EVALUASI STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS QSPM DAN TOWS: STUDI KASUS PADA INDUSTRI MEBEL


Abstract
UKM CP is one of the SMEs engaged in the furniture industry in Padang. The SME produces cabinets, dining tables and beds. The problems are product sales tend to be stagnant and show a downward trend in several products. Sales decline ranged from 46-72%. They do not evaluate their product marketing strategies and lack innovation. The purpose of this study is to evaluate marketing strategies to increase sales using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) and Threats-Opportunities-Weaknesses-Strenghts (TOWS) analysis. The data used are indikators on internal and external factors at UKM CP. The methods used are QSPM and TOWS. The results obtained were 15 out of 18 indikators fulfilling the validity and reliability tests. In the analysis using the QSPM method, the internal factors evaluation (IFE) and external factors evaluation (EFE) values are 3.21 and 3.01. The values of IFE and EFE place UKM in quadrant I and are in a growth position. Strategies for growth positions were analyzed using the TOWS method. The results obtained were three strategies for market development, three strategies for product development, and two strategies for market penetration.
UKM CP merupakan salah satu UKM yang bergerak di industri mebel di Kota Padang dan memproduksi lemari, meja makan, dan tempat tidur. Permasalahan yang terjadi adalah penjualan produk cenderung stagnan dan menunjukkan tren menurun pada beberapa produk. Penurunan penjualan berkisar antara 46-72%. Hal ini disebabkan UKM tidak mengevaluasi strategi pemasaran produknya dan minim inovasi. Tujuan dari studi ini adalah mengevaluasi strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan di industri mebel dengan menggunakan analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dan Threats-Opportunities-Weaknesses-Strenghts (TOWS). Data yang digunakan adalah indikator-indikator pada faktor internal dan eksternal pada UKM CP. Metode yang digunakan adalah QSPM dan TOWS. Hasil yang didapatkan adalah 15 dari 18 indikator memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Dalam analisis menggunakan metode QSPM, nilai evaluasi faktor internal (IFE) dan faktor eksternal (EFE) adalah 3,21 dan 3,01. Nilai IFE dan EFE tersebut memposisikan UKM CP pada kuadran I dan berada pada posisi bertumbuh (growth). Strategi untuk posisi bertumbuh dianalisis menggunakan metode TOWS dan hasilnya didapatkan tiga strategi untuk pengembangan pasar, tiga strategi untuk pengembangan produk, dan dua strategi untuk penetrasi pasar.
References
Akbar, M. J., & Maghfiroh, M. F. N. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Untuk Meningkatkan Penjualan Beras. Jurnal INTECH, 8(1), 61–67. https://doi.org/10.30656/intech.v8i1.4596
Andriani, F., Tasa, N. N., Nurhasanah, S., Oktaviani, S., & Putri, A. M. (2021). Penerapan Analisis SWOT Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Seblak dan Baso Aci Wak Acan Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2904–2910.
David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases (16th ed.). Pearson Education Limited.
Delano, B., Tumbuan, W., & Mandagie, Y. (2022). Analisis TOWS Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran di Cafe Time420s Kecamatan Langowan Utara. Jurnal EMBA, 10(1), 101–112.
Fawazi, M. H., & Rahayu, P. (2021). Marketing Strategy Analysis (Case Study at Omaku Center for Traditional Snacks, Kepanjenkidul District, Blitar City). Jurnal Translitera, 10(1), 15–31.
Fitri, A. E., Trisnanto, T. B., & Handayani, S. (2022). Strategi Pemasaran Pupuk Organik Cair CV. Wong Agro Lestari. Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Dan Pendidikan Vokasi Pertanian, 3(1), 202–210. https://doi.org/10.47687/snppvp.v3i1.306
Fitriani, E. (2022). TOWS Analysis on Recissbar to Increase Its Competitiveness. Revista CEA, 8(16), 1–13. https://doi.org/10.22430/24223182.1876
Hutapea, N., Sumartini, Saputra, N., Fitriana, Nabila, R., & Nelas, M. (2022). Analisis Bisnis “Indofish_Me” Inovasi Mie Instant Sehat dari Sektor Perikanan & Kelautan di Masa Pandemi Covid 19 Dengan Matriks Grand Strategy. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 18(2), 82–93. http://ojs2.pnb.ac.id/index.php/JBK
Katsikeas, C., Leonidou, L., & Zeriti, A. (2020). Revisiting international marketing strategy in a digital era: Opportunities, challenges, and research directions. International Marketing Review, 37(3), 405–424. https://doi.org/10.1108/IMR-02-2019-0080
Krisna, M., Arifin, M., & Puspitojati, E. (2021). Strategi Pemasaran Online Produk Olahan Pangan (Studi Kasus Pada Beberapa Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kelurahan Sendangtirto, Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman). Jurnal Triton, 12(2), 15–26. https://doi.org/10.47687/jt.v12i2.167
Kuc, B. R., Nguyen, H. T., & Wackowski, K. (2021). Applying QSPM Matrix for Business Strategy Analysis: A Case of Hung Hau Corporation. International Journal of Advanced Multidisciplinary Research and Studies, 1(1), 22–28.
Kurniati, N., Zulkarnain, & Garnasih, R. L. (2022). Strategies to Increase Competitive Advantage Through Innovation, Market Orientation, and Entrepreneurship at Coffee Shop in Pekanbaru City. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(3), 244–255. http://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index
Li, F., Larimo, J., & Leonidou, L. C. (2021). Social media marketing strategy: definition, conceptualization, taxonomy, validation, and future agenda. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(1), 51–70. https://doi.org/10.1007/s11747-020-00733-3
Ma’ruf, M. I., Ismiyah, E., & Jufriyanto, M. (2021). Usulan Strategi Pemasaran di UMKM Mianmo Skin Beauty Dengan Metode SWOT dan QSPM. JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri, 2(4), 531–542.
Nabilla, A. G., & Tuasela, A. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pada Diva Karaoke Rumah Bernyanyi di Kota Timika. Jurnal Kritis, 5(2), 21–40.
Nurinaya, & Arfianti, A. (2018). Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada P.T. Tri Mega Syariah Kantor Cabang Makassar. Jurnal Economix, 6(2), 125–134.
Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di PT Sarana Bandar Logistik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 75–82. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.75─82
Prawirosentono, S., & Primasari, D. (2014). Manajemen Stratejik & Pengambilan Keputusan Korporasi. In Mandagie 101 Jurnal EMBA (Issue 1). Bumi Aksara.
Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe di Kecamatan Bluto Sumenep. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24.
Rayagina, A. D., Alam, A. S., & Nurkamil, Y. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Ekstrak Sari Pala Kelompok PKH Desa Sukawangi. Jurnal Agrita, 4(1), 1–14.
Supiandi, G. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Tujuh Bintang Gemilang di Jakarta. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(3), 380–389.
Susdiani, L. (2020). Analysis the Influence of Innovations to Micro, Small, and Medium Enterprise Performance of Creative Industry in Padang City. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 450(4), 450–465. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index
Syaputra, D. Y. (2021). Konsep Strategi Pemasaran Marketplace Sebagai Penerapan Marketing 4.0. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(6), 939–952.
Tong, S., Luo, X., & Xu, B. (2020). Personalized mobile marketing strategies. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 64–78. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00693-3
Widayanto, M. T. (2020). Analisis Penerapan Manajemen Strategik dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Usaha. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(3), 173–182. https://doi.org/10.32503/jmk.v5i2.1000
Yamagishi, K., Sañosa, A. R., de Ocampo, M., & Ocampo, L. (2021). Strategic marketing initiatives for small co-operative enterprises generated from SWOT-TOWS analysis and evaluated with PROMETHEE-GAIA. Journal of Co-Operative Organization and Management, 9(2), 100149. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jcom.2021.100149

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.