STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA YAMAHA SUMBER BARU MOTOR KARANGGADING MAGELANG


Abstract
With the advancement of technology in the era of globalization, all businesses strive to continuously improve the quality of their manufacturing and distribution processes in order to increase profits in accordance with the goals set by each company. The purpose of this study is to help determine how strong the existence of Yamaha Sumber Baru Motor Karanggading Magelang is now. The method in this research is descriptive qualitative with SWOT analysis. The data collection technique in this research is sampling, and the technique used is purposive sampling. Purposive sampling is a sampling technique based on certain considerations by first determining the respondent's criteria. The sample for this study was 40 people consisting of internal and external companies. From the calculations of the IE Matrix (internal – external), the Yamaha Sumber Baru Motor Karanggading Magelang dealer is located in cell 1 (growth 1), which has high internal and external factors. Meanwhile, based on the SWOT analysis, the appropriate strategy to increase sales at Yamaha dealers is the SO strategy, namely by expanding the marketing network in the district, maintaining harmonious relationships with consumers, providing maximum service and improving product quality.
Dengan kemajuan teknologi di era globalisasi, semua bisnis berusaha untuk terus meningkatkan kualitas proses manufaktur dan distribusi mereka untuk meningkatkan keuntungan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh masing-masing perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membantu mengetahui seberapa kuat eksistensi Yamaha Sumber Baru Motor Karanggading Magelang sekarang. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sampling, dan teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu dengan cara menentukan terlebih dahulu kriteria responden. Sampel untuk penelitian ini adalah 40 orang yang terdiri dari internal dan eksternal perusahaan. Dari perhitungan Matriks IE (internal – eksternal), dealer Yamaha Sumber Baru Motor Karanggading Magelang terletak pada sel 1 (pertumbuhan 1), yaitu dengan memiliki faktor internal dan eksternal yang tinggi. Sementara berdasarkan analisis SWOT strategi yang sesuai untuk meningkatkan penjualan di dealer Yamaha adalah strategi SO yaitu dengan memperluas jaringan pemasaran di daerah kabupaten, menjaga hubungan harmonis dengan konsumen, pemberian layanan secara maksimal serta meningkatkan kualitas dan mutu produk.
References
Firmansyah, F., & Abdilah, K. F. (2014). Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pada Pt. Panin Bank Syariah, Tbk. Kantor Cabang Malang. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 10(2), 77. https://doi.org/10.21067/jem.v10i2.798
Khotimah, S., Setyorini, W., & Yohana, Y. (2020). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Penjualan Sepeda Motor Merek Honda Jenis Matic Pada Pt. Trio Motor Cabang Pangkalan Bun. Magenta, 8(2).
Mukhyi, M. A. (2004). Dimensi Manajemen Strategi.
Museum, M. F. (2019). NALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. OASIS WATERS INTERNATIONAL CABANG BANYUASIN. 45(45), 95–98.
Nugrahani, F. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 305.
Prawitasari, A., & Roziz, E. (2019). Strategi Pemasaran Motor Honda Pada Pt. Bintang Motor Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 70–78. https://doi.org/10.37676/ekombis.v7i1.704
Saputra, R. T., Purnama, H., & Novalia, N. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meingkatkan Penjualan Motor Merk Yamaha Mio M3 125 Pada Pt . Bahana Pagar Alam Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS), 2(02), 1–10. https://doi.org/10.24967/jmms.v2i02.537
Setiabudi, F. (2018). STRATEGI PEMASARAN SEPEDA MOTOR PREMIUM HONDA PADA Felieani Setiabudi. 6, 1–7.
Widiastomo, H. E. H., & Achsa, A. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan. Kinerja, 18(1), 15–23. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/view/7523
Widyatama, S. (2018). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 22–60.
Zamrodah, Y. (2016). 済無No Title No Title No Title. 15(2), 1–23.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.