Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tenant UPT Riau Science Technopark 2023

  • Fadrul Fadrul Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Sarli Rahman Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Yusrizal Yusrizal Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Onny Setyawan Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Jennifer Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Pujiono Pujiono Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Ahmad Zulkarnaen Estu Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Bob Novitriansyah Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 72 times
PDF downloaded = 27 times

Abstract

Di dalam praktik bisnisnya, UMKM di Indonesia menghadapi beberapa persoalan yang bisa menjadi penghambat bagi pertumbuhan bisnisnya, sehingga perlu untuk dilakukan pembinaan guna menemukan dan memberikan solusi yang mereka butuhkan, Inkubator Bisnis dan Teknologi UPT RSTP merupakan salah satu lembaga yang senantias melakukan pembinaan bagi UMKM di Provinsi Riau. Untuk Tahun 2023, Inkubator Bisnis dan Teknologi UPT RSTP telah melakukan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tenant UPT Riau Science Technopark dengan menggandeng dosen-dosen dari IBT Pelita Indonesia sebagai tim tutor atau pelatih. Total terdapat 3 UMKM yang mengikuti pelatihan secara paralel, dengan tiga tema berbeda sesuai kebutuhan masing-masing UMKM. Setelah dilakukan pemaparan materi masing-masing tema, maka setiap UMKM diminta untuk melakukan praktik langsung di depan tim pelatih. Dan dari hasil evaluasi yang dilakuka pada tahap praktik, maka diketahui bahwa seluruh UMKM telah memahami dan dapat melakukan melakukan digitalisasi dan menyiapan rencana pengembangan usaha, menyusun laporan keuangan UMKM, dan melakukan digitalisasi pelaporan keuangan UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2019). Profil Industri Mikro dan Menengah. Jakarta;BPS.
Iqbal, B., & Rahman, M, N. (2015). Contribution of ASEAN-6 SMEs to Economic Growth of ASEAN. Economics World, 3(11-12), 258-269.
Published
2023-12-31
How to Cite
FADRUL, Fadrul et al. Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tenant UPT Riau Science Technopark 2023. JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 110-114, dec. 2023. ISSN 2828-7967. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JUDIKAT/article/view/4048>. Date accessed: 18 june 2024. doi: https://doi.org/10.35145/judikat.v3i2.4048.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>