EVALUASI KEBERHASILAN IMPLEMNTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SEKOLAH MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN

  • Widya Pratiwi UPN Veteran Jawa Timur
  • Arista Pratama
  • Anita Wulansari
Abstract viewed = 14 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 17 times

Abstract

Perkembangan pada teknologi yang menghubungan antara satu dengan lainnya telah memberikan berbagai manfaat kepada masyarakat. Bidang pendidikan memanfaatkan teknologi dengan meluncurkan invosi untuk membantu kegiatan belajar mengajar dalam bentuk e-learning. Hal tersebut telah diimplementasikan oleh SMAN 14 Surabaya dengan menghadurkan Learning Management System (LMS) menggunakan framework moodle. Namun dalam penerapnnya masih ditemukan berbagai kendala, salah satunya adalah kegagalan ketika siswa mengumpulkan tugas. Dengan demikian perlu dilakukan evaluasi dalam penerapan LMS di SMAN 14 Surabaya dengan tujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam kesuksesan implementasi tersebut. Responden dalam penelitian ini meliputi 932 siswa-siswi tahun 2024/2025 dimana sampel ditentukan menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Berdasarkan hasil analisis SEM-PLS ditemukan dari 9 hipotesis yang diajukan hanya 8 hipotesis diterima dan 1 hipotesis yang ditolak. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa system quality berpengaruh positif-signifikan terhadap user satisfaction, information quality dan service quality berpnegaruh positif-signifikan terhadap use dan user satisfaction, use berpengaruh positif-signifikan terhadap user satisfaction dan net benefits, dan user satisfaction berpnegaruh positif-signifikan terhadap net benefits.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AbdelKader, A. F., & Sayed, M. H. (2022). Evaluation of the Egyptian knowledge bank using the information systems success model. The Journal of Academic Librarianship, 48(2), 102506. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102506
Adhi Susano, & Khasanah. (2022). Delone And Mclean On The Success Of Learning Management Systems In Distance Learning . International Journal of Social Science, 2(1 SE-Articles), 1125–1132. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i1.2309
Alfaki, I. (2021). DeLone and McLean Information Systems Success Model in a Blended-Learning Context. International Journal of Information and Communication Technology Education, 17, 1–17. https://doi.org/10.4018/IJICTE.20211001.oa18
Alsaleh, A. (2024). The impact of technological advancement on culture and society. Scientific Reports, 14(1), 32140. https://doi.org/10.1038/s41598-024-83995-z
Cahyaningtyas, A., Adipura, H., & Nurul Aeni, A. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi Pada Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Sumber Daya Manusia Dan Ketenagakerjaan Di Pasar Tenaga Kerja. 18.
Charisma, D. (2020). Delone and Mclean Models in the Implementation of Asset Management Information System Analysis. Sosiohumaniora, 22(3), 299. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i3.28305
Dedi, R., & Rianto Rahadi, D. (2023). Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Model(PLS-SEM) 2023.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 4(1).
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Hamid, M., Sami, W., & Sidik, M. (2017). Discriminant Validity Assessment: Use of Fornell & Larcker criterion versus HTMT Criterion. Journal of Physics: Conference Series, 890, 12163. https://doi.org/10.1088/1742-6596/890/1/012163
Husamah, H., & in’am, A. (2024). Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan Teknologi Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan.
Meilani, L., Suroso, A. I., & Yuliati, L. N. (2020). Evaluasi Keberhasilan Sistem Informasi Akademik dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. In Jurnal Sistem Informasi Bisnis (Vol. 10, Issue 2, pp. 137–144). https://doi.org/10.21456/vol10iss2pp137-144
Melgis, S. A., Aryani, R., Lestari, D., & Abdulnazar, M. N. A. (2024). Analyzing the Quality of Academic Information Systems on System Success. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 8(1), 144–165. https://doi.org/10.29407/intensif.v8i1.21512
Nyoto, R. L. V., & Nyoto, N. (2023). Analisis Kapabilitas Tata Kelola Teknologi Informasi Perguruan Tinggi XYZ Menggunakan Cobit 2019. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 7(1), 25–34. https://doi.org/10.35145/joisie.v7i1.2885
Ogata, K. (2021). On the Application of Bootstrapping and Monte Carlo Simulations to Clinical Studies: Psychometric Intelligence Research and Juvenile Delinquency. Psychology, 12(08), 1171–1183. https://doi.org/10.4236/psych.2021.128072
Pering, I. (2020). Kajian Analisis Jalur Dengan Structural Equation Modeling (Sem) Smart-Pls 3.0. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3, 28–48. https://doi.org/10.47532/jis.v3i2.177
Rulinawaty, Samboteng, L., Purwanto, A. J., Kuncoro, S., Jasrial, Tahilili, M. H., Efendi, Y., & Karyana, A. (2024). Investigating the influence of the updated DeLone and McLean information system (IS) success model on the effectiveness of learning management system (LMS) implementation. Cogent Education, 11(1), 2365611. https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2365611
Seliana, N., Suroso, A., & Yuliati, L. (2020). Evaluation Of E-Learning Implementation In The University Using Delone And Mclean Success Model. Jurnal Aplikasi Manajemen, 18, 345–352. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2020.018.02.15
Setyaningtyas, A. A., Jundillah, M. L., & Zahrotun, K. V. (2023). Penggunaan Metode Delone dan Mclean Untuk Menganalisis Kesuksesan Mulawarman Online Learning System (MOLS). Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 2(2), 110–118. https://doi.org/10.30872/atasi.v2i2.1057
Setyawan, A. E., & Anyan, &. (2022). VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Evaluasi Keberhasilan Learning Management System (LMS) STKIP Persada Khatulistiwa Menggunakan Model DeLone Dan McLean. VOX Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 336–347.
Utomo, A. P., Mariana, N., & Saefurrohman, S. (2023). Evaluasi Keberhasilan Sistem Informasi Universitas. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 10, 565–579.
Widyaningrum, T., Sholihah, Q., & Haryono, B. S. (2024). The Delone and McLean Information System Success Model: Investigating User Satisfaction in Learning Management System. Journal of Education Technology, 8(1), 86–94. https://doi.org/10.23887/jet.v8i1.71080
Winarno, H., & Legowo, N. (2024). Analysis of Success Factor of The E-Learning System Using Delone and Mclean Models. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 8, 142. https://doi.org/10.20961/ijpte.v8i2.95795
Wulansari, A., Kartika, D. S. Y., Najaf, A. R. E., Suryanto, T. L. M., & Faroqi, A. (n.d.). Analisis Kesuksesan Layanan Digital Perguruan Tinggi Menggunakan Model Delone & McLean untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 14(2), 153–161.
Wulansari, A., Kartika, D. S. Y., Najaf, A. R. E., Suryanto, T. L. M., & Faroqi, A. (2024). No Title. Jurnal Sistem Informasi Bisnis; Vol 14, No 2 (2024): Volume 14 Nomor 2 Tahun 2024DO - 10.21456/Vol14iss2pp153-161 .
Yudiawan, A., Rokhmah, S., Umkabu, T., Safitri, F., & Arifin. (2022). Factors Affecting the Success of E-Learning-Based Training using Learning Management System Platforms: Adaptations of Updated DeLone and McLean Models. Journal of Education and E-Learning Research, 9(3 SE-Articles), 192–198. https://doi.org/10.20448/jeelr.v9i3.4186
Published
2025-07-03
How to Cite
PRATIWI, Widya; PRATAMA, Arista; WULANSARI, Anita. EVALUASI KEBERHASILAN IMPLEMNTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SEKOLAH MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 9, n. 1, p. 269-276, july 2025. ISSN 2527-3116. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/5055>. Date accessed: 13 july 2025. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v9i1.5055.
Section
Articles