Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Dengan Metode C4.5 (Studi Kasus : Badan Narkotika Nasional Kota Pematang Siantar)

  • Santa Maria Sopiana Silalahi STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar
  • M Safii
  • Fahmi Firzada
Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Survei Kepuasan Masyarakat adalah kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik. Badan Narkotika Nasional merupakan salah satu penyelenggara layanan publik. Badan Narkotika Nasional Kota Pematang Siantar memiliki 6 standar layanan publik diantaranya pelayanan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkoba (SHKPN), Layanan  Rehabilitasi Rawat  Jalan,  Layanan  Deteksi  Dini  (untuk  Instansi/Lembaga), Layanan Diseminasi Informasi, Layanan Permintaan Informasi dan Data, dan Layanan Persuratan. Untuk mengetahui tingkat pelayanan publik di BNN Pematang Siantar, BNN melakukan rutin melaksanakan Survei Persepsi Kepuasan Pelayanan pada setiap responden yang menerima pelayanan publik di BNN Kota Pematang Siantar. Rumusan masalah yang ditermukan adalah tentang variabel apa yang paling mempengaruhi kepuasan masyarakat di BNN Kota Pematang Siantar. Metode yang digunakan untuk pemecahan masalah tersebut adalah menggunakan algoritma C4.5. Algoritma C4.5 merupakan algoritma pohon keputusan yang dapat digunakan untuk menentukan faktor terbaik. Jumlah responden yang akan dijadikan sebagai bahan perhitungan sebanyak 637 responden. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi kepuasan masyarakat pada pelayanan publik di BNN Kota Pematang Siantar adalah tarif/biaya pelayanan yang dibayarkan pada unit layanan ini sesuai dengan tarif/biaya yang ditetapkan.

References

[1] A. ABNUR, PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK, vol. 94, no. 2. 1975, pp. 459–464. doi: 10.1016/0014-4827(75)90518-2.
[2] R. Mardiyanto and M. Ismowati, “Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Kualitas Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang,” Transparansi J. Ilm. Ilmu Adm., vol. 9, no. 2, pp. 184–197, 2018, doi: 10.31334/trans.v9i2.23.
[3] S. Suandi, “Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur,” J. PPS UNISTI, vol. 1, no. 2, pp. 13–22, 2019, doi: 10.48093/jiask.v1i2.8.
[4] L. D. Damayanti, K. R. Suwena, and I. A. Haris, “Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng,” J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 11, no. 1, p. 21, 2019, doi: 10.23887/jjpe.v11i1.20048.
[5] B. Jamil, “Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Kota Matsum I Kecamatan Medan Area Kota …,” Bahrumjamil.Blog.Uma.Ac.Id, pp. 1–22, 2020, [Online]. Available: http://bahrumjamil.blog.uma.ac.id/wp-content/uploads/sites/305/2017/05/PelayananPublikBahrum-3.pdf
[6] Desyanti, “SATIN-Sains dan Teknologi Informasi Penerapan Data Mining Algoritma C4.5 untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen di Hotel Grand Zuri Dumai,” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 36–40, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id
[7] S. Rahayu, I. S. Damanik, and M. Fauzan, “Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Pengadilan Negeri Simalungun Menggunakan Metode Algoritma C4.5,” Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 6, no. 1, p. 89, 2021, doi: 10.30645/jurasik.v6i1.273.
[8] E. Buulolo, “Data Mining Untuk Perguruan Tinggi,” DeePublish. p. 91, 2020. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Data_Mining_Untuk_Perguruan_Tinggi/-K_SDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Data+Mining+Konsep+dan+Aplikasi+Menggunakan+Matlab&printsec=frontcover
[9] E. S. Pribadi, P. Poningsih, and H. S. Tambunan, “Analisa Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pengadilan Agama Pematangsiantar Menggunakan Algoritma C4.5,” Brahmana J. Penerapan Kecerdasan Buatan, vol. 2, no. 1, pp. 33–40, 2020, doi: 10.30645/brahmana.v2i1.46.
Published
2024-01-23
How to Cite
SILALAHI, Santa Maria Sopiana; SAFII, M; FIRZADA, Fahmi. Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Dengan Metode C4.5 (Studi Kasus : Badan Narkotika Nasional Kota Pematang Siantar). Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), [S.l.], p. 106-115, jan. 2024. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/3789>. Date accessed: 14 dec. 2024.