PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MURID MELALUI PERAN GURU DAN ORANG TUA DI SDN 150 PEKANBARU

  • Suyono Suyono Institut Binis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Yvonne Augustine Universitas Trisakti
  • Priyono Priyono Institut Binis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Nyoto Nyoto Institut Binis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Muhammad Wan Kudri Institut Binis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Luciana Fransisca Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Andi Andi Institut Binis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Agus Hocky Institut Binis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 24 times

Abstract

Kualitas pendidikan merupakan suatu ukuran atau standar yang mencerminkan seberapa baik proses pendidikan berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran, baik secara akademik maupun non-akademik. Kualitas pendidikan mencakup berbagai aspek, termasuk mutu pengajaran, kurikulum, infrastruktur, keterampilan guru, dukungan orang tua, serta lingkungan belajar yang kondusif. Kegiatan Pengabdian ini dilakukan pada Sekolah SDN 150 Kota Pekanbaru, yang memiliki murid sebanyak 433. SDN 150 Kota pekanbaru beralamatkan di Jl. Patria Sari No.53B, Umban Sari, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau. Metode analisis yang digunakan yaitu teknik analisis situasi yang bertujuan untuk mengidentifikasi masalah, tantangan, peluang, kekuatan, dan kelemahan yang ada di SDN 150 Kota pekanbaru. Hasil penulisan ini menunjukan bahwa peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dapat mempetimbangkan berbagai hal yaitu (1) Menyediakan Pembelajaran Berkualitas, (2) Pendekatan Individu, (3) Pendidikan Karakter dan (4) Pemanfaatan Teknologi. Sedangkan Peran orang tua dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dapat mempetimbangkan berbagai hal yaitu (1) Dukungan di Rumah, 2) Kolaborasi dengan Sekolah, (3) Memberikan Contoh yang Baik dan (4) Pengawasan dan Bimbingan. Hasil kegiatan diharapkan mampu memberikan dampak yang positif baik bagi sekolah, perserta didi, semangat orang tuan dan semangat guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada tingkat dasar disekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, F. (2015). Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013: Vol. VI (Issue 15).
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan, 2.
Hidayani, Supriadi, Irna Rusani, Zakiyah Anwar, Marlinda Indah Eka Budiarti. (2020). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Membangun Pendidikan Anak Di Sekolah Dasar Negeri 5 Pulau Raam. Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia. https://ejournal.um-sorong.ac.id/
Idzhar, A. (2016).Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2
Rangkuti, A. F., & Anggaraeni, F. D. (2005). Hubungan Persepsi Tentang Kompetensi Profesional Guru Matematika Dengan Motivasi. Psikologia, I(2), 76–85.
Simanjuntak Harlen, Bakti Tonni Endaryono, Dearlina Sinaga, Beslina Afriani Siagian dan Elza Leyli Lisnora Saragih. 2022. Mutu Pendidikan Untuk Jenjang Sekolah Dasar. CV. Penerbit Qiara Media - Pasuruan, JawaTimur
Sujarwo. (2010). Peranan Guru Dalam Pemberdayaan Siswa.
Supartini, E. (2003). Peran Guru Dalam Pembaharuan Pendidikan.
Supartini, E. (2003). Peran Guru Dalam Pembaharuan Pendidikan.
Ustatik. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Operasi Perkalian Dan Pembagian Dengan Model Kooperatif Tipe Tps (Siswa Kelas V SD N Biting 02 Arjasa) (Vol. 5, Issue November).
Wangi, S. R., Winarti, E. R., & Kharis, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran CTL dengan Strategi React untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kedisiplinan Siswa Pada Materi Geometri. Unnes Journal of Mathematics Education, 5, 1–7.
Published
2024-08-26
How to Cite
SUYONO, Suyono et al. PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MURID MELALUI PERAN GURU DAN ORANG TUA DI SDN 150 PEKANBARU. JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 61-67, aug. 2024. ISSN 2828-7967. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JUDIKAT/article/view/4472>. Date accessed: 05 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.35145/judikat.v4i1.4472.

Most read articles by the same author(s)