DAMPAK WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK POWDER MINUMAN

  • Suyono Suyono Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Muhammad Ridwan Institut Teknologi dan Bisnis Master
  • Helen Helen Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Ermina Rusliwati Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Wan Muhamad Kudri Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

This study aims to determine and analyze the impact of word of mouth, product quality and brand image on purchasing decisions. The population in this study are customers who make purchases at CV Toffin. By using non-probability sampling technique, the population size is unknown. The technique in determining the sample to be used is the accidental sampling method, where the sample studied is a customer who visited the researcher at the research location, namely CV Toffin Riau Jaya Pekanbaru. The sample size in this study was 100 respondents. Data analysis used multiple linear regression using SPSS 20 software. The results of this study are (1) Word of Mouth has a significant positive effect on purchasing decisions of CV Toffin Riau Jaya Pekanbaru powder. (2) Product quality has a significant positive effect on the purchasing decision of CV Toffin Riau Jaya Pekanbaru powder and (3) Brand image does not have a significant positive effect on the purchasing decision of CV Toffin Riau Jaya Pekanbaru powder. Many other factors can influence purchasing decisions. It is hoped that future researchers can add other variables that might also influence many things in this research.


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh word of mouth, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan pembelian di CV Toffin. Dengan, menggunakan teknik non-probability sampling yang dimana jumlah populasi yang tidak diketahui. Teknik dalam menentukan sampel yang akan digunakan adalah metode accidental sampling, dimana sampel yang diteliti adalah pelanggan yang bertamu dengan peneliti dilokasi penelitian yaitu CV Toffin Riau Jaya Pekanbaru. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 20. Maka hasil dari penelitian ini adalah (1) Word of Mouth signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian powder CV Toffin Riau Jaya Pekanbaru. (2) Kualitas Produk signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian powder CV Toffin Riau Jaya Pekanbaru dan (3) Citra Merek tidak signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian powder CV Toffin Riau Jaya Pekanbaru. Banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang mungkin juga mempengaruhi banyak hal dalam penelitian ini.

References

Akri, peri; edyson; suyono. (2022) Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cv Mitra Matra Mandiri Pekanbaru. LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 74-86, jan. 2022
Arianty, Nel. (2016). Pengaruh Promosi dan Merek terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Dies Natalis Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, 4(2), 76–87.
Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse Brand Shoes.
Babin, Barry, 2014. Modelling Consumer Satisfaction and Word Of Mouth: Restaurant Patronage In Korea, The Journal Of Service Marketing. Vol 19 No.3 hal 133 – 139.
Gultom, D, K. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap keputusan Pembelian Konsumen Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(1), 111–123.
Fahmi, M. (2016). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Tribun Medan. Jurnal Ilmiah Marsitek, 1(1), 65–72.
Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Fianto, A. Y. A., Hadiwidjojo, D., Aisjah, S., & Solimun, S. (2014). The Influence of Brand Image on Purchase Behaviour Through Brand Trust. Business Management and Strategy, 5(2), 58. https://doi.org/10.5296/bms.v5i2.6003
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Ketujuh.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Gultom, D, K. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap keputusan Pembelian Konsumen Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(1), 111–123.
Husen, A., Sumowo, S., & Rozi, A. F. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember.
Iknesya Rahma Finanda dan Arjuna Wiwaha. (2017). Pengaruh word of Mouth danbrand Image terhadap keputusan Penggunaan Salon Kecantikan Pada konsumen Miloff Beauty Bar.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2. Jakarta. Erlangga
Mutiara, & Madiawati, P. N. (2019). Pengaruh Electronic Word dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel. E-Proceeding of Management, 6(1), 1099–1106.
Pilipus, R. R., Aransyah, M. F., & ... (2021). Pengaruh Wom (Word of Mouth), Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Thai Tea Pada Dum Dum.
Prihartono, R. M. S. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise).
Putri, T. A., Marwan, & Rahmidani, R. (2018). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk LA Tulipe di kota Padang. 1, 734–743.
Qomariah, N. (2020). Pengaruh Word of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Running Korean Street Food Di Mall Plaza Mulia Samarinda.
Rezfajri s., Maulana; kurnia, Denny prima; Suyono, Suyono. (2022). Pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian dan loyalitas konsumen di PT. Mura maha agung, pekanbaru. Lucrum : jurnal bisnis terapan, [s.l.], v. 1, n. 1, p. 62-73, jan. 2022.
Rommy, A. S. N., Moh, N. B. H. H., & Nur, A. R. Y. N. (2018). Effect Of Brand Image And Perception On Purchase Decision. Journal of Business and Management, 20(8), 76–81. https://doi.org/10.9790/487X 2008027681
Saputra, S., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(6), 85–95.
Sitompul, S. S. (2019) ‘Model Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Xiaomi Smartphone’, 2, Pp. 322–334.
Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.
Sudirman (2019) ‘The Effect Of Branding, Product Quality, And Reference Group On Purchasing Decisions Through Promotions As Intervention Variables (Case Study Of Samsung Customer At Meteor Cell Store Malang)’, Jurnal Magister Manajemen, Iv.
Sone, H. T. P. (2019). The Effect of Brand Image, Product Quality and Sales Promotion to Thai Consumers Decisions to Purchase Korean Brand Cosmetics in Bangkok District. Bangkok University.
Suyono, Suyono et al. (2022). Analisis pengaruh nilai pelanggan, kualitas produk dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan di cv. Surya berjaya pekanbaru. LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 254-270, july 2022.
Suyono, Suyono et al. (2020) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Mcdonald’s Pekanbaru. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 70-84, june 2020. ISSN 2527-8215.
Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian.
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta.
Published
2023-12-30
How to Cite
SUYONO, Suyono et al. DAMPAK WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK POWDER MINUMAN. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 210-222, dec. 2023. ISSN 2527-8215. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/article/view/4010>. Date accessed: 03 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.35145/kurs.v8i2.4010.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.