Menerapkan Metode K-Means Dalam Cara Meningkatkan Prestasi Siswa Terhadap Akademik Siswa Di SD Negeri 091488 Bah Sampuran
Abstract
algoritma Data Mining dapat digunakan untuk melakukan estimasi pada data cara meningkatkan prestasi siswa di SD Negeri 091488 Bah Sampuran. Dipenulisan laporan ini terdapat gambaran umum tentang instansi, visi dan misi, Logo SD, struktur organisasi dari instansi, beserta apa saja kegiatan yang dilakukan selama mengikuti kegiatan PKL ini. Penulis juga menjelaskan bagaimana proses perhitungan manual untuk melakukan estimasi, prediksi, beserta validasi menggunakan software RapidMiner agar mendapatkan hasil data yang akurat. Hasil yang didapatkan dari laporan PKL ini menjelaskan algoritma dari Data Mining yaitu K-Means.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebanyak 3 cluster .Dengan dilakukannya penelitian ini dapat memberikan masukan dalam ilmu pengetahuan untuk penelitian selanjutnya dalam mengembangkan metode clustering k-means serta dapat memudahkan pihak sekolah untuk melakukan pengembangan terhadap prestasi siswa.
References
[2]. Akademik (Studi Kasus Mtsn Gresik). Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. 2019.
[3]. Algoritma K-Means Pada Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Clustering Jurusan. 2017.
[4]. Aniek Suryanti Kusuma. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Terapan Indonesia (JSIKTI) Vol.1 (3). Sistem Informasi Akademik Serta Penentuan Kelas Unggulan Dengan Algoritama K-Means di SMP Negeri 3 Ubud, 2 Program Studi Teknik Informatika, STMIK STIKOM, Bali, Indonesia. 2019.
[5]. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology, MIS
[6]. Fauziah Nur, dkk. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), Vol 1 (2), Penerapan
[7]. Himmah, Nofrida Rif’atul. Implementasi Algoritma K-Means Untuk Pengelompokan Siswa Berdasarkan Nilai