Clustering Kepuasan Layanan Pengguna Bus Trans Binjai Dengan Metode Cluster Data Mining Studi Kasus Dinas Perhubungan Kota Binjai

clustering

  • Sonia Sundari niasundari2111@gmail.com
  • Relita Buaton STMIK Kaputama Binjai
  • Rusmin Saragih STMIK Kaputama Binjai
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Kota Binjai dengan kepadatan kendaraan cukup tinggi karena kemacetan didominasi oleh pengendara sepeda motor, angkutan kota (angkot) mobil pribadi dan kendaraan berat lainnya. Pemerintah daerah kota Binjai mengeluarkan transportasi ramah yaitu Bus Trans Binjai dengan harapan tingkat kepadatan di kota binjai dapat berkurang dan sebagai solusi perbaikan sistem pelayanan publik di transportasi. Tingkat kepuasan pengguna dapat di ukur dari pelayanan dan fasilitas yang tersedia oleh penyedia jasa transportasi. Clustering kepuasan layanan pengguna bus trans binjai dengan metode cluster data mining berdasarkan kalangan pengguna, fasilitas dan pelayanan sebagai evaluasi dan penilaian fasilitas dan pelayanan yang diberikan bus trans binjai. Dengan metode clustering ini dapat disimpulkan berupa hasil di ketahui bahwa pada centroid 1 dengan nilai yaitu (5  3.67  3.67) berpusat pada jenis pekerjaan (5)Pengajar /Guru, yang memberikan  penilaian  (4) puas terhadap  fasilitas dan (4) puas terhadap pelayanan. Centroid 2 dengan nilai (2  4  3.33) berpusat pada jenis pekerjaan (2)Ibu Rumah Tangga, yang memberikan  penilaian  (4) puas   terhadap fasilitas dan (3) cukup puas terhadap pelayanan. Dan centroid 3 dengan nilai (1.50  3.63  4.38) berpusat pada jenis pekerjaan (1) pelajar/mahasiswa, yang memberikan  penilaian  (4) puas dan (4)puas  terhadap pelayanan yang diberikan oleh pegawai bus Trans Binjai. 

References

[1] Z. Zilda Fathonah, “Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Bus Trans Jogja Di Pt Anindya Mitra Internasional,” UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, 2017.
[2] E. Prasetyo, Data Mining : Konsep dan Aplikasi menggunakan Matlab, 2nd ed. Yogyakarta: ANDI, 2012.
[3] A. Fadli, “Konsep Data Minning,” Com, pp. 1–9, 2011, [Online]. Available: http://fadli84.wordpress.com.
[4] kusrini & Emha taufiq Luthfi, “Algoritma Data Mining - Google Books,” CV.Andi, 2009. https://www.google.co.id/books/edition/Algoritma_Data_Mining/-Ojclag73O8C?hl=id&gbpv=1&dq=data+mining+eka+prasetyo&printsec=frontcover (accessed Mar. 30, 2021).
[5] A. M. H. Pardede, “Analisis Pengelompokkan Performance Dosen Dengan Metode Clustering Pada Stmik Kaputama Binjai,” vol. 5, no. 2, pp. 41–49, 2018, doi: 10.31219/osf.io/mx7ar.
Published
2021-06-20
How to Cite
SUNDARI, Sonia; BUATON, Relita; SARAGIH, Rusmin. Clustering Kepuasan Layanan Pengguna Bus Trans Binjai Dengan Metode Cluster Data Mining Studi Kasus Dinas Perhubungan Kota Binjai. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 86-100, june 2021. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1139>. Date accessed: 18 feb. 2025.
Section
Articles