PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA GURU PNS SD DI GUGUS I KECAMATAN BENGKALIS
Abstract
This study aims to determine, analyze and measure the effect of Motivation, Work Environment and Organizational Culture on Job Satisfaction and Teacher Performance at SD Cluster VI Bengkalis District. This research was conducted at State Elementary Schools which are members of Cluster VI in Bengkalis sub-district with a population of 119 and a sample of 119 teachers, with the method used in determining the number of samples in this study is the total sample method using census techniques so that the number of samples is as much as 119 respondents. The data analysis technique used descriptive analysis and hypothesis analysis where Path analysis used SPSS 21 and SmartPLS programs. The results of hypothesis testing indicate that motivation has a positive relationship to job satisfaction, and has a significant impact. work motivation has a positive relationship to performance, but does not have a significant impact. Work Environment has a positive relationship to Job Satisfaction, but does not have a significant impact. Work Environment has a positive relationship to Performance, but does not have a significant impact. Organizational Culture has a positive relationship to Job Satisfaction, but does not have a significant impact. Organizational Culture has a positive relationship to Performance, and has a significant impact. Job satisfaction has a positive relationship to performance, but does not have a significant impact on the performance of PNS teachers at SD Cluster I, Bengkalis District.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mengukur pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru SD Gugus 1 Kecamatan Bengkalis. Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Dasar Negeri yang tergabung dalam Gugus 1 di kecamatan Bengkalis dengan jumlah populasi 119 dan Sampel juga berjumlah 119 orang Guru, dengan metode yang digunakan dalam menentukan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah metode sampel total dengan menggunakan teknik sensus sehingga jumlah sampel adalah sebanyak 119 orang responden.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis hipotesis dimana analisa Jalur dengan menggunakan program SPSS 21 dan SmartPLS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Motivasi memiliki hubungan positif terhadap kepuasan kerja, serta memiliki dampak yang signifikan. motivasi kerja memiliki hubungan positif terhadap Kinerja, tetapi tidak memiliki dampak yang signifikan. Lingkungan Kerja memiliki hubungan positif terhadap Kepuasan Kerja, tetapi tidak berdampak signifikan. Lingkungan Kerja memiliki hubungan positif terhadap Kinerja, tetapi tidak memiliki dampak yang signifikan. Budaya Organisasi memiliki hubungan positif terhadap Kepuasan Kerja, tetapi tidak memiliki dampak yang signifikan. Budaya Organisasi memiliki hubungan poisitif terhadap Kinerja, serta memililiki dampak yang signifikan. kepuasan kerja memiliki hubungan positif terhadap Kinerjaterhadap kinerja, tetapi tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap Kinerja Guru SD Gugus I Kecamatan Bengkalis.
References
Undang-Undang Nomor14tahun2005 Tentang Penjelasan Undang-Undang Guru Dan Dosen
Hasibuan, Malayu S.P., 1996, Manajemen Dasar, Pengertian Dan Masalah, Edisi. Kedua, Jakarta: Pt Toko Gunung Agung.
Sedarmayanti.2004, Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja, Bandung, Cv. Mandar Maju.
Siagian, Sondang P, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketiga Belas, Bumi Aksara, Jakarta.
Sondang P. Siagian. 1985, Administrasi Pembangunan, Jakarta : Bumi. Aksara.
Simanjuntak, Payaman J. 2003. Produktivitas Kerja Pengertian Dan Ruang. Lingkupnya. Jakarta: Prisma
Uno, H. 2011.Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Pt Bumi. Aksara
Veithzal Rivai Zainal, S. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk. Perusahaan . Edisike-7. Depok: Pt Rajagrafindo.
Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, Pt.Rajagrafindo Persada.
Undang-Undang Nomor14tahun2005 Tentang Penjelasan Undang-Undang Guru Dan Dosen
Sedarmayanti.2004, Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja, Bandung, Cv. Mandar Maju.
Siagian, Sondang P, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketiga Belas, Bumi Aksara, Jakarta.
Sondang P. Siagian. 1985, Administrasi Pembangunan, Jakarta : Bumi. Aksara.
Simanjuntak, Payaman J. 2003. Produktivitas Kerja Pengertian Dan Ruang. Lingkupnya. Jakarta: Prisma
Uno, H. 2011.Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Pt Bumi. Aksara
Veithzal Rivai Zainal, S. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk. Perusahaan . Edisike-7. Depok: Pt Rajagrafindo.
Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, Pt.Rajagrafindo Persada.
Endra, T. S. S. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Dazzel Yogyakarta. Among Makarti, 14(2), 50–61. Https://Doi.Org/10.52353/Ama.V14i2.218
Irawati, Sudarno, D. K. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Smp Negeri Pekanbaru.
Irawati, Sudarno, & Komardi, D. (2019). Effect Of Work Motivation, Organizational Culture On Work Satisfaction And Performance Of Teachers In Public Junior High School Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 210–221.
Iskandar, S., & Juhana, E. (2014). Pengaruh Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Guru Di SD Baros Mandiri 5 Kota Cimahi. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 8(2), 86–98. Http://Jurnal.Stiepas.Ac.Id/Index.Php/Jebe/Article/View/41
Jamaluddin, J., Salam, R., Yunus, H., & Akib, H. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ad’ministrare, 4(1), 25. Https://Doi.Org/10.26858/Ja.V4i1.3443
Jufrizen, & Hadi, F. P. (2022). Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 35–54.
Juwita, M. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Guru, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 03 Muko Muko.
Kurniawan, T. R., Wulan, H. S., & Wahyono, E. H. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Guru Smk Teuku Umar Semarang). Journal Of Management, 4(4).
Nurrohmat, A., & Lestari, R. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 82–85. Https://Doi.Org/10.29313/Jra.V1i2.419
Prayoga, S., & Yuniati, S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Di Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5, 54. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V5i1.1394
Putra, R., Ernila, E., Komardi, D., & Suyono, S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Pada Smkn 4 Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(4), 470–483.
Role, T. H. E., Giving, O. F., Reminder, E. A. T., Media, A., Changes, T. O., Pattern, E. A. T., & Adolescent, O. F. (2022). The Role Of Giving Eat Reminder Application Media To Changes In Knowledge, Attitude, Behavior, And Eat Pattern Of Adolescent Age 13-15 Years Old. Jhe: Journal Of Health Education, 5(1), 29–38. Https://Doi.Org/10.15294/Jhe.V5i1.35575
Suhardjo, Yulianty, S., & Chandra, T. (2022). Lucrum : Jurnal Bisnis Terapan Lucrum : Jurnal Bisnis Terapan. 1(1), 62–73.
Tetuko, B. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja, Budaya Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Sma Swasta Di Kabupaten Grobogan.
Toreh, F. A., Sendow, G., Trang, I., Kerja, P. K., Karir, P., Penempatan, D. A. N., Toreh, F. A., Toreh, F. A., Sendow, G., & Trang, I. (2022). Pengaruh Kompetensi Kerja Pengembangan Karir Dan Penempatan Terhadap Kepuasan Kerja Badan Kepegawaian Daerah Profinsi Sulut. Jurnal Emba, 10(1), 1305–1314.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.