MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) AQUA MELALUI GREEN MARKETING, PENGALAMAN KONSUMEN DAN BRAND TRUST

  • Jennifer Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Chris Yanti Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Suyono Suyono Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Andi Andi Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Muhammad Wan Kudri Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

The purpose of this study is to determine and analyze the influence of Green Marketing, Consumer Experience, and Brand Trust on Purchasing Decisions. This study was conducted in Pekanbaru City, Riau Province, Indonesia. Where for this study will be specifically for the young generation in Pekanbaru City, the population is unknown, so the sample is set at 165 customers with Random Sampling technique. Data analysis using multiple regression with Smart PLS 4.2 software. The results of the study explain that Green Marketing and Consumer Experience have a positive and insignificant effect on Purchasing Decisions. While Brand Trust has a positive and significant effect on Purchasing Decisions. The practical implications of this study are that in increasing the purchase decision of AMDK Aqua drinking water, the company is expected to build more brand trust for consumers. While the theoretical implications of this study are that further researchers can explore the brand trust variable as a moderating variable in increasing the factors that influence purchasing decisions.


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Green Marketing, Pengalaman Konsumen, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia. Dimana untuk penelitian ini akan di khususkan untuk para generasi muda yang ada di Kota Pekanbaru, Jumlah populasi tidak diketahui, maka sampel ditetapkan sebanyak 165 orang pelanggan dengan teknik Random Sampling. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan software Smart PLS 4.2. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Green Marketing dan Pengalaman Konsumen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan Brand Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Implikasi praktis pada penelitian ini yaitu dalam meningkatkan keputusan pembelian air minum AMDK Aqua perusahaan diharapkan lebih membangun brand trust untuk konsumen. Sedangkan implikasi teoritis penelitian ini yaitu peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi variabel brand trust menjadi variabel moderasi dalam meningkatkan faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian.

References

Abarca, r. M. (2021). Faktor faktor yang mempengaruhi keputusan pelanggan dalam mengkonsumsi formula 1 nutrional shake mix herbalife (studi kasus di rumah nutrisi club kece badai pekanbaru) (doctoral dissertation, universitas islam riau). Nuevos sistemas de comunicación e información, 2013–2015.
Agustin, d. R., kumadji, s., & yulianto, e. (2020). Keputusan pembelian (survei pada konsumen non-member tupperware di kota malang). Jurnal administrasi bisnis (jab)|vol, 22(2), 1–10. Https://media.neliti.com/media/publications/85919-id-pengaruh-green-marketing-terhadap-minat.pdf
Arvy Ginting, R., Angelia, A., Salsabila, T., Damero, S., Primananda, R., & Setyo, K. (2023). Pengaruh green marketing, inovasi produk dan brand awareness terhadap keputusan pembelian (studi kasus: pt unilever indonesia tbk). Jurnal ilmu multidisplin, 1(4), 986–992. Https://doi.org/10.38035/jim.v1i4.198
Ansori. (2015). Analisis pendapatan dan tingkat kesejahteraan rumah tangga petani. Paper knowledge . Toward a media history of documents, 3(april), 49–58.
Dewi, N. D. (2019). Pengaruh kemudahan, keamanan dan pengalaman pembelian terhadap keputusan pembeliansecara onlinemenggunakan aplikasi shopee (studi kasus mahasiswa fakultas ekonomi universitas maarif hasyim latif sidoarjo). Jurnal ekomaks : jurnal ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi, 8(1), 25–32. Https://doi.org/10.33319/jeko.v8i1.29
Dharmawan, C., & Wardhana, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian zanana chips. E-proceeding of management, 8(6), 8568–8584.
Darubeksi, k. (2020). Pengaruh pemasaran hijau terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dan niat beli di the body shop yogyakarta. S1 thesis, universitas atma jaya yogyakarta, 2016, 12–16.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali Imam, 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, A. F. (2022). Pegaruh brand awareness, brand trust dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk susu bear brand di masa pandemi covid-19. Jurnal ilmu dan riset manajemen, 11(11), 1–17.
Hair, J., Hult, G., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2014). A Primier On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Pls-Sem). America: Sage Publication, Inc
Hardiansyah. (2020). Pengaruh customer experience terhadap minat berkunjung kembali pada objek wisata teropong kota bandar lampung. Iib darmajaya, 3(4), 49–58.
Hartanti, p. (2022). Pengaruh brand trust dan promosi terhadap niat beli ulang pada marketplace tokopedia. Institut bisnis dan informatika kwik kian gie, 1–16. Http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4357
Istantia, S., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh green marketing dan perceived value terhadap keputusan pembelian. Jurnal administrasi bisnis (jab), 32(1), 174–182. Https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40332
ii, b. A. B., & pustaka, t. (2007). Bab ii tinjauan pustaka 2.1 landasan teori 2.1.1customer experience(pengalaman konsumen).
Isfahami, m. M., hurriyati, r., & dirgantari, p. D. (2021). Pengaruh brand trust dan celebrity endorse terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal bisnis dan kewirausahaan, 17(2), 177–186. Https://doi.org/10.31940/jbk.v17i2.2571
Jannah, K. D. (2017). Pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian air mineral. Forum ekonomi, 19(1), 119–130. Http://repository.unikal.ac.id/67/1/016 - pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian air mineral.pdf
Kotler dan Gary Armstrong. 2016. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education,Inc.
Kurnia, U. D., & Krisnawati, W. (2023). Pengaruh brand image, brand trust dan electronic word of mouth terhadap pembelian erigo di kabupaten gresik oleh generasi z. Master : jurnal manajemen dan bisnis terapan, 3(1), 1–11.
Kuswandini et al. (2019). Bab 1 pendahuluan. Pelayanan kesehatan, 2016(2014), 1–6. Http://library.oum.edu.my/repository/725/2/chapter_1.pdf
Lohonusa, A. I., & Mandagie, y. (2021). Analisis pengaruh brand image, brand trust dan viral marketing terhadap keputusan pembelian produk sepatu “ converse” pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas sam ratulangi manado. Jurnal emba, vol. 9 no.(4), 511–520.
Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh brand image, brand trust dan digital marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk emina (studi kasus pada mahasiswa universitas sam ratulangi). Jurnal emba : jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 10(3), 953. Https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
Muhammad, A., indonesia, h. P., umar, h., & bisnis, s. K. (2005). Bab 1 pendahuluan (latar belakang masalah amdk). 1–23.
Mamahit, P., Soegoto, A. S., & Tumbuan, W. A. (2015). Pengaruh brand image, brand trust, dan quality terhadap keputusan pembelian mobil toyota all new yaris pada pt.hasjrat abadi manado. Jurnal berkala ilmiah efisiensi, 15(05), 777–787. Https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/viewfile/10473/10059
Mefiandini, I. N., Farida, E., & Athia, i. (2020). Pengaruh brand awereness, brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelianproduk laptop lenovo. Riset manajemen, 12(2), 1505–1514.
Mississipi, G., Utomo, T., & enggilingan, k. (1973). Bab i pendahuluan. 1–11.
Meizary, a., & lestari, w. R. (2024). Pengaruh atribut produk, persepsi nilai dan pengalaman konsumen terhadap keputusan pembelian apple iphone di bandar lampung. Jesya, 7(1), 791–803. Https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1461
Muhammad daffa rahmandika. (2022). Pengalaman pelanggan , ulasan pelanggan keputusan pembelian ulang. 01(1), 1–12.
Made, l., rahayu, p., abdillah, y., & mawardi, m. K. (2017). Pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian konsumen (survei pada konsumen the body shop di indonesia dan di malaysia). Jurnal administrasi bisnis, 43(1), 121–131.
Nandaika, M. E., & Respati, N. N. R. (2021). Peran brand image dalam memediasi pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian (studi pada produk fashion merek uniqlo di denpasar). E-jurnal manajemen universitas udayana, 10(6), 539. Https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i06.p02
Novita, Y., & Pratama, A. A. N. (2024). Peran moderasi etika konsumsi islam pada pengaruh green marketing, ethnosentrisme konsumen, dan gaya hidup halal terhadap keputusan pembelian kosmetik. Ekonomis: journal of economics and business, 8(1), 154. Https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i1.1288
Pipit muliyah, dyah aminatun, sukma septian nasution, tommy hastomo, setiana sri wahyuni sitepu, t. (2020). Pengaruh brand image, brand awareness dan brand trust terhadap keputusan pembelian amdk aqua di surakarta. Journal geej, 7(2).
Rimadhina, S. (2013). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan konsumen membeli lensa kontak. 7–36. Https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/14880/05.2 bab 2.pdf?sequence=6&isallowed=y
Rylander, Mcd. Dan. (2018). Definisi green marketing. Angewandte chemie international edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Rahmatika, T. (2022). Pengaruh green marketing, brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek ades di samarinda. Obor: oikonomia borneo, 3(2), 92–100. Https://doi.org/10.24903/obor.v3i2.1832
Rahmawaty, P. (2015). Pengaruh variasi produk, harga, dan customer experience terhadap keputusan pembelian ulang roti breadtalk yogyakarta. Jurnal ilmu manajemen, 12(1), 89–98. Https://doi.org/10.21831/jim.v12i1.11744
Risyamuka, i. K., & mandala, k. (2015). Pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian produk hijau di restoran sari organik ubud. E-jurnal manajemen universitas udayana, 4(2), 524–543.
Rahayu, L. M. P., Abdillah, Y., Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Di, Pembelian Konsumen ( Survei Pada Konsumen The Body Shop Indonesia Dan Di Malaysia ). 43(1)(1), 121–131.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Septifani, r., Achmadi, f., & Santoso, i. (2014). Pengaruh green marketing, pengetahuan dan minat membeli terhadap keputusan pembelian. Jurnal manajemen teknologi, 13(2), 201–218. Https://doi.org/10.12695/jmt.2014.13.2.6
Setiawan, C. K., Yanthy, S., & Yosepha. (2020). The body shop indonesia (studi kasus pada followers account twitter @thebodyshopindo). Jurnal ilmiah m-progress, 10(1), 1–9.
Tusyaidah, A. (2023). Pengaruh green marketing dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk le minerale kota semarang. Jurnal ilmu administrasi bisnis, 12(1), 229–235. Https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Widyastari, N., Camelia, D., Lestari, D. S., & Asnawi, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan merek (Brand Trust) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Richeese Factory Di Surabaya.3) 1) 2) 3). 2(1).
Widodo S., (2020). Pengaruh green product dan green marketing terhadap keputusan pembelian produk elektronik merk sharp di electronic city cipinang indah mall jakarta timur. Jurnal ilmiah m-progress, 10(1), 23–34. Https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i1.365
Widelia, K., Yusiana, R., & Widodo, A. (2016). Pengaruh green marketing dan corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian produk unilever (studi kasus masyarakat kota bandung). Ecodemica, 3(2), 539–550. Http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/52
Yulianty D., & Mauludy A., (2019). Jurnal manajemen dan akuntansi volume xiv no . 2 juli-desember 2019 pengaruh electronic word of mouth dan brand trust terhadap keputusan pembelian produk wardah varian bedak ( studi penelitian pelanggan wardah beauty konter majalengka ) jurnal manajemen d. Xiv(2), 252–261.
Yulianti, N. M. D. R. (2020). Pengaruh brand image, green marketing strategy, danemotional desire terhadap keputusan pembelian produkmcdonald’s. Jurnal ilmiah manajemen dan bisnis, volome 5,(1), 69–79.
Zakharia, E., & Aulia, N. S. (2016). Analisis pengaruh customer experience terhadap keputusan pembelian produk pada e-commerce shopee. Angewandte chemie international edition, 6(11), 951–952., 7–12.
Published
2025-06-30
How to Cite
CHANDRA, Jennifer et al. MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) AQUA MELALUI GREEN MARKETING, PENGALAMAN KONSUMEN DAN BRAND TRUST. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 226-238, june 2025. ISSN 2580-3743. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/5107>. Date accessed: 13 july 2025. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v13i2.5107.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.