EDUKASI KEWIRAUSAHAAN BAGI MASYARAKAT KAMPUNG NELAYAN, GUNA MENGOPTIMALKAN PRODUK OLAHAN KAMPUNG NELAYAN

  • Ruth Sinurat Universitas Mikroskil
  • Hanny Siagian Universitas Mikroskil
  • Indah Meilinia Simanjuntak Universitas Mikroskil
  • Indah Lestari Manik Universitas Mikroskil
  • Rani Jeniarta Sigalingging Universitas Mikroskil
  • Ezra Monica Siregar Universitas Mikroskil
Abstract viewed = 41 times
PDF downloaded = 20 times

Abstract

Tujuan dari pemberdayaan masyarakat melalui edukasi kewirausahaan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan  serta  penyadaran  kepada  masyarakat Kampung  Nelayan, Medan Belawan dalam memproduksi dan mengembangkan produk olahan ikan bandeng yang berasal dari SDA laut Kampung Nelayan sehingga meningkatkan kualitas hidup melalui peningkatan ekonomi sehingga menjadikan Kampung Nelayan menjadi daerah pemukiman yang memiliki masyarakat yang  mandiri dan sejahtera. Metode pelaksanaan yang digunakan pada kegiatan ini yaitu metode pendekatan quasi experiment one-group pretest-posttest dimana untuk mengetahui apakah melalui kegiatan penyuluhan ini dapat memberikan pengaruh terhadap masyarakat mengenai edukasi kewirausahaan untuk mengembangkan produk olahan SDA laut . Kegiatan ini dilakukan dengan presentasi, diskusi, tanya jawab, pelatihan dan pemberian  pretest dan posttest yang diikuti oleh 19 orang peserta. Adapun yang menjadi materi edukasi kewirausahaan adalah Sikap Mental dan Semangat Kewirauhsaan,  Kerja Sama, Komunikasi, Kerja Sama dan Kemitraan serta Etika Bisnis. Hasil pengabdian melalui kegiatan penyuluhan menunjukkan bahwa edukasi kewirausahaan dalam pengembangan produk abon ikan bandeng mampu mengubah tingkat pengetahuan responden menjadi lebih tinggi dibanding sebelum kegiatan penyuluhan, hal ini terlihat adanya perubahan skor post-test dibanding dengan skor pre-test sebesar 7,48 (33,24%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdul Khoir, S. A. (2020). MEMBANGUN GENERASI UNGGUL MELALUI PENYULUHAN DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PEMUDA KARANGTARUNA RT / RW: 004/013 KEBON DUREN KELURAHAN CIPUTAT. Jurnal Pengabdian dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri.
Akhmad Edhy Aruman¹, S. N. (2018). Model Komunikasi untuk Membangun Kapasitas Kewirausahaan dan Kesiapan Perubahan Pedagang Pasar Tradisional. Jurnal Penyuluhan.
Delzell, G. J. (2015). “Quasy-Experimental and Single-Case Experimental.
Hariksa Zukruf Kurniullah, d. (2021). Kewirausahaan dan Bisnis. Yayasan Kita Bisnis.
Mardia, d. (2021). Kewirausahaan. Yayasan Kita Menulis.
Yohanis Rante, W. R. (2020). Analisis FaktorFaktor Jiwa Kewirausahaan Pada Pemuda Remaja di Wilayah KotaRaja dan Abepura. Jurnal Manajemen dan Bisnis Universitas Cendrawasih.
Published
2022-06-20
How to Cite
SINURAT, Ruth et al. EDUKASI KEWIRAUSAHAAN BAGI MASYARAKAT KAMPUNG NELAYAN, GUNA MENGOPTIMALKAN PRODUK OLAHAN KAMPUNG NELAYAN. JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 8-18, june 2022. ISSN 2828-7967. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JUDIKAT/article/view/1896>. Date accessed: 19 aug. 2022.