Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Promosi Penerimaan Siswa Baru Di MTS. S. Hubbul Wathan Modal Bangsa

  • Andry Andry STMIK Kaputama Binjai
  • Yani Maulita STMIK Kaputama Binjai
  • Sucii Ramadan STMIK Kaputama Binjai
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Dalam menarik minat tamatan Sekolah Dasar atau setingkatnya untuk melanjutkan ke tingkat Sekolah menengah pertama, maka sebuah sekolah tingkat pertama swasta akan menjajaki setiap lokasi untuk menawarkan informasi dan daya tarik institusinya. Salah satu kendala yang dihadapi dalam melakukan promosi adalah banyaknya lokasi dan sejenisnya yang musti dikunjungi sehingga tim promosi mengalami sedikit kesulitan dalam menentukan lokasi promosi yang strategis. Untuk itu perlu dibuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk membantu menentukan lokasi promosi. AHP adalah alat pendukung keputusan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah keputusan yang kompleks dalam pembangunan Sistem Pendukung Keputusan (SPK), penentuan lokasi promosi ditetapkan menggunakan 5 (kriteria), diantaranya Jarak Kesekolah, Waktu tempuh, Jumlah Sekolah Lain, Kawasan Jalan, dan Jumlah Siswa 3 Tahun Sebelumnya. Hasil akhir dari proses SPK menggunakan metode AHP ini berupa peringkat dari beberapa alternatif lokasi promosi yang ditetapkan dan alternatif lokasi promosi yang mendapat bobot paling tinggi yang menjadi rekomendasi untuk penentuan lokasi promsi yang paling strategis. 

References

[1] Danang, & Nisar, M. F. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan PTS Jurusan Komputer Menggunakan Metode AHP, Semarang.
[2] Diana, 2018. Metode dan aplikasi Sistem Pendukung Keputusan CV. Budi Utama Yogyakarta.
[3] Kardir, A. 2008. Belajar Database Menggunakan MYSQL, Yogyakarta.
[4] M. Rudyanto Arief. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MYSQL, Andi, Yogyakarta.
[5] Muhammad Iqbal, dkk, 2017. Metode Konsep system aplikasi cerdas, fakultas Teknik Universitas panca Budi, Medan.
[6] Pramana, J. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Proces(studi kasus STMIK Budi Darma Medan) Pelita informatika Budi Darma, IV(2). Medan
[7] Rami SyahPutri 2015. Pengaruh Promosi Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi pada pt. Pekan Perkasa berlian Motor, Pekanbaru. Jurnal Valuta, ISSN : 2502-1419,1(2), 298-321, PekanBaru.
[8] Raharjo B 2011. Belajar Otodidak membuat Database menggunakan MYSQL, Bandung.
Sugiarti Y. 2013. Analisis dan Perancangan UML(United Modeling Language) Generated VB.6. Graha Ilmu. Yogyakart,
Published
2021-06-21
How to Cite
ANDRY, Andry; MAULITA, Yani; RAMADAN, Sucii. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Promosi Penerimaan Siswa Baru Di MTS. S. Hubbul Wathan Modal Bangsa. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 215-221, june 2021. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1158>. Date accessed: 18 feb. 2025.
Section
Articles