THE IMPACT OF THE QUALITY OF DIGITAL SITES AND SERVICES ON E-TRUST AND E-COMMERCE CONSUMERS' REPURCHASE INTENTION IN PEKANBARU


Abstract
This study aims to examine and analyze the influence of website quality and e-service quality on e-trust and repurchase intention on e-commerce platforms in Pekanbaru City. The objects in this study were e-commerce consumers domiciled in Pekanbaru, with a total of 200 respondents. Data were collected through questionnaires and analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) method with the help of SPSS software version 21.0 and SmartPLS version 4.1.0. The results of the study indicate that: (1) website quality does not have a significant influence on e-trust; (2) e-service quality has a positive and significant influence on e-trust; (3) website quality does not have a significant influence on repurchase intention; (4) e-service quality has a significant influence on repurchase intention; and (5) e-trust has a significant influence on repurchase intention.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas situs web serta kualitas layanan elektronik (e-service quality) terhadap kepercayaan elektronik (e-trust) dan niat pembelian ulang pada platform e-commerce di Kota Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah konsumen e-commerce yang berdomisili di Pekanbaru, dengan jumlah responden sebanyak 200 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 21.0 dan SmartPLS versi 4.1.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas situs web tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap e-trust; (2) kualitas layanan elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-trust; (3) kualitas situs web tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian ulang; (4) kualitas layanan elektronik memberikan pengaruh signifikan terhadap niat pembelian ulang; dan (5) e-trust berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian ulang.
References
Alwendi. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis, Volume 17, No. 3, Juli 2020, 317 – 325.
Arrahim, Ilham. (2021). Pengaruh Website Quality Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Zalora Di Pekanbaru. Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Darmayanti, E., Ilvira, M. L., Nurhalisa, S., Tarigan, E. K., & Siagian, T. (2022). Tinjauan Hukum Pajak Tentang E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Lex Justitia, 4(2), 135–149.
Dianti, M. R., Rahim, H., Zulstra, J. D., & Rizalina, R. (2023). Pengaruh E-Trust Dan E-Satisfaction Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen Shopee. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 2(1), 87–92. https://doi.org/10.47233/jppisb.v2i1.700
Dika Ardimas Sanjaya, K., & Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Pengaruh Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 6156. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p13
Lisriana Safitri, A. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Fashion di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Pelanggan Zalora.co.id di Kota Semarang) Article Information. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 26–35. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS
Listiyana, Rita Alvin, & Nur Qomariah. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention dengan E-Trust Sebagai Mediator pada Pengguna Tokopedia (Studi pada Follower Instagram Tokopedia). Jurnal Multidisiplin Madani, 2(4), 2007–2028. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i4.300
Magdalena, A., & Jaolis, F. (2018). Analisis Antara E-Service Quality, E-Satisfaction, dan E-Loyalty Dalam Konteks E-Commerce Bukalapak. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1–11.
Nita, N., & Ratnasari, I. (2022). Pengaruh E-Service Quality terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Shopee. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 867. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.510
Pohan, F. S., & Aulia, Z. F. (2019). Kualitas situs web, kepercayaan, dan loyalitas konsumen Tokopedia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.36407/jmsab.v2i1.43
Priambodo, D. A., & Farida, N. (2020). Pengaruh E-Website Quality dan E-Service Quality terhadap E- Repurchase Intention melalui E-Trust (Studi pada Konsumen produk fashion Lazada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 335–344. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28113
Priyatna, E. H., & Agisty, F. (2023). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Pada E-Commerce Sociolla. Dynamic Management Journal, 7(1), 104. https://doi.org/10.31000/dmj.v7i1.7588
Putri Ghaisani, F. A., & Purbawati, D. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kualitas Website (Website Quality) Terhadap Keputusan Pembelian (Purchase Decision) Melalui Kepercayaan (E-Trust) Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen E-Commerce Zalora.Co.Id Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 230–241. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26328
Riset, J., Prodi, M., Fakultas, M., & Unisma, B. (2018). Vol. 12. No. 02 ISSN : 2302 - 7061. 12(02), 221–232.
Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425–444.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Suryana, C. (2007). Pengolahan dan analisis departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 46.
Tawe, Amiruddin et, al. (2022). Pengaruh E-Trust dan E-Customer Satisfaction Terhadap E-Customer Loyalty Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Makassar. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2022, LP2M-Universitas Negeri Makassar, 1536 – 1547.
Widiyatuti, E. (2020). Pengaruh E-Service Quality, E-Satisfaction dan E-Payment terhadap E-Repurchase. 10– 33.
Wijaya, S., Felicia, J., & Oktavia, M. (2017). Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dalam Menentukan Minat Pembelian Ulang Pada Traveloka. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.
Wuisan, D. S. ., Candra, D., Tanaya, M. A., Natalia, V., & Bernarto, I. (2020). Pengaruh Website Design Quality dan E-Service Quality Terhadap Repurchase Intention Sociolla E-Trust Sebagai Variabel Mediasi. Computatio : Journal of Computer Science and Information Systems, 4(1), 55. https://doi.org/10.24912/computatio.v4i1.7748
Zuliestiana, Dinda Amanda et al. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Dan Dampaknya Terhadap E-Customer Loyalty Pada Pengguna Aplikasi Bca Mobile. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 6 No. 2, 2022, 934 – 953.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.