ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI KABUPATEN SUKOHARJO
Abstract
The purpose of this research is to examine the relationship between the revenue of food and beverage MSMEs in Sukoharjo Regency and many independent factors, including capital, duration of company, education, business experience, and accounting records. There were 3,240 businesses utilized as participants in this research, all of which were micro, small, and medium-sized enterprises (MSME) operating in the food and beverage industry in Sukoharjo Regency. This research employed a convenience sample of 97 business players from all throughout Sukoharjo Regency for its sampling approach. utilizing SPSS version 25, we conducted an analysis utilizing the instrument data test, the classical assumption test, the multiple linear test, and the hypothesis test. Sukoharjo Regency's food and beverage MSMEs' earnings were shown to be significantly influenced by factors like variable capital and firm age. Income for food and drink MSME's in Sukoharjo Regency is not significantly impacted by factors like education, business experience, or accounting records.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan pendapatan UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Sukoharjo dengan berbagai faktor independen, antara lain modal, lama usaha, pendidikan, pengalaman usaha, dan pencatatan akuntansi. Terdapat 3.240 pelaku usaha yang dijadikan partisipan dalam penelitian ini, semuanya merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan Accidental Sample sebanyak 97 pelaku usaha dari seluruh Kabupaten Sukoharjo dengan menggunakan SPSS versi 25 melakukan analisis dengan menggunakan uji data instrumen, uji asumsi klasik, uji linier berganda, dan uji hipotesis. Pendapatan UMKM makanan dan minuman Kabupaten Sukoharjo dipengaruhi secara signifikan oleh faktor variabel modal dan lama usaha. Pendapatan UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Sukoharjo tidak dipengaruhi secara signifikan oleh faktor pendidikan, pengalaman usaha, atau pencatatan akuntansi.
References
Artaman, D. M. A., Yuliarmi, M. N., & Djayastra, i ketut. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati Gianyar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 02, 87–105.
Bahri, F. (2017). Pengaruh Modal, Lama Usaha, dan Jam Kerja terhadap Pendapatan Pedagang di Sekitar Pondok Pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah di Desa Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang. 1–16. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135. https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45
Hasanah, Riyan Latifahul, D. (2020). Pengaruh modal , tingkat pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan umkm di kabupaten purbalingga. Kinerja, 17(2), 305–313.
Herman. (2020). Pengaruh Modal, Lama Usaha, dan Jam Kerja Terhadap Omzet Penjualan Pedagang Kios Di Pasar Tradisional Tarowang Kabupaten Jeneponto. Jurnal Penelitian Ekonomi, 1(1), 1–10.
Husaini, & Fadhlani, A. (2017). Pengaruh Modal Kerja , Lama Usaha , Jam Kerja dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Monza di Pasar Simalingkar Medan. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 111–126. https://journal.unimal.ac.id/visi/article/view/309
Maheswara, A. A. N. G., Setiawina, N. D., & Saskara, I. A. N. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Ukm Sektor Perdagangan Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(12), 4283.
Nurlaila, H. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kota Kuala Simpang. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(1), 72–86. https://ejurnalunsam.id/index.php/jse/article/view/68
Parluhutan, H. V., & Setiawan, A. H. (2020). Pengaruh Modal, Pengalaman Usaha, Strategi Promosi dan Pendidikan Terhadap Keuntungan Pelaku UMKM Fashion pad Marketplace Online di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Economics, 9(3), 38–49. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jme
Piani, R. L. (2016). Pengaruh Modal Kerja dan Pengalaman Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Industri Kulit di Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung Jakarta.
Rahmatia, R., Madris, M., & Nurbayani, S. U. (2019). Pengaruh Modal Usaha, Tenaga Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Laba Usaha Mikro Di Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 4(2), 43–47. https://doi.org/10.35906/jm001.v4i2.281
Ridho, F. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Sektor Informal Di Pasar Legi Kota. Jurnal Ilmiah, 8(2), 1–9. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6472
Setiaji, K., & Fatuniah, A. L. (2018). Pengaruh Modal, Lama Usaha dan Lokasi Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Pasca Relokasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 6(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jpeb.006.1.1
Wicaksono, S. A. (2018). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Umkm Pada Marketplace Online Tokopedia, Bukalapak, Dan Shopee. Skripsi, 1–158.
Ekasari Lavena dona, P. (2021). Faktor-Faktor Yang Berdampak pada Pendapatan UMKM di Sukoharjo. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 19–27.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.