PROMOTION, INFLUENCER MARKETING, AND ONLINE CUSTOMER REVIEW ON PURCHASE DECISIONS IN SHOPEE E-COMMERCE (A CASE STUDY ON THE COMMUNITY IN PEKANBARU)

  • Achmad Tavip Junaedi Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Nabila Hestia Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Suhardjo Suhardjo Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Jenny Angelica Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Nicholas Renaldo Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Amries Rusli Tanjung Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Novita Yulia Putri Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Marice Br Hutahuruk Institut Teknologi dan Bisnis Master
  • Yusnidar Yusnidar Institut Teknologi dan Bisnis Master
  • Muhammad Adrian Agusta Institut Teknologi dan Bisnis Master
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Abstract

This research investigates the influence of Promotion, Influencer Marketing, and Online Customer Reviews on purchase decisions in the E-Commerce platform Shopee in Pekanbaru. The determination of the research sample utilizes accidental sampling. This study employs primary data, which is directly obtained from respondents by distributing questionnaires or statement lists to the predetermined sample. Secondary data generally consists of evidence, records, or historical reports organized in published archives. The method used is multiple linear regression analysis with a sample size of 100 respondents. The research findings indicate that Promotion and Online Customer Review significantly influence purchase decisions on Shopee E-commerce in the city of Pekanbaru, while Influencer Marketing does not significantly affect purchase decisions on Shopee E-commerce in the city of Pekanbaru.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi, Influencer Marketing, dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian pada platform E-Commerce Shopee di Pekanbaru. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan cara menyebarkan kuesioner atau daftar pernyataan kepada sampel yang telah ditentukan. Data sekunder pada umumnya berupa bukti-bukti, catatan, atau laporan historis yang terorganisasi dalam arsip yang diterbitkan. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi dan Online Customer Review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee di Kota Pekanbaru, sedangkan Influencer Marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee di Kota Pekanbaru.

References

Ahnaf Balhmar, M. (n.d.). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di E-commerce Shopee Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1).
Crystrie, D. A., & Sartika, H. (2022). Apakah Influencer Marketing berpengaruh pada Pengambilan Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee pada Generazi Z? Jurnal Ilmiah Manajemen, 19(1). https://doi.org/10.29259/jmbt.v19il.16700
Dewintari, Atika, Prihartini, Endang, A., P, L., & Dina. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan e-Trust terhadap Keputusan Pembelian Online pada Marketplace Lazada / 68/adbis/2021.
Ernestivita, G. (2016). Analisis Pengaruh Place, Promotion, dan People terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Pembelian Produk Pasar Modal dengan Menggunakan Jasa Equity Brokerage di PT Sucorinvers Central Gani Cabang Kediri, 1.
Fauziah. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe” Dalam Meningkatkan Penjualan. JURNAL ABIWARA, 1, 45–53.
Gesi, B., Laan, R., & Lamaaya, F. (n.d.). Manajemen Dan Eksekutif.
Harlie, M. (n.d.). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung Kalimantan Selatan (Vol. 10).
Hidayat, R. D., & Perydawati. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. In JMSO | (Vol. 1, Issue 1).
Idris, Yusryana, & Majid, A. (n.d.). Promosi Penggunaan Selebriti Instagram (Selebgram).
Junaedi, A. T., Renaldo, N., Yovita, I., Augustine, Y., & Veronica, K. (2023). Uncovering the Path to Successful Digital Performance through Digital Technology and Digital Culture as Moderation. Proceeding of International Conference on Business Management and Accounting (ICOBIMA), 2(1), 71–81. https://doi.org/https://doi.org/10.35145/icobima.v2i1.3959
Mahardini, S., Gryffin Singal, V., Hidayat, M., Tinggi, S., & Yai, I. E. (n.d.). pengaruh content marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi TikTok di wilayah DKI Jakarta.
Muchlisin Riadi. (2020). Pengukuran Kinerja (Pengertian, Tujuan, Syarat, Indikator, Model dan Proses). www.itokindo.org
Napitupulu, B. R., Sirait, br, C., & Zega, Y. (n.d.). pengaruh iklan dan promosi penjualan Shopee terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Darma Agung Medan.
Nugroho, T. (2022). pengaruh influencer media sosial dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk sepatu Compass. (Studi Pada Konsumen Sepatu Compass di Malang).
Renaldo, N., Putra, R., Suhardjo, Suyono, & Putri, I. Y. (2022). Strategi Menurunkan Turnover Intention Akuntan Pada Kantor Jasa Akuntansi Pekanbaru Tahun 2021. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 588–600. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.588
Renaldo, N., Suhardjo, Yoseria Putri, I., Sevendy, T., & Juventia, J. (2021). Penilaian Harga Saham Berbasis Web pada Perusahaan Sektor Aneka Industri Tahun 2020. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 6(1), 91–102. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/index
Setiawati. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi di BEI
Simanjuntak, D. C. Y., Salimi, V. A., Louis, V., & Johanes, T. (2020a). pengaruh kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan, dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian baja pada PT. Sumin Surya Mesin Dolestari. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2872. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p20
Sugiyono. (2014). No Title. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ulfa, R. (2020). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman.
Worang, Y. (2019). Data Pengguna Internet di Indonesia Wilayah Pengguna Internet di Indonesia.
Yanis, F. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe” Dalam Meningkatkan Penjualanan. JURNAL ABIWARA, 1, 45–53
Published
2025-03-31
How to Cite
JUNAEDI, Achmad Tavip et al. PROMOTION, INFLUENCER MARKETING, AND ONLINE CUSTOMER REVIEW ON PURCHASE DECISIONS IN SHOPEE E-COMMERCE (A CASE STUDY ON THE COMMUNITY IN PEKANBARU). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 97-108, mar. 2025. ISSN 2580-3743. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/4920>. Date accessed: 30 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v13i1.4920.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.