STRATEGI SUKSES PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI SISWA SMA SANTA MARIA PEKANBARU


Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat diselenggarakan di SMA Santa Maria Pekanbaru dengan tema ”Strategi Sukses Penulisan Karya Imiah Bagi Siswa SMA Santa Maria Pekanbaru”. Tujuan pelaksanaan PKM adalah untuk memberikan edukasi kepada siswa mengenai pemahaman dan teknik penulisan karya ilmiah. Fenomena yang ditemukan dilapangan bahwa menulis suatu karya ilmiah seringkali menjadi tugas yang menantang bagi siswa. Kegiatan PKM diikuti oleh siswa kelas X SMA Santa Maria Pekanbaru sebanyak 103 orang yang dilaksanakan di Aula Seminar SMA Santa Maria. Bentuk pengabdian dalam kegiatan ini mencakup pemaparan materi serta contoh karya tulis ilmiah kepada siswa kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan sesi tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini adalah terlaksananya kegiatan PKM dengan lancar dan mendapatkan respon positif dari siswa.
Downloads
References
Dewi, N. P. E. F. D., Martha, I. N., & Wendra, I. W. (2016). Kesulitan Belajar Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IXC SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Journal Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Undiksha, 5(3), 5. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/download/8619/5619
Ismillayli, N., Hermanto, D., Honiar, R., Ayu, I. G., Andayani, S., Kimia, S., Mataram, F., & Korespondensi, A. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Siswa Sma Negeri I Selong Kabupaten Lombok Timur NTB 1 Program 2 Laboratorium Kimia Analitik, FMIPA-Universitas Mataram, Mataram, Indonesia. Abstrak Virtual conferense via zoom meeting, 2-3 Desember 2020 | 242 Virtual conferense via zoom meeting, 2-3 Desember 2020 | 243. 2, 2–3.
Novariana, H., Sumardi, & Tarjana, S. S. (2018). Senior High School Students’ Problems in Writing A Preliminary Study of Implementing Writing E-Journal as Self Assessment to Promote Students’ Writing Skill. ELLiC Proceedings.
Pitrianti, S., & Gasanti, R. (2020). Analisis Kesulitan Menulis Karya Ilmiah Siswa SMA Terbuka. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 4(2), 91-96.
Razak, A. A., Ramdan, M. R., Mahjom, N., Zabit, M. N. Md., Muhammad, F., Hussin, M. Y. M., & Abdullah, N. L. (2022). Improving Critical Thinking Skills in Teaching through Problem-Based Learning for Students: A Scoping Review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(2). https://doi.org/10.26803/ijlter.21.2.19
Tarigan, H. G. (2021). Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia (Edisi Digital). Bandung: Percetakan Titian Ilmu.
Widoyoko, E. P. 2020. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.