PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INDOMIE DI PEKANBARU (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PELITA INDONESIA PEKANBARU)

  • Dewi Cinthia Sari Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Stefani Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of Brand Image, Product Quality, Price and Promotion on the purchasing decisions of Mie Indomie in Pekanbaru on Pelita Indonesia students in Pekanbaru. The population in this study were Pelita Indonesia Pekanbaru students with a total of 100 students. The number of samples in this study is based on the data obtained by the number of students as many as 100 students and all of them will be used as samples. In accordance with the census method, for data analysis techniques using multiple linear regression analysis, classical assumption test (normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test), statistical test (F test, t test, coefficient of determination). The results of this study indicate that brand image and promotion have a significant effect on purchasing decisions for Indomie noodles in Pekanbaru for Pelita Indonesia students in Pekanbaru and the results of Product Quality and Price research have no significant effect on purchasing decisions for Indomie Noodles in Pekanbaru for Pelita Indonesia students in Pekanbaru.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap keputusan pembelian Mie Indomie di Pekanbaru pada mahasiswa pelita indonesia pekanbaru . Populasi  pada  penelitian ini adalah mahasiswa pelita indonesia Pekanbaru dengan jumlah 100 orang mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berdasarkan data yang diperoleh jumlah mahasiswa sebanyak 100 orang mahasiswa dan seluruhnya akan dijadikan sampel. Sesuai dengan metode sensus,untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolnieritas, dan uji heteroskedastisitas), uji statistik (uji F, uji t, koefisien determinasi). Hasil penelitian ini menunjukkan Citra Merek, dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Indomie di Pekanbaru pada mahasiswa pelita indonesia pekanbaru dan hasil penelitian Kualitas Produk dan Harga tidak berpengaruh signifikan keputusan pembelian Mie Indomie di Pekanbaru pada mahasiswa Pelita Indonesia Pekanbaru.

References

Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sealantwax. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(April), 1–10.
Broto, V., & Wenas, R. S. (2016). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Toyota Agya Pada Pt.Hasjrat Abadi Cabang Bitung Analysis. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 154–163.
Devy, S., & Br. Sinulingga, N. A. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor pada PT. Rotella Persada Mandiri. Journal of Management Science (JMAS), 1(1), 2684–9747.
Fitriana, Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).
Ginting, H. N. (2011). Manajemen Pemasaran. CV. Yrama Widya.
Tjiptono, Fandy & Anastasia, D. (2017). Manajemen Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Andi Offset.
Kotler, Philip & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Erlangga.
Kotler, Philip & Kevin, L. K. (2018). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Erlangga.
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Mitra, Wacana Media.
Murcia, J. C., & Sanchez, K. E. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Reputasi Merek terhadap Customer Loyalty Melalui Keputusan Pembelian Microsoft Dynamic NAV (Studi Kasus PD PT. Aevitas). Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.
Rizan, M., Handayani, K. L., & RP, A. K. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 457.
Sinurat, R., & Sinurat, J. (2020). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Instan Merek Sedap di Desa Medan Estate. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 191–197.
Warasto, H. N. (2018). Analisa Pengaruh Citra Merek,Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur). JURNAL SeMaRaK, 1(1), 1–12.
Wangean, R. H., & Mandey, S. L. (2014). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil All New Kia Rio Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1715–1725.
Wulandari, N. T., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2021). Pengaruh citra merek, kualitas produk, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian. 10(2), 94–100.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/18/indonesia-konsumsi-126-miliar-porsi-mi-instan-pada-2020
Published
2023-03-31
How to Cite
SARI, Dewi Cinthia; CHANDRA, Stefani. PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INDOMIE DI PEKANBARU (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PELITA INDONESIA PEKANBARU). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 92-103, mar. 2023. ISSN 2580-3743. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/2915>. Date accessed: 25 may 2024. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v11i1.2915.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.