Ekonomi Kreatif sebagai Penggerak dalam Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Era Digitalisasi (Guru Ekonomi Provinsi Riau)

  • Achmad Tavip Junaedi Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Sudarno Sudarno Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Nicholas Renaldo Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Amries Rusli Tanjung Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Dadi Komardi Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Nyoto Nyoto Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Suhardjo Suhardjo Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Sarli Rahman Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Andi Andi Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Tandy Sevendy Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 66 times
PDF downloaded = 36 times

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan salah satu aspek dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Era digitalisasi juga mendorong perubahan pada bisnis saat ini. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan wawasan mengenai ekonomi kreatif di era digital ini. Tim pengabdian menyampaikan tentang manajamen utang kepada para guru ekonomi di Provinsi Riau dengan metode kuliah mimbar dan diskusi terbuka. Penyelenggaraan kegiatan ini didukung oleh SMAN 8 Pekanbaru selaku penyedia tempat sosialisasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pengetahuan ekonomi digital dari para peserta masih terbatas dan telah dikondisikan dengan materi ekonomi digital dari tim pengabdian, metode kuliah mimbar dan diskusi terbuka terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan ekonomi digital bagi para peserta, dan para guru ekonomi harus memahami dengan baik mengenai ekonomi digital seperti mengidentifikasi bisnis digital, menentukan sumber pendanaan yang tepat, mengelola biaya risiko, mengoptimalkan pemasaran digital dan memantau kinerja bisnisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The Future of Social Media in Marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1
Arum, D. S., Mulyadi, & Sianipar, P. B. H. (2023). The Effect of Thin Capitalization and Accounting Conservatism on Tax Planning with Profit Quality as a Moderating Variable in Industrial Sector Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2018-2021 Period. Nexus Synergy: A Business Perspective, 1(2), 51–60. http://firstcierapublisher.com/index.php/nexus/article/view/18
Chandra, T., Renaldo, N., & Putra, L. C. (2018). Stock Market Reaction towards SPECT Events using CAPM Adjusted Return. Opción, Año 34(Especial No.15), 338–374.
Fatxulloyev, A., Gafarova, A., & Hamroqulov, J. (2021). Improvement of water accounting for irrigation systems. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1030(012145), 1–6. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1030/1/012145
Junaedi, A. T., Renaldo, N., Sudarno, Hutahuruk, M. B., Panjaitan, H. P., Suharti, Mujiono, Suhardjo, Andi, Suyono, & Fransisca, L. (2023). Paradigma Akuntansi Baru (N. Renaldo, A. T. Junaedi, Sudarno, Mujiono, M. B. Hutahuruk, Suyono, & T. Sevendy (eds.)). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Nurtamara, F., Sumiati, A., & Susanti, S. (2023). The Effect of Adversity Quotient and Family Environment on Student Achievement with Learning Motivation as a Mediating Variable for Students in Class XI SMKN 48 JAKARTA. Reflection: Education and Pedagogical Insights, 1(3), 78–88. http://firstcierapublisher.com/index.php/reflection/article/view/45
Nyoto, Renaldo, N., & Effendi, I. (2023). SWOT Analysis of Economic Impact Development of Potential Kuantan Singingi Pacu Jalur Tourism Development. The Seybold Report, 18(02), 1342–1349. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/T58CF
Pereira, Á., & Vence, X. (2012). Key business factors for eco-innovation: An overview of recent firm-level empirical studies. Cuadernos de Gestion, 12(SUPPL. PECIALISSU), 73–103. https://doi.org/10.5295/cdg.110308ap
Renaldo, N., & Murwaningsari, E. (2023). Does Gender Diversity Moderate the Determinant of Future Firm Value? Review of Economics and Finance, 21, 680–689. https://doi.org/https://doi.org/10.55365/1923.x2023.21.72
Renaldo, N., Suharti, Andi, Putri, N. Y., & Cecilia. (2021). Accounting Information Systems Increase MSMEs Performance. Journal of Applied Business and Technology, 2(3), 261–270. https://doi.org/https://doi.org/10.35145/jabt.v2i2.74
Sudarno, Renaldo, N., Hutahuruk, M. B., Junaedi, A. T., & Suyono. (2022). Teori Penelitian Keuangan. In Andi (Ed.), Literasi Nusantara. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Zulkifli, Z., Purwati, A. A., Renaldo, N., Hamzah, Z., & Hamzah, M. L. (2023). Employee performance of Sharia Bank in Indonesia : The mediation of organizational innovation and knowledge sharing. Cogent Business & Management, 10(3), 1–25. https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2273609
Published
2023-12-31
How to Cite
JUNAEDI, Achmad Tavip et al. Ekonomi Kreatif sebagai Penggerak dalam Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Era Digitalisasi (Guru Ekonomi Provinsi Riau). JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 89-97, dec. 2023. ISSN 2828-7967. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JUDIKAT/article/view/3952>. Date accessed: 18 june 2024. doi: https://doi.org/10.35145/judikat.v3i2.3952.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>