PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK KELOM SHENY DI KOTA TASIKMALAYA

Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

The study aims to gain knowledge of how prices can impact customers' satisfaction through the purchase decision to intering a product of kelom sheny in the city of tasikmalaya. This research USES descriptive and empirical methods. Descriptive research aims to find out about price descriptions, customer purchase decisions and satisfaction and for empirical research is to know links between variables based on statistical data analysis. The data collection technique is random to 100 people. The object of this study is intended for consumers or customers in the town area of tasikmalaya. Whereas for research data done through path analysis in this regard price represents a free variable, the decision process of purchasing asan intering variable and customer satisfaction as a bound variable.


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening pada produk kelom sheny yang berada di kota Tasikmalaya. Penelitian kali ini menggunakan metode deskriptif dan empiris. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mengetahui mengenai gambaran harga, keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan dan untuk penelitian empiris bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel berdasarkan perhitungan data analisis statistik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan sebaran angket kepada 100 orang responden secara random (acak). Objek penelitian ini ditujukan kepada konsumen ataupun pelanggan yang berada di wilayah Kota Tasikmalaya. Sedangkan untuk data penelitian dilakukan melalui path analysis dalam hal ini harga merupakan variabel bebas, proses keputusan pembelian sebagai variabel intervening dan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat.

References

Abdul Gofur. (2019). 1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Febria, M. F., Setiawan, F., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Indonesia). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12703–12711. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10605
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911/31075
Ichsan, R. N., & Nasution, L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Kurnia Aneka Gemilang Tanjung Morawa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1281–1288. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.629
Irda, Rosha, Z., & Titipan, W. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kerajinan Perak Di Nagari Koto Gadang, Kabupaten Agam. Menara Ekonomi, 5(2), 44–52.
Kadi, D. C. A., Purwanto, H., & Ramadani, L. D. (2021). Pengaruh E-Promotion, E-WOM dan lokasi terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Management and Business Review, 5(2), 224–238. https://doi.org/10.21067/mbr.v5i2.5833
Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.
Purnama, N. I., Harahap, S. H., & Siregar, D. S. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Konsumen Ompu Gende Coffee. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.59086/jam.v1i1.4
Putra Setiawan, B., & Frianto, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 352–366. https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.293
Sabda Puta Mediti, O. C. M. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1290. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1290-1300
Sari, R. M., & Prihartono. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea, 4(1), 106–113. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1490064&val=12596&title=ANALISIS KOMPARATIF PENGUKURAN KINERJA ENTITAS SYARIAH DENGAN BALANCE SCORECARD DAN MASLAHAH SCORECARD
Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada PT. GO-JEK). Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 67–81. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.91
Sonatasia, D., Onsardi, & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Tehuayo, E. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kerajinan Kulit Kerang Mutiara di Desa Batu Merah Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8168–8180. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2317
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67. https://doi.org/10.33603/jibm.v5i1.4929
Usvela, E., Qomariah, N., & Wibowo, Y. G. (2019). Pengaruh Brand Image , Kepercayaan , Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 300–312. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/2930/2260
Welsa, H., & Khoironi, M. (2019). Pengaruh Kualiatas Layanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Jurnal EBBANK, 10(1), 1–16.
Published
2023-03-31
How to Cite
PAUZY, Depy Muhamad; WIBAWA, Gian Riksa; ARIF, Arif. PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK KELOM SHENY DI KOTA TASIKMALAYA. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 73-81, mar. 2023. ISSN 2580-3743. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/2765>. Date accessed: 18 june 2024. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v11i1.2765.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.