Analisis Metode Rough Set Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
Abstract
Abstrak
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan merupakan sebuah perusahaan daerah yang memiliki wewenang dalam penyediaan kebutuhan konsumsi air bersih bagi masyarakat di Kabupaten Asahan. Evaluasi kepuasan pelanggan sangat penting dilakukan sebagai salah satu upaya untuk melihat tingkat kinerja PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan. Dengan ini penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan di PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan menggunakan data mining. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis dengan pendekatan terstuktur (Structured Approach) yang lengkap dengan alat (tools) dan teknik yang dibutuhkan dalam sistem sehingga hasil analisis dari sistem yang dikembangkan menghasilkan sistem yang strukturnya dapat didefinisikan dengan baik dan jelas. Tujuan utama dari analisis rough set adalah untuk mensintesis pendekatan konsep dari data yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan sehingga dapat membantu pihak PDAM agar lebih memahami keluhan masyarakat yang menggunakan jasa layanan PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan.
References
[2] Undang-undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 3
[3] M.A. Sembiring, N.Manurung. Analisis Pencapaian Keuntungan Perusahaan Menggunakan Metode Rought Set. Jurnal Mantik Penusa. 2018. Vol 22, No.1
[4] Sembiring, M.A & Azhar, Z. Implementasi Metode Rought Set Untuk Menganalisa Laba/Rugi Pada Suatu Perusahaan Distributor (Studi Kasus:Usaha Kita PS Payakumbuh). 2015,Jurteksi Royal Vol 2 No 1.