PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI BUBUK BERAMPAS KAPAL API CV. TIRTA SUKSES MANDIRI DI PEKANBARU
Abstract
This study aims to determine the effect of brand image, product quality, price, and promotion on purchasing decisions at CV. Tirta Sukses Mandiri Pekanbaru. The number of samples is 100 respondents who are consumers of CV. Tirta Sukses Mandiri Pekanbaru. This study uses data. The technique used in determining the sample is the Roscoe method. The data analysis method used is multiple linear regression analysis with the F test and t test to determine the joint effect and partial effect between the variables studied. The results of this study indicate simultaneously that the variables brand image, product quality, price and promotion have a significant and significant effect on purchasing decisions at CV. Tirta Sukses Mandiri Pekanbaru. Whereas in partial testing the variables of brand image, price and promotion have a positive and significant effect on purchasing decisions, but product quality has no effect and is not significant on purchasing decisions at CV. Tirta Sukses Mandiri Pekanbaru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian di CV. Tirta Sukses Mandiri Pekanbaru. Jumlah sampel sebanyak 100 orang responden yang merupakan konsumen CV. Tirta Sukses Mandiri Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan data. Teknik yang digunakan dalam menentukan sampel adalah metode Roscoe. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan pengaruh parsial antara variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan bahwa variabel citra merek, kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian CV. Tirta Sukses Mandiri Pekanbaru. Sedangkan dalam pengujian secara parsial variabel citra merek harga, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tetapi kualitas produk tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian di CV. Tirta Sukses Mandiri Pekanbaru.
References
Alvionita, V. (2017). Pengaruh Word Of Mouth, Citra Merk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Chatime. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.
Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.
Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: A.
Evelina, N. (2012). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 203–213.
Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia..
Fitriana, D. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kewajaran Harga Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Produk Oriflame Semarang).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang :
Gita Cahyani, F. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Sonang Sitohang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.
Herianto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2),
Kotler, P., dan Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1, E.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid Dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid I Ed.
Lapian, M. D. J., & Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gera - Gerai Seluler Di It Center Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
Kotler, P., dan Amstrong, G. (2017). Pemasaran. Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta.
Prayogo, B., & Batubara, Z. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 1(1), 1–8.
Ratela, G. D., & Taroreh, R. (2016). Analisis Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Kopi Coffee Island. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi (EMBA).
Stanto, M. (2017). Analisis Pengaruh Promosi, Harga , Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda(Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang).
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukmawati, N., & Ekasasi, S. R. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset.
https://www.topbrand-award.com/en/top-brand-index-int/?tbi_find=kapal%20api
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.