Upaya Meningkatkan Pelayanan Prima (Service Excellence) pada Wirausaha Muda di bidang Otomotif Sepeda Motor di Provinsi Riau


Abstract
Semakin meningkatnya persaingan dan kompleksnya lingkungan bisnis jasa, membuat setiap perusahaan harus selalu melakukan perbaikan kualitas pelayanan secara terus menerus. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, usaha otomotif perlu melakukan peningkatan service quality dan memberikan pelayanan prima, guna meningkatkan kepuasan pelanggan dan menghasilkan benefit jangka panjang dalam bentuk market share dan profitability yang lebih besar. Diinisiasi oleh LPPT. Riau Cipta Mekanik dan didanai oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI maka dilaksanakanlah kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Bidang Keterampilan Teknik Otomotif Mekanik Sepeda Motor. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 30 orang wirausahawan muda yang bekerja dibidang otomotif sepeda motor di Provinsi Riau. Kegiatan berjalan kondusif dan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dan bertanya selama sesi diskusi dan tanya jawab. Berdasarkan analisa dengan pendekatan metode Servqual yang dilakukan selama pelatihan, terdapat lima dimensi yang perlu diperhatikan yaitu Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan) dan Empathy (Empati).
Downloads
References
Balinado, J. R., Prasetyo, Y. T., Young, M. N., Persada, S. F., Miraja, B. A., & Perwira Redi, A. A. N. (2021). The effect of service quality on customer satisfaction in an automotive after-sales service. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(2). https://doi.org/10.3390/joitmc7020116
Chandra, T., Hafni, L., Chandra, S., Purwati, A. A., Chandra, J., Chandra, T., Hafni, L., Chandra, S., Purwati, A. A., Chandra, J., Chandra, T., Hafni, L., Chandra, S., & Purwati, A. A. (2019). student loyalty The influence of service quality , university image on student satisfaction and student loyalty. Benchmarking: An International Journal, 26(5). https://doi.org/10.1108/BIJ-07-2018-0212
Hafni, L., Chandra, S., & Chandra, T. (2020). Model Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Perguruan Tinggi Di Riau. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(4), 445. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2019.v3.i4.4179
Jain, A., & Verma, D. S. (2019). Improvement on service quality of automobile service center. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 63–68.
Jain, N. K., Singh, A. K., & Kaushik, K. (2020). Evaluating service quality in automobile maintenance and repair industry. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(1), 117–134. https://doi.org/10.1108/APJML-07-2018-0277
Naufal, R. M. (2024). The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction at Apeng Auto Service Workshop Using the Potential Gain in Customer Value Method. Indonesian Journal of Industrial Engineering & Management, 5(1), 285–294. https://doi.org/10.22441/ijiem.v5i1.22411
Priyantini, D., Marini, G., Ulfa, A., & Uliyah, M. (2023). Excellent Service and Patient Satisfaction in Health Clinic Services. Fundamental and Management Nursing Journal, 6(1), 18–24. https://doi.org/10.20473/fmnj.v6i1.45670