Menggali Ide Bisnis yang Unik dan Inovatif bagi para Pelajar Majelis Taklim Anak Kholatul Qur’an SMA Al Mutaqqin Jakarta Selatan.


Abstract
Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk menyiapkan para pelajar dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan dalam menggali ide-ide bisnis yang unik dan inovatif. Target dari pengabdian ini adalah siswa-siswi Majelis Taklim Anak Kholatul Qur’an SMA Al Mutaqqin Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil observasi awal, para pelajar masih sulit mencari ide bisnis yang unik dan kreatif di tengah banyaknya bisnis yang sudah menjamur di era globalisasi dan transformasi teknologi yang pesat. Metode penelitian yang digunakan adalah edukasi literasi melalui study case, dan Focus Group Discussions (FGD). Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan para pelajar mampu menciptakan ide bisnis yang unik dan inovatif yang relevan dengan kebutuhan pasar saat ini dengan mempertimbangkan perspektif Keberlanjutan daya saing, Memenuhi tantangan global, Meningkatkan efesiensi operasional dan Pemahaman terhadap pelanggan. Capaian kegiatan ini mencapai di angka 120% pada tingkat pengetahuan dan keterampilan peserta, sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa dapat berkontribusi di usaha mikro dan menengah (UMKM) di lingkungan sekitar karena para pengusaha memerlukan kemampuan kreatif untuk terus bertahan dalam dunia bisnis.
Downloads
References
Bima, A. H., & Susanto, A. B. (2020). Peran Inovasi dalam Pengembangan Ide Bisnis pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 22(1), 30-41.
Dewi, I. A., & Firmansyah, I. (2018). Peran Kreativitas dalam Membangun Inovasi Bisnis di Indonesia. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 20(2), 98-107.
Hadi, A. W., & Lestari, D. P. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kreativitas dalam Menghasilkan Ide Bisnis yang Inovatif pada Mahasiswa Kewirausahaan di Indonesia. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 15(2), 102-113.
Prasetyo, A. B., & Suryanto, T. (2019). Pengaruh Inovasi Bisnis Terhadap Kinerja UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(2), 154-163.
Purnama, A., & Hidayat, R. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inovasi Bisnis di Kalangan Pengusaha Muda di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 12(2), 78-89.
Rahayu, A., & Sujoko, T. (2017). Strategi Inovasi Bisnis Pada Usaha Mikro dan Kecil di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 10(1), 23-34.