FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING DI BEI TAHUN 2017 – 2021


Abstract
This research purposed to analyze the factors that influence the underpricing of shares in companies that conduct Initial Public Offerings or IPOs in 2017- 2021. This study used secondary secondary data obtained the official website of Indonesia Stock Exchange. The samples are 137 companies and the method uses purposive sampling. By using SPSS software, the data analysis method used consists of: classical assumption test analysis, multiple regression analysis, and hypothesis testing. From this research, it can be concluded that only Company Size has a significant effect on stock underpricing. Meanwhile, type of industry, company age, Return on Asset (ROA), and Debt to Equity ratio (DER) have no effect and no significant impact on stock underpricing.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing saham pada perusahaan-perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana atau IPO pada tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 137 perusahaan dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel purposive sampling. Dengan menggunakan perangkat lunak SPSS serta metode analisis data yang digunakan terdiri dari antara lain: analisis uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa hanya Ukuran Perusahaan berpengaruh dan signifikan terhadap underpricing saham. Sedangkan jenis industri, umur perusahaan, Retrun on Asset (ROA), dan Debt to Equity ratio (DER) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap underpricing saham.
References
Ary Syofian, N. S. (2021). Pengaruh Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, dan Ukuran Perusahaan terhadap Underpricing Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di BEI. Eksplorasi Akuntan, 3(1), 137–152.
Devina Gwenyth, Y. P. (2017). Pengaruh Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Dan Jenis Industri Terhadap Tingkat Underpricing Pada Perusahaan Yang Melakukan Ipo Di Bei. Ekonomi Dan Bisnis.
Erly Mulyani, R. M. (2021). Underpricing Saham pada Saat Initial Public Offering (IPO): Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Reputasi KAP dan Profitabilitas. Wahana Riset Akuntansi, 9(2), 139–151.
Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.
Gayatri, I. G. N. A. P. dan. (2019). Analisis Determinan Underpricing Saham di Bursa Efek Indonesia. Akuntansi Universitas, 26, 2293–2323.
I Putu Eddy Pratama Putra, L. K. S. (2017). Pengaruh Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, Dan Jenis Industri Terhadap Underpricing Saat Ipodi Bei. 6(1), 492–520.
Ivana Agustine, S. T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham: Studi Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016 – 2019. Ekonomi Dan Bisnis.
Kemas nurcholish thoriq, Sri hartoyo, H. sasongko. (2018). faktor intErnal dan EkstErnal yang MEMEngaruhi undErPriCing Pada saat iPo di bursa EfEk indonEsia. 4(1), 19–31.
Kuncoro, H. B., & Suryaputri, R. V. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Penawaran Umum Perdana. Akuntansi Trisakti, 0832(September), 213–234.
M. Aswin Ar Raniry, M. W. Y. (2020). Pengaruh Financial Leverage, Proceeds, Reputasi Underwriter, Dan Jenis Industri Terhadap Tingkat Underpricing Saham. Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 57–68.
Mega Gunawan, V. J. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. XX(02), 174–192.
Pahlevi, R. W. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Penawaran Saham Perdana Di Bursa Efek Indonesia. Manajemen Universitas Islam Indonesia, 18, 219–232.
Posma Sariguna Johnson Kennedy, Selvia Sitompul, S. J. T. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham pada Perusahaan Non Keuangan yang Melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Of Management and Business Review, 18, 285–299.
Ramadana, S. W. (2018). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering ( IPO ) Di Bursa Efek Indonesia. Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2).
Saputra, A. R., & Sitinjak, E. L. M. (2018). Pengaruh Faktor-Faktor Keuangan Dan Perilaku Herding Investor Terhadap Underpricing Pada Penawaran Perdana Saham Perusahaan Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Perpajakan, 1(1), 1. https://doi.org/10.24167/jemap.v1i1.1581
Suaryana, A. C. S. dan. (2016). Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan,Return On Assetsdan Financial Leverage Pada Underpricing Penawaran Umum Perdana Anom. 15, 1201–1226.
Sujadi, S. &. (2006). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Pada Penawaran Umum Perdana Di Bursa Efek Jakarta. Ekonomi, 10, 11–33.
Tri Widianto, Y. K. (2021). Analisis Underpricing Saham Pada Penawaran Pasar Perdana Di Bursa Efek Indonesia Sebelum Pandemi Covid-19 Di Dunia. 8(1), 79–91.
Triya Mayasari, Yusuf, A. Y. (2018). Pengaruh Return On Equity, Net Profit Margin Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Underpricing. Kajian Akuntansi, 2(1), 41–53.
Widjaya, K., & Sulistiyani, T. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Pada Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2012-2014. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 7(2), 109. https://doi.org/10.12928/fokus.v7i2.1739

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.