TEACHER SATISFACTION AND PERFORMANCE REVIEWED FROM THE PERSPECTIVE OF LEADERSHIP STYLE, WORK ENVIRONMENT, AND ORGANIZATIONAL CULTURE


Abstract
The purpose of this study is to examine how organizational culture, work environment, and leadership style affect teachers' job satisfaction and performance. This research is quantitative in nature. Teachers at the Kerinci Citra Kasih Foundation in Pangkalan Kerinci made up the study's population. There were 85 responders in all, and the saturated sample method was utilized for sample selection. One technique for analyzing the data was Structural Equation Modeling (SEM). The findings demonstrated that leadership style had a positive and significant impact on job satisfaction, that the work environment had a positive and significant impact on job satisfaction, that organizational culture had no considerable impact on job satisfaction, that leadership style had a positive and significant impact on teacher performance, that organizational culture had no significant impact on teacher performance, and that job satisfaction had a positive and significant impact on teacher performance.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh budaya organisasi, lingkungan kerja, dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru-guru di Yayasan Kerinci Citra Kasih Pangkalan Kerinci. Jumlah responden keseluruhan 85 orang, dan metode sampel jenuh digunakan untuk pemilihan sampel. Salah satu teknik analisis data adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, budaya organisasi tidak memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kepuasan kerja, gaya kepemimpinan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, budaya organisasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru, dan kepuasan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.
References
Arianto, Dwi Agung Nugroho. 2013. “Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar.” Jurnal Economia 9(2):191–200. doi: 10.21831/economia.v9i2.1809.
Arifin, Harry P. Panjaitan, and Teddy Chandra. 2018. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Komitmen Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru SD Di Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir.” Procuratio 6(4):442–55.
Aziizah, Deasy Rachmawati. 2018. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variable Intervening.” Industrial Engineering Journal 7(2):18–24.
Burhannudin, Mohammad Zainul, and Muhammad Harlie. 2018. “Pengaruh Disiplin Kerja , Lingkungan Kerja , Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan : Studi Pada Rumah Sakit Islam Banjarmasin.” Jurnal Maksiprenur 8(2):191–206.
Davis, Keith, and Jhon W. Newstrom. 2014. Perilaku Dalam Organisasi. 7th ed. Jakarta: Erlangga.
Febriantina, S., FN Lutfiani, and N. Zein. 2018. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru.” Tadbir Muwahhid 2(2):120–31.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Guterres, Luis Aparicio, and Wayan Gede Supartha. 2016. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru.” E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 5(3):429–54. doi: 10.24252/idaarah.v2i2.6533.
Hadromi, Fathonah Al. 2017. “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi, Kedisiplinan Dan Kinerja Guru Di Sd Islam Lumajang.” Bisma 11(1):109–23. doi: 10.19184/bisma.v11i1.6212.
Hakim, Arif Rahman, and Muhdi. 2019. “Terhadap Kepuasan Kerja Guru Smk Swasta Di Wilayah Timur Kabupaten Pemalang.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 29(2):105–15.
Handayani, Titik, and Aliyah A. Rasyid. 2015. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 3(2):264–77. doi: 10.21831/amp.v3i2.6342.
Hardika, Revani. 2017. “Pengembangan Model Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Islam Banjarmasin.” Dinamika Kesehatan 8(1):164–80.
Haryanto, Aris Tri, Septiana Novita Dewi, and Siti Fatonah. 2020. “Kepuasan Kerja Intrinsik Memediasi Pengaruh Kompetensi Kerja Dan Lingkungan Kerja Pada Kinerja Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(3):754–64. doi: 10.31004/basicedu.v4i3.426.
Indajang, Kevin, Jufrizen Jufrizen, and Azuar Juliandi. 2020. “Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Pada Yayasan Perguruan Sultan Agung Pematangsiantar.” Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 12(2):393–406. doi: 10.24114/jupiis.v12i2.17881.
Iphank, Faripa La Hitu, and I. Dewa Ketut Rraka Ardiana. 2017. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi Dan Kompentensi Terhadap Motivasi Dan Kinerja Guru.” Media Mahardhika 16(1):39–52. doi: 10.29062/mahardika.v16i1.6.
Iskandar, Sentot, and Enceng Juhana. 2014. “Pengaruh Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Guru Di SDN Baros Mandiri 5 Kota Cimahi.” Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship 8(2):86–98.
Iswahyudi. 2017. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Terhadap Komitmen Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada UPT Perpustakaan Universitas Jember.” Bisma Jurnal Bisnis Dan Manajemen 11(1):50–61.
Kadir, Habibi. 2017. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kompensasi, Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Kementerian Ketenagakerjaan.” Jurnal Ekonomi 19(1):63–74.
Kartono, Kartini. 2008. Pemimpin Dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad.
Kuswoyo, Asmara Hendra Komara, and Achmad Tavip Junaedi. 2018. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Organisasi Serta Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Rimba Melintang.” Procuratio 6(4):360–72.
Latifah, Nunuk. 2015. “Pengaruh Karakteristik Individu, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada AMPINDO (Akademi Manajemen Perpajakan Indonesia) Blitar.” Jurnal Revitalisasi 04(01):67–77.
Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. 10th ed. Yogyakarta: Andi.
Mangkunegara. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nabawi, Rizal. 2019. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 2(2):170–83. doi: 10.30596/maneggio.v2i2.3667.
Pala’langan, Alvin Yuwono. 2020. “Pengaruh Servant Leadership, Disiplin Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru.” Universitas Pelita Harapan. 9(2):223–31.
Priyono, Bayu Hendro, Nurul Qomariah, and Pawestri Winahyu. 2018. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru SMAN 1 Tanggul Jember.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 4(2):144–60. doi: 10.32528/jmbi.v4i2.1758.
Purnamasari, Dewi. 2018. “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Sekecamatan Pondok Aren.” Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains Dan Matematika Unpam 1(1):108. doi: 10.32493/jsmu.v1i1.1607.
Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Pierre Senjaya, Agus Hari Hadi, and Yulia Andriyani. 2020. “Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Dengan Keterlibatan Kerja Dan Budaya Organisasi Sebagai Mediator.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2(1):50–63.
Putrayana, Gusti Ketut, Anak Agung, Gede Agung, and I. G. K. Arya Sunu. 2018. “Analisis Determinasi Gaya Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Manajemen Mutu, Lingkungan Kerja, Dan Komitmen Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri 1 Mengwi.” Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia 9(1):77–87.
Rasyid, Mhd Andi, and Hasrudy Tanjung. 2020. “Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Pada SMA Swasta Perkumpulan Amal Bakti 4 Sampali Medan.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3(1):60–74. doi: 10.30596/maneggio.v3i1.4698.
Ratnasari, Sri Langgeng, Gandhi Sutjahjo, Ervin Nora Susanti, Rona Tanjung, and Widodo Ismanto. 2021. “Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja.” Manajemen Pendidikan 16(1):1–12. doi: 10.23917/jmp.v16i1.11149.
Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.
Robbins, Stephen P., and Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. 16th ed. Jakarta: Salemba Empat.
Ruky, Achmad S. 2014. Sistem Manajemen Kinerja. Revisi. Jakarta: PT. Gramedia.
Sedarmayanti. 2017. “Perencanaan Dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja Dan Produktivitas Kerja.” edited by P. R. Aditama. Bandung.
Susanty, Aries, and Sigit Wahyu Baskoro. 2012. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero) APD Semarang).” J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri 7(2):77–84. doi: 10.12777/jati.7.2.77-84.
Thoha, Miftah. 2014. Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wagiyono, Sandra Aris, Abadi Sanosra, and Toni Herlambang. 2020. “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompetensi Terhadap Komitmen Organisasi Dan Kinerja Pegawai.” JSMBI (Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia) 10(2):152–63.
Werang, Basilius Redan. 2014. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Moral Kerja Guru, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN Di Kota Merauke.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 1(1):128–37. doi: 10.21831/cp.v1i1.1869.
Widayati, Fatriani, Happy Fitria, and Yessi Fitriani. 2020. “Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Guru.” Journal of Education Research 1(3):251–57. doi: 10.37985/jer.v1i3.29.
Yusuf, Muhammad. 2016. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Militer Resimen Induk Komando Daerah Militer VII/Wirabuana Di Sulawesi.” Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan 5(2):219–36.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.