Mobile Application Gannet Cybercafe Berbasis Android

  • Muhammad Ridwan Universitas Metamedia
  • Rusli Saputra Universitas Metamedia
  • Hesty Aisyah Universitas Metamedia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Gannet Cybercafe merupakan peningkatan jenis usaha warnet yang memberikan layanan jasa penyewaan perangkat komputer untuk bermain game, dan penyewaan komputer. Pada proses pemesanan layanan Gannet Cybercafe masih melalui Whatsapp yang dirasa kurang efektif dan efisien sehingga mengakibatkan antrian menjadi tidak teratur dan informasi laporan usaha yang diterima pemilik harus diperoleh secara langsung. Berdasarkan masalah yang ditemukan, dirancang sebuah aplikasi mobile berbasis android agar mampu membantu pelaku usaha dan pelanggan dalam melakukan kegiatan usahanya. Penelitian ini dilakukan untuk merancang sebuah sistem aplikasi dengan menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall. Metode dimulai dari analisa, desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan. Bahasa pemograman yang digunakan yaitu KOTLIN dan MySQL sebagai database yang mengelola data layanan dan pemesanan cybercafe. Hasil penelitian ini berupa aplikasi mobile berbasis android yang diharapkan dapat membantu dan mempermudah Gannet Cybercafe dalam proses pemesanan dan laporan kegiatan usaha cybercafe

References

[1] A. Maezar et al., “Sistem Informasi Penjualan Jersey Berbasis Web Dengan Menggunakan Agile Software Development,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 5, no. 2, pp. 409–421, 2021, doi: 10.52362/jisicom.v5i2.637.
[2] G. Y. Swara and I. Warman, “Android-Based Travel Ticket Booking,” vol. 6, no. 1, pp. 235–245, 2022, doi: 10.52362/jisicom.v6i1.815.
[3] M. Hendriawan, T. Budiman, V. Yasin, and A. S. Rini, “Pengembangan Aplikasi E-Commerce Di PT.Putra Sumber Abadi Menggunakan Flutter,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 5, no. 1, p. 69, 2021, doi: 10.52362/jisicom.v5i1.371.
[4] H. Akbar, C. R. Alfahrezi, N. Anwar, and M. B. Ulum, “Pengembangan Aplikasi Mobile Pemesanan Dan Ketersediaan Komputer Pada Internet Cafe Jr Net Berbasis Android,” Pros. Semin. Nas. SISFOTEK, pp. 208–215.
[5] D. I. S. Saragih, R. Liza, and T. Diansyah, “Rancang Bangun Sistem E-Sport Cybercafe Finder Menggunakan Metode Lbs (Location Based Service) Berbasis Android,” J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 158, 2019, doi: 10.36294/jurti.v2i2.431.
[6] M. Moshinsky, “Unified Modelling Language,” Nucl. Phys., vol. 13, no. 1, pp. 104–116, 2019.
[7] Aceng Abdul Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.
[8] S. Julianto and S. Setiawan, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online,” Simatupang, Julianto Sianturi, Setiawan, vol.3, no.2, pp.11–25,2019.
Published
2024-01-29
How to Cite
RIDWAN, Muhammad; SAPUTRA, Rusli; AISYAH, Hesty. Mobile Application Gannet Cybercafe Berbasis Android. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 228-240, jan. 2024. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/3694>. Date accessed: 18 feb. 2025.