MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN MELALUI KNOWLEDGE MANAGEMENT, SKILL, DAN WORK ATTITUDE PADA PT BAGJA BAGEA BALAREA KARAWANG


Abstract
The purpose of this study is to determine how employee performance is impacted by knowledge management, skills, and work attitudes. With a sample size of 35, the study was conducted at PT Bagja Bagea Balarea Karawang. Since the sample was saturated, there were exactly as many samples as there were people in the population. Descriptive quantitative research methodology was employed, and SPSS version 30.0 was used for data analysis. According to the study's findings, skills have a partially non-significant impact on employee performance, however knowledge management and work attitudes have a considerable impact. Additionally, it is established from the F test results that knowledge management, skills, and work attitudes all significantly impact employee performance at the same time.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh knowledge management, skill, dan work attitude terhadap kinerja karyawan. Penelitian dilakukan di PT Bagja Bagea Balarea Karawang, dengan jumlah sampel sebanyak populasi yaitu 35 sampel. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, sehingga jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriftif kuantitatif dengan analisis terhadap data menggunakan SPSS versi 30.0. Hasil penelitian ini adalah knowledge management dan work attitude secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan skill secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Selanjutnya berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa knowledge management, skill, dan work attitude secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
References
Anggapraja, I. T. (2016). Pengaruh Penerapan Knowledge Management dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Karyawan PT Telkom Tbk. (Studi Explanatory Survey pada Karyawan Unit Human Capital Management PT Telkom Tbk.). Jurnal Aplikasi Manajemen, 4(1), 140–146.
Archynthia, L. (2013). Analisis Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Bukopin, Tbk. Universitas Hasanudin Makasar.
Armstrong, M., & Taylor, S. (2014). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. In Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice (13th ed., p. 842). Kogan Page Limited.
Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia (1st ed.). Erlangga.
Budiharjo, A. (2016). Knowledge Management Efektif Berinovasi Meraih Sukses. Prasetiya Mulya Publishing.
Christanto, & Kadarusman. (2021). Budaya Organsasi, Knowledge Management Terhadap Kinerja Dengan Loyalitas Kerja Sebagai Mediasi. Jurnal Element Global:Kajian Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 65–74.
Dalkir, K. (2011). Knowledge Management in Theory and Practice (2nd ed.). The MIT Press.
Darudiato, S., & Suryadi, L. (2013). Knowledge Management: Tinjauan Pemberdayaan pada Perusahaan Umumnya. Binus Jurnal Publishing, 4(2), 1079–1086. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/comtech.v4i2.2550
Daspar. (2020). Pengaruh Lingkungan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Ekomabis, 1(2), 159–166. https://doi.org/https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.31
Diana, N. (2022). Pengaruh Knowledge Management, Skill, dan Attitude Terhadap Kinerja Pegawai Di Pusat Administrasi Universitas Islam Sumatera Utara. Universitas Islam Sumatera Utara.
Elsera, R. M. (2019). Pengaruh Knowledge Management, Skill dan Work Attitude terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank BRI Syariah kantor Cabang Banyuwangi.
Evianisa, H., Puspitawati, E., & Sukmawati, A. (2018). Implementasi Pengelolaan Pengetahuan Di PTPN 7 Lampung Dalam Menghadapi Globalisasi Bisnis. Jurnal Teknologia, 1(1), 55–65. https://media.neliti.com/media/publications/266096-implementasi-pengelolaan-pengetahuan-di-7664c45e.pdf
Famella, Wahyu Lelly Hana Setyanti, S., & Mufidah, A. (2015). Pengaruh keterampilan Kerja, Pengalaman Kerja dan Sikap Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Rokok Gagak Hitam Kabupaten Bondowoso. Unej Press. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/70488/Famella.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Hardianti, Kartini, Y., Tenri Jaya, A., & Hajar. (2024). Pengaruh Kowledge Management dan Skill Terhadap Kinerja Pegawai kantor BAPPEDA Kab. Pangkajene dan Kepualauan. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan (JBK), 13(3), 331–340.
Hasibuan, P. M. (2014). Manajamen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara.
Kandou, Y. L. (2016). Pengaruh Knowledge Management, Skill, dan Attitude Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Bank Sulutgo Kantor Pusat di Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 147–158. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10623
Laoh, C. F. P., Tewal, B., & Oroh, S. G. (2016). Pengaruh Knowledge Managemen, Skills, dan Work Attitide Terhadap Kinerja Pegawai (studi kasus pada PT Nasional Nobu Bank Area Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 786–793. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/13744
Latief, A., Nurlina, N., & Eko, M. (2019). Pengaruh Manajemen Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap terhadap Kinerja Karyawan. JPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu- Ilmu Sosial, 11(2), 173–182.
Lengkong, F., Lengkong, V. P. ., & Taroreh, R. N. (2019). Pengaruh Keterampilan, Pegalaman dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT Trimustika Cocominaesa (Minahasa Selatan). Jurnal EMBA, 7(1), 281–290.
Mangkunegara, A. A. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT Remaja Rosda Karya.
Manullang, L. A. (2013). Teori Manajemen Komprehensif Integralistik,. Salemba empat.
Masyhudi, M. S., Hardianti, H., Kadir, A. R., & Prawansa, D. (2023). The Effect of Work Placement and Compensation on Employee Performance through Work Motivation. Hasnudidn Economic and Business Review, 7(1), 17–30.
Mc.Shane, S., & Von Giliwon, M. A. (2017). Organizational Behavior. Mc Graw Hill Education.
Pradhana, R. A., Widhianingrum, W., & Wardhani, D. P. (2024). Pengaruh Knowledge Management, Skill, dan Work Attitude Terhadap Kinerja Karyawan PT Wiratama Putra Manunggal Badegan, Ponorogo. Innovtive: Journal Of Social Science Research, 4(1), 12326–12340.
Rivai Zainal, V., & Basri, F. M. (2015). Performance appraisal: sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan. PT Raja Grafindo Persada.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2016). Organizational Behavior (16th ed.). Salemba empat.
Sandra, E., Maryati, & Paramita, B. (2022). Knowledge Sharing pada Dosen STIE Pembangunan Tanjungpinang. E-Qien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 286–294.
Sari, N., Arifin, R., & Wahono, B. (2020). Pengaruh Knowledge Management, Skill, Attitude Dan Ability Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan VarnaCulture Hotel Surabaya). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(9), 1–16. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/6247/5139
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Alfa Beta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D (2nd ed.). Alga beta.
Untari, N. P., Sudarwati, & Wulan, I. A. (2018). Analisis Attitude, Knowledge dan Skill terhadap Kinerja di Hotel (Studi Tentang Kinerja Alumni Victoria Hotel School). Jurnal Manajamen Dan Keuangan Universitas Samudra, 7(1), 25–31. https://doi.org/https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.701
Wara, A. A. P., & Hariyanto, S. (2020). Aplikasi Pencarian Dan Booking Hotel Pada Travel Agent Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigneter. Jurnal Algor, 1(2), 67–74.
Wetthen, D. A., & Cameron, Ki. S. (2011). Developing management skills (8th ed.). Pearson Prentice Hall.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.