PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SUKU CADANG AC MOBIL DENSO DI KOTA PEKANBARU

  • Fitrien Ayuda Universitas Riau
  • Samsir Samsir Universitas Riau
  • Gatot Wijayanto Universitas Riau
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Denso is a leading car Air Conditioner (AC) brand in Indonesia, which has collaborated with top car producers such as Mercedes Benz, Mitsubishi, Toyota, Daihatsu, Honda, Isuzu and Nissan. This research was performed to review, elaborate and create an analysis on Brand Equity impact to Customer Loyalty based on the Customer Satisfaction levels in Denso AC Spare Parts. The population used in this research is all car owners that use Denso AC in Pekanbaru, while the samples were taken using purposive sampling methodology. Based on the selected criteria, 207 customers were selected as the research sample. This research used primary data collected using closed questionnaire method, the 1-5Likert scale and Structural Equation Modelling (SEM), which was subsequently processed using PLS 7.0 Warp Software. This research also used secondary data to assess the primary data’s theoretical implication as well as for further discussion on the impact of Brand Equity in Customer Loyalty based on Customer Satisfaction. The path analysis results showed that Brand Equity (X) significantly impacted Customer Satisfaction (Y1); Brand Equity (X) significantly Customer Loyalty (Y2); Customer Satisfaction (Y1) significantly impacted Customer Loyalty (Y2); and Brand Equity (X) significantly impacted Customer Loyalty (Y2) through Customer Satisfaction (Y1). Therefore, Denso should maintain its Brand Equity to ensure an increase in both Customer Satisfaction and Customer Loyalty. As reflected from the low R-Square coefficients, the next researcher should be advised to use additional endogenous variables, such as price and marketing mix variables which are expected to increase Customer Satisfaction and Customer Loyalty.


Denso adalah merek terkemuka untuk suku cadang Air Conditioner (“AC”) mobil di Indonesia yang telah bekerja sama dengan produsen mobil top diantaranya seperti Mercedes Benz, Mitsubishi, Toyota, Daihatsu, Honda, Isuzu dan Nissan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menjelaskan kajian dan tentang pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Suku Cadang AC mobil Denso di Kota Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pemilik AC mobil Denso yang berada di kota Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Dari kriteria yang ditentukan, 207 pelanggan terpilih sebagai sampel penelitian. Penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner tertutup dengan skala Likert 1-5. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dan diproses dengan bantuan PLS 7.0 Warp Software. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Ekuitas Merek (X) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y1), Ekuitas Merek (X) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2), Kepuasan Pelanggan (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) dan Ekuitas Merek (X) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) melalui Kepuasan Pelanggan (Y1). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pihak Denso dapat mempertahankan Ekuitas Merek, sehingga Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan meningkat. Dilihat dari rendahnya nilai koefisien rata-rata atau R-Square, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menambah variabel endogennya misalnya variabel harga dan bauran pemasaran lainnya yang dinilai mampu meningkatkan pengaruhnya terhadap variabel kepuasan dan loyalitas pelanggan.

References

Aaker, David. 2014. Aaker On Branding. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
A. Shimp, Terence. and J. Craig, Andrews. 2013. Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications. Cengage Learning. All Rights Reserved
Angga, B., & Kuncoro, A. 2017. Survei pada Pelanggan Produk Aqua 600ml di Indomaret Jl . Raya Candi V Malang . Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(1), 96–104.
Danang Sunyoto. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Elisa, 2014. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Ekuitas Merek Sepeda Motor Yamaha Terhadap Keputusan Pembelian. diakses dari https://repository.widyatama.ac.id/ pada tanggal 10 januari 2020.
Febrian, A., & Ahluwalia, L. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan dan Keterlibatan Pelanggan yang Berimplikasi pada Niat Pembelian di E-Commerce. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 13(3), 254. https://doi.org/10.20473/jmtt.v13i3.19967
H., Dib & Al-msallam, S. (2015). The Effects of the Determinants of Customer Satisfaction on Brand Loyalty. Journal of Research in Business and Management, 3(3), 1–12.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kurniawati, D., Suharyono, & Kusumawati, A. 2014. Merek & Psikologi Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2),1–9.Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/583
Maulida, Z., & Indah, D. R. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Implikasinya Terhadap Niat Membeli Ulang Vitamin Merek Holisticare Ester C Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(3), 332-351. https://doi.org/10.33059/jmk.v9i3.2654
Montolalu, M. 2013. the Impact of Service Quality and Price To Customer Satisfaction and. Jurnal EMBA, 1(4), 1491–1498.
Montung, Sepang, & Adare. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 678–689.
Novianti, R., & Sinaga, K. 2016. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Produk pasta Gigi Pepsodent. Ilmu Dan Riset Manajemen, 01(01), 1–11.
Salim, F. F. (2014). Pengaruh brand image dan perceived quality terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan mobil toyota di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–8.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Setiawan, H., & Sayuti, A. J. 2017. Effects of Service Quality, Customer Trust and Corporate Image on Customer Satisfaction and Loyalty: An Assessment of Travel Agencies Customer in South Sumatra Indonesia. IOSR Journal of Business and Management, 19(05), 31–40. https://doi.org/10.9790/487x-1905033140
Susanty Aries dan Kenny Eirene. 2015. The Relationship between Brand Equity, Customer Satisfaction, and Brand Loyalty on Coffee Shop: Study of Excelso and Starbucks, Asean Marketing Journal, Vol.VII No.1, p: 14-27
Tamara, S. Y., & Putra, T. A. E. (2021). Pengaruh Kepercayaan Merek, Ekuitas Merek, Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pasta Gigi Merek Pepsodent Di Kota Padang. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(1), 68–74. https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i1.18326
Taufandra & Rahanatha. 2018. Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Merek. Manajemen Bisnis, 6(2), 3342–3356. https://doi.org/10.22219/jmb.v6i2.5541
Tjiptono, Ph.D. 2016. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction . Yogyakarta: Andi
Angga, B., & Kuncoro, A. (2017). ( Survei pada Pelanggan Produk Aqua 600ml di Indomaret Jl . Raya Candi V Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(1), 96–104.
Djayapranata, G. F. (2020). Kepuasan Konsumen Tidak Selalu Linear dengan Loyalitas Konsumen: Analisis pada Restaurant Cepat Saji di Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(4), 569–579. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i4.160
Espejel, J., Fandos, C., & Flavián, C. (2008). Consumer satisfaction: A key factor of consumer loyalty and buying intention of a PDO food product. British Food Journal, 110(9), 865–881. https://doi.org/10.1108/00070700810900585
Febrian, A., & Ahluwalia, L. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan dan Keterlibatan Pelanggan yang Berimplikasi pada Niat Pembelian di E-Commerce. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 13(3), 254. https://doi.org/10.20473/jmtt.v13i3.19967
Kurniawati, D., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Merek & Psikologi Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), 1–9. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/583
Montung, Sepang, & Adare. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 678–689.
Norouzi, A., & Hosienabadi, B. F. (2011). The effects of Brand’s Country-of-Origin Image on the formation of brand equity. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(12), 766–770.
Novianti, R., & Sinaga, K. (2016). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Pasta Gigi Pepsodent. Ilmu Dan Riset Manajemen, 01(01), 1–11.
Rizan, M., & Arrasyid, H. (2008). Analisis Asosiasi Merek, Nilai Produk, dan Kualitas Pelayanan, Serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Sepeda Motor di Bekasi. Jurnal Siasat Bisnis, 12(2), 129–147. https://doi.org/10.20885/jsb.vol12.iss2.art5
Salim, F. F. (2014). Pengaruh brand image dan perceived quality terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan mobil toyota di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–8.
Susanty, A., & Kenny, E. (2015). 4481-8316-5-Pb. 1, 14–27.
Tamara, S. Y., & Putra, T. A. E. (2021). Pengaruh Kepercayaan Merek, Ekuitas Merek, Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pasta Gigi Merek Pepsodent Di Kota Padang. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(1), 68–74. https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i1.18326
Taufandra & Rahanatha. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Merek. Manajemen Bisnis, 6(2), 3342–3356. https://doi.org/10.22219/jmb.v6i2.5541
Wicaksana, T. A., Suharyono, S., & Hidayat, K. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pengguna Sepeda Motor Merek Honda Beat di Sarana Kartika Motor Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol, 63(1).
Published
2023-06-30
How to Cite
AYUDA, Fitrien; SAMSIR, Samsir; WIJAYANTO, Gatot. PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SUKU CADANG AC MOBIL DENSO DI KOTA PEKANBARU. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 167-176, june 2023. ISSN 2580-3743. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/2858>. Date accessed: 03 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v11i2.2858.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.