PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PENINGKATAN BRAND IMAGE PADA MARKETPLACE DI INDONESIA: STUDI KASUS PADA PENGGUNA SHOPEE

  • Tasya sasa dillah Tasya sasadillah
  • Salim Siregar Universitas Singaperbangsa Karawang
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Online review dapat menjadi alat promosi yang ampuh untuk komunikasi pemasaran untuk menjangkau pelanggan mereka. Brand image memiliki pengaruh yang positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image yang dimiliki oleh suatu perusahaan akan meningkatkan keputusan pembelian, karena pandangan konsumen terhadap merek tersebut sudah baik adanya rasa nyaman terhadap merek tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh online customer review terhadap brand image dan minat beli pada penggunaan Shopee di Indonesia. konsumen yang pernah menggunakan aplikasi Shopee. Survei mencakup beberapa dimensi seperti online customer reviews dan brand image. Dengan mengumpulkan data dari responden 100 responden menggunakan pengumpulan data dengan survey melalui kuesioner menggunakan google form. Uji yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, koefisien determinasi dan analisis regresi linier sederhana Berdasarkan hasil analisis penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa H1 dapat diterima. Atau dalam arti lain terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y Respons yang baik terhadap ulasan pelanggan juga terbukti penting dalam mempengaruhi brand image. Ketika merek Shopee secara aktif memantau ulasan pelanggan dan memberikan tanggapan yang sopan dan membantu, konsumen merasa dihargai dan didengar. Hal ini dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan kepercayaan, dan secara keseluruhan memperbaiki brand image Shopee. Dalam kesimpulan, penelitian ini menyimpulkan bahwa online customer review memiliki peranan yang signifikan dalam meningkatkan brand image pada platform marketplace Shopee.

References

Abdul, C., Wahpiyudin, B., Mahanani, R. K., Rahayu, L., & Simanjuntak, M. (2021). Kredibilitas Review Konsumen Pada Transaksi Di E-Commerce Informasi Dalam Keputusan Pembelian.
Alamin, Z., Missouri, R., Sutriawan, S., Fathir, F., & Khairunnas, K. (2023). Perkembangan E-commerce: Analisis Dominasi Shopee sebagai Primadona Marketplace di Indonesia. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 120–131. https://doi.org/10.52266/jesa.v6i2.2484
Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206
Dwi Kusuma Ramdani, & Rahardjo, S. T. (2021). Departemen Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedharto SH Tembalang, Semarang 50275, Phone: +622476486851. Diponegoro Journal Of Management, 10(2021), 1–12.
Dwi Novita, A., Wachjuni, W., & Manalu, V. G. (2023). Pengaruh Online Store Image Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Tokopedia. DIGIBE : Digital Business and Entrepreneurship Journal, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.25134/digibe.v1i1.3
Effendi, Z. R., Sentosa, E., & Nursina. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Seikou Coffee Depok. Ikraith-Ekonomika, 5(1), 31–38.
Gulfraz, M. B., Sufyan, M., Mustak, M., Salminen, J., & Srivastava, D. K. (2022). Understanding the impact of online customers’ shopping experience on online impulsive buying: A study on two leading E-commerce platforms. Journal of Retailing and Consumer Services, 68, 103000. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2022.103000
Imelda, T. (2024). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kualitas Yang Dipersepsikan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Cair Di Kota Ambon. 3(1), 315–322.
Kiswanto, J. D., Hursepuny, H., Nanulaitta, D. T., Melmambessy, S., Administrasi, J., Politeknik, N., & Ambon, N. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Ambon. Jurnal Administrasi Terapan, 2(2).
Maghfiroh, F. M., Natalina, S. A., & Efendi, R. (2023). Transformasi Ekonomi Digital: Connection Integration E-Commerce Dan S-Commerce Dalam Upaya Perkembangan Ekonomi Berkelanjutan. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 2(1), 01–10. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings
Mranani, N. A., & Lastianti, S. D. (2022). Hubungan kelompok acuan, perceived palue, perceived quality dan media sosial terhadap niat pembelian serta dampaknya pada keputusan pembelian sepeda pushbike (studi pada komunitas pushbike surabaya). Jurnal Media Mahardhika, 20(2), 252–263.
Ovaliana, W. D., & Mahfudz. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Make Over pada Marketplace Shopee di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 11(3), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Pramesti, S. C., & Nisa, F. L. (2024). Transformasi Ekonomi Kreatif Pasca Pandemi: Peran Marketplace Shopee sebagai Pendorong Utama. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(2), 127–136. https://ejurnal.kampusakademik.my.id/index.php/jemba/article/view/105%0Ahttps://ejurnal.kampusakademik.my.id/index.php/jemba/article/download/105/96
Purwianti, L., & Dila, W. N. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada Pembelian Produk Fashion melalui Social Commerce terhadap masyarakat Kota Batam. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, 1(1), 2010–2028. https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4741
Sari, I., Rinawati, T., & Rizkiana, C. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Online Consumer Review (Ocr) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. Solusi, 20(2), 160. https://doi.org/10.26623/slsi.v20i2.5147
Sari, M. R., & Lestari, R. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Keretaapi Kelas Eksekutif Argo Parahyangan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(1), 30–44. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i1.642
Wardhana, A., Sari, A., Limgiani, Gunaisah, E., Suroso, Mukhsin, M., Yanti, N., Siagian, A., Herawati, M., Sattar, Rinda, R., Harto, B., Fardiansyah, H., Tamsah, H., & Badawi Saluy, A. (2023). MANAJEMEN KINERJA (KONSEP, TEORI, DAN PENERAPANNYA).
Yulianto, M. R., & Soesanto, H. (2019). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan Dan Citra Merek Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Lazada.co.id di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 8(3), 1–9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom
Published
2024-12-31
How to Cite
DILLAH, Tasya sasa; SIREGAR, Salim. PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PENINGKATAN BRAND IMAGE PADA MARKETPLACE DI INDONESIA: STUDI KASUS PADA PENGGUNA SHOPEE. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 135-143, dec. 2024. ISSN 2527-8215. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/article/view/4740>. Date accessed: 17 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.35145/kurs.v9i2.4740.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.