaiman, & Yahya, W. (2023). The effect of social media marketing on tik tok applications on purchase decisions at esana store. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 109–119. https://doi.org/10.33096/jmb.v10i1.474
Nazar, M. R., Oloando, A. T., Putri, M. A., Berri, C., & Tazkia, M. (2023). Pengaruh perkembangan teknologi terhadap e-commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1817–1823. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5492/4603
Noor Rochman, H., & Kusumawati, E. (2023). Analysis of the influence of promotions, influencers, convenience, service quality and prices on the TikTok application on purchasing decisions on the “TikTok Shop.” International Journal of Latest Research in Humanities and Social Science, 6(4), 9–20. www.ijlrhss.com
Putri, S. A. Z., & Samsudin, A. (2023). Optimalisasi sosial media marketing untuk meningkatkan konversi penjualan pada usaha catering rumahan. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(3), 165–170. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i3.1114
Qomariah, S., & Rangan, A. Y. (2020). Perbandingan metode saw dan mfep sistem pendukung keputusan penyeleksian atlet pencak silat. Just TI (Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi), 12(1), 8. https://doi.org/10.46964/justti.v12i1.175
Rodiana, K., Turnip, B., & Marbun, M. (2020). Sistem pendukung keputusan penentuan jumlah pemesanan obat pada apotek dengan metode fuzzy tsukamoto. JOISIE Journal of Information System And Informatics Engineering, 4(Desember), 139–146.
Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi generasi Z terhadap fitur TikTok Shop pada aplikasi TikTok. Vol. 2 No. 5 (2022): September 2022. https://doi.org/https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.176
Sihombing, D. Y., & Nataliani, Y. (2021). Analisis interaksi pengguna twitter pada strategi pengadaan barang menggunakan social network analysis. Sistemasi, 10(2), 434. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1289
Supriyanto, A., Chikmah, I. F., Salma, K., & Tamara, A. W. (2023). Penjualan melalui TikTok Shop dan Shopee: menguntungkan yang mana? In BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship (Vol. 1). https://journal.csspublishing/index.php/business
Syaputra, A. E., & Eirlangga, Y. S. (2023). Implentasi metode simple additive weighting dalam memberikan rekomendasi smartphone terbaik kepada pelanggan. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 5(2), 103–109. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v5i1.215
Wahyuni, I., Arifiansyah, R., Meidasari, E., & Siskawati, I. (2024). The role of brand equity , digital marketing , customer experience , and social media engagement on consumer purchase intention on tiktok shop application. International Journal of Business Law and Education, 5(2), 2806–2816.
Wijaya, C. E., & Farisi, A. (2024). Penerapan metode fuzzy simple additive weighting pada sistem pendukung keputusan karyawan terbaik. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 4(1), 260–267. https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.1.1621
Wulandari, S., Halizah, S. N., & Darlin, E. (2025). Peran konten TikTok dalam mengembangkan branding sebagai media bisnis digital yang berprofitabilitas. Journal of Science and Education Research, 4(1).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.