PERANAN E-COMMERCE DAN E-BUSINESS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KRIPIK USUS AYAM DI KOTA BATU

PERANAN E-COMMERCE DAN E-BUSINESS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KRIPIK USUS AYAM DI KOTA BATU

  • Ummi Sa’adah Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Briyan Cadalora Putra Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Ria Dini Apriliasari Universitas Bhayangkara Surabaya
Abstract viewed = 26 times
PDF downloaded = 27 times

Abstract

Kegiatan bisnis di Indonesia sangat beragam dari jumlah dan jenisnya salah satu bentuk usaha yang paling dominan yaitu industri UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dengan berbagai karektristik, sebagian besar berlomba memanfaatkan perkembangan e-commerce dan e-bussnies untuk mempertahankan dan mengembangkan ke arah industri kreatif digital. Namun skala pemanfaatan perkembangan e-commerce dan e-bussnies belum merata antar individu dan lokasi, karena terkendala faktor sumber daya manusia, pendanaan, dan infrastruktur dan faktor lainnya. Pada era globalisasi seperti ini, teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat kompleks dan pesat dalam beberapa tahun terakhir yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pada  dunia bisnis. Perkembangan yang terjadi memunculkan istilah yang tidak asing lagi   bagi kita, seperti e-business, e-commerce, e-learning, e-university, e-book, e-banking, dan istilah sejenis yang beredar. Metode Pendampingan dilakukan dengan pendekatan individual dan klasikal. Pendekatan klasikal yang dilakukan yaitu pendampingan penggunaan internet dan media social, pembuatan akun e-commerce, upload produk, dan penentuan harga produk sesuai dengan kurir yang telah ditentukan. Adapun langkah-langkah kegiatan yang dilakukan adalah pemberdayaan UMKM dan pendampingan dalam pemanfaatan media internet bidang e-commerce dan e-bussnies. Hasil dan pembahasan dari UMKM dapat mengakses pasar yang lebih besar dan mendapatkan pelanggan baru. Selain itu, penggunaan strategi digital marketing seperti SEO, SEM, media sosial, dan email marketing dapat membantu meningkatkan visibilitas dan penjualan UMKM di platform e-commerce dan e-bussnies.


Kata Kunci : UMKM; E-Commerce: E-Business

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENCES
Aco, A. (2018). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Insypro .
Ajusta, A. A. (2022). Strategi dalam membangun e-business bagi pelaku UMKM. Jurnal AKRAB JUARA.
Danasari, I. F. (2023). Pelatihan Pemasaran Online Melalui E-Commerce Sebagai Strategi Pemberdayaan. Jurnal siar ilmuwan tani.
Gunanta, R. (2019). Imperative E –Commerce:Analisis Kesiapan Pelaku. Jurnal Akuntansi Maranatha.
Kamil, I. (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform. Amalee Indonesian Journal Of Community Research And Engagement .
Kurniawan, K. (2022). Penyuluhan Pemasaran E-Commerce Untuk Meningkatkan. NEAR: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Latifah, F. N. (2020). Pendampingan Masyarakat Desa Kenongo dalam Peningkatan E-Business. Jurnal soeropati.
Maulana, A. (2020). Strategi E-Commerce. Researchgate.
Miftah, S. (2015). Implementasi e-commerce sebagai media penjualan online. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Permana, A. (2021). Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce di Desa Cikakak. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS.
Sitio, S. L. (2023). Pengenalan e – commerce untuk meningkatkan. Abdi Jurnal Publikasi.
Published
2024-08-15
How to Cite
SA’ADAH, Ummi; PUTRA, Briyan Cadalora; APRILIASARI, Ria Dini. PERANAN E-COMMERCE DAN E-BUSINESS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KRIPIK USUS AYAM DI KOTA BATU. JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 9-13, aug. 2024. ISSN 2828-7967. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JUDIKAT/article/view/4251>. Date accessed: 05 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.35145/judikat.v4i1.4251.