Business Process Reengineering Pada Kantin Gedung Kuliah Bersama 3 Universitas Muhammadiyah Malang


Abstract
Kantin GKB 3 Universitas Muhammadiyah malang merupakan tempat yang menaungi pelaku Umkm makanan di Universitas Muhammadiyah Malang. Sistem konvensional yang masih digunakan menyebabkan inefisien waktu, antrian panjang, dan pelayanan yang kurang optimal, yang berdampak pada kepuasan pelanggan dan efektivitas operasional. Penelitian ini bertujuan memberikan solusi dengan penerapan Business Process Reengineering (BPR) dengan menggabungkan teknologi informasi kedalam pelayanan kantin, konesp ini bertujuan merubah proses bisnis yang masih mengandalkan sistem konvensional menjadi sistem digital yang dapat meningkatkan efisiensinya. Awal dari penelitian ini adalah mengumpulkan referensi yang membahas tentang Business Process Reengineering. Metodologi penelitian ini mencakup studi literatur, observasi lapangan, wawancara dengan pelanggan, serta menganilisis proses bisnis yang sedang berjalan. Uji efisiensi throughput digunakan untuk mengukur perbedaan kinerja sebelum dan sesudah dilakukannya penerapan BPR, dengan mengacu pada standar ASME (American Society of Mechanical Engineers). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan BPR pada kantin GKB 3 dapat meningkatkan efisiensi proses bisnis sebesar 32%, dari 44% menjadi 76%, dengan pengurangan waktu pelayanan dari 75 menit menjadi 39 menit. Peningkatan ini dicapai dengan mengeliminasi 5 proses tidak efisien dan otomatisasi 5 proses lainnya menggunakan teknologi informasi. Selain itu, penelitian ini menghasilkan rekomendasi desain aplikasi pemesanan digital yang dapat mendukung kualitas pelayanan kantin tersebut.
Downloads
References
Agrobas, P. C. V. (2024). Business process reengineering laporan sertifikasi pada cv.agrobas 1. 9(3), 1572–1585.
Ainur, M., Rohman, B., Suharso, W., & Wahyuni, E. D. (2024). Business Process Reengineering Sistem Laporan Harian Kru Jalan Pada PO.Pelita Mas. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 8(1), 215–229.
Dinata, H. (2020). Business Process Reengineering: The Role of Information Technology as a Determinant of Success for Improving Performanc. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 25–31. https://doi.org/10.25139/inform.v5i1.2255
Fajriah, R., & Nazar, S. (2020). Analisa Business Process Reengineering Dalam Pengembangan Sistem Distribusi Produk Lensa Mata Berbasis Mobile Application. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(1), 1. https://doi.org/10.24114/cess.v5i1.14353
Fathinatussakinah, A., Suhendar, E., & Oktaviani, A. (2024). Penerapan Business Process Reengineering untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Bisnis Menggunakan Bizagi Modeler. Jurnal Optimasi Teknik Industri (JOTI), 6(1), 35. https://doi.org/10.30998/joti.v6i1.14984
Hasan, H., & Fahdal, A. (2023). Digitalisasi UMKM dalam Rangka Membangun Ekosistem Digital pada Masyarakat UMKM Sulawesi UMKM Digitalization System in Developing Digital Ecosystem for Sulawesi UMKM Society. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 442–449. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi
Ida Ayu, D. P. (2022). Business Process Reengineering pada Coffee Shop Coffee Secret’s Menggunakan Aplikasi Dolibarr. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(4), 3590–3606. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i4.2989
Legowo, M. B., Prayitno, D., & Indiarto, B. (2021). Program Kemitraan Masyarakat Untuk Sosialisasi Program Digitalisasi Umkm Di Wilayah Jakarta Pusat. Jurnal Berdaya Mandiri, 3(2), 588–601. https://doi.org/10.31316/jbm.v3i2.1766
Lubis, N. F., & Pradesyah, R. (2024). Pengaruh Transformasi Digital dan Bisnis Online Terhadap Pola Perilaku Masyarakat dalam Menggunakan M-Banking Syariah: Studi Kasus pada Masyarakat Martubung. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 3412–3425. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i4.2102
Nurdin, A. A., Pristanti, A. N., & Samantha, N. (2022). Implementation of signature-based intrusion detection system using SNORT to prevent threats in network servers. Journal of Soft Computing Exploration, 3(2), 85–92. https://doi.org/10.52465/joscex.v3i2.80
Pradhipta, D. A., Suharso, W., & S.Kom., M.kom, M. (2020). Business process reengineering pada kejaksaan negeri Batu. Jurnal Repositor, 1(2), 159. https://doi.org/10.22219/repositor.v1i2.255
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Putra, R. T. S., Hermansyah, K. P., & ... (2024). Migrasi Bisnis Konvensional Ke Model Digital: Tantangan Dan Peluang Dalam Transformasi Pada Bisnis Fashion Erigo. Musytari: Neraca …, 4(9), 1–19. https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/2743%0Ahttps://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/download/2743/2584
Ramadhany, N. R., & Suharso, W. (2024). Implementasi Business Process Reengineering dalam Proses Bisnis Transaksi Barang di CV. Rahayu Motor Malang. SemanTIK, 10(1), 111. https://doi.org/10.55679/semantik.v10i1.46768
Romadhana, M. R. A., Nuryasin, I., & Suharso, W. (2024). Business Process Reengineering Pada Pengukuran Sistem Pemesanan Tiket Pesawat Maskapai Lion Air. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 6(2), 410–421. https://doi.org/10.47233/jteksis.v6i2.1323
Romadhon, F. A., & Nawawi, Z. M. (2024). Economic Reviews Journal. Economic Reviews Journal, 3(1), 96–108. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i4.540
Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (n.d.). Teknik Pengumpulan Data. 3(1), 39–47.
Rozaqi, F. F., Suharso, W., & Nuryasin, I. (2020). Business Process Reengineering (BPR) Pada Perusahaan Pdam Kabupaten Mojokerto Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan. Jurnal Repositor, 2(5), 635–648. https://doi.org/10.22219/repositor.v2i5.514
Sadig, M. Al. (2020). Innovative Model of Conference Attendance Process Reengineering at Saudi University. IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security, 20(11), 124–131. https://doi.org/10.22937/IJCSNS.2020.20.11.16
Utami, S. H., Aini, Y., & Artikel, S. (2020). HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Info Artikel. 2(1), 119–127. http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki
Veza, O., Hanafi, & Maghfiroh, N. (2020). Sistem Informasi Pengelolaan Bisnis Pada Kantin PT. Sat Nusapersada Batam. Engineering And Technology International Journal, 2(1), 55–69. https://mand-ycmm.org/index.php/eatij/article/view/33/29
Widagdhaprasana, M., Syahadin, A., Dahana, B., Malang, K., Depok, K., Sleman, K., & Yogyakarta, D. I. (2024). Transformasi Model Bisnis Media Di Era Digital : Dari Konvergensi ke Digitalisasi. 11(2), 9–10.
Yohandy, M. R., & Nuryasin, I. (2024). Business Process Reengineering on Room Rental Administration System in Malang City. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 5(1), 110–118. https://doi.org/10.37859/coscitech.v5i1.6944
Yusuf, R. (2022). Business Process Reengineering (BPR) Pada Penerbitan Buku di UPT. Universitas Mataram Press. 5(4), 1–76.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.