Aplikasi Game Edukasi Sistem Digital Berbasis Website
Abstract
Game edukasi Merupakan Suatu aktifitas yang menyenangkan dan dapat memberikan edukasi yang mengandung nilai-nilai positif dalam membangun minat belajar. Beberapa mahasiswa yang mengambil matakuliah sistem digital kesulitan untuk belajar materi sistem bilangan digital terlebih lagi ketika sudah masuk ke konversi bilangan, penjumlahan dan pengurangan bilangan. Hal ini juga dipicuh oleh adanya sistem kuliah online dan offline sehingga mahasiswa menjadi malas untuk belajar materi sistem bilangan digital. Selain itu, mahasiswa juga malas mengulangi kembali materi yang telah disampaikan oleh dosen baik secara online maupun secara offline. Oleh karena itu, tujuan pada penelitian ini adalah membantu mahasiswa agar dapat mempelajari materi sistem bilangan digital dan memberikan kemudahan kepada mahasiswa untuk memahami materi sistem bilangan digital tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu GDLC (Game Development Life Cycle). Hasil penelitian ini membangun game edukasi yang dapat memberikan kemudahan kepada mahasiswa dalam memahami materi pada matakuliah sistem digital.
References
[2] D. M. S. S. Mahat dan D. M. K. Patil, “Number System for Digital Computers,” INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, vol. 9, no. 04, pp. 3440-3449, APRIL 2020.
[3] F. Yulianto, Y. T. Utami dan I. Ahmad, “Game Edukasi Pengenalan Buah-buahan Bervitamin C Untuk Anak Usia Dini,” Teknik dan Ilmu Komputer, vol. 7, p. 243, 24 april 2019.
[4] I. M. S. Maryana, I. M. Candiasa dan D. Waluyo, “Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Deret Bilangan di Sekolah Menengah Atas,” Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, vol. IX, no. 2, pp. 19-30, Agustus 2018.
[5] D. Y. Wurara, S. R. U. A. Sompie, S. D. E. Paturusi dan H. V. F. Kainde, “Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Dan Simulasi Sistem Bilangan Digital Berbasis Android,” Teknik Informatika, vol. 15, pp. 13-22, 1 maret 2020.
[6] Krisdiawan dan R. Andriyat, “Implementasi Model Pengembangan Sistem GDLC Dan Algoritma Linear Congruential Generator Pada Game Puzzle,” NUANSA INFORMATIKA, vol. 12 , no. 1, pp. 1-9, Juli 2018.
[7] S. Masripah dan L. Ramayanti, “Penerapan Pengujian Alpha dan Beta Pada Aplikasi Penerimaan Siswa Baru,” Jurnal Swabumi, vol. VIII, no. 2, pp. 100-105, Maret 2020.