PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CV MITRA MATRA MANDIRI PEKANBARU

  • Peri Akri
  • Edyson Edyson
  • Suyono Suyono
Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

This research aims to determine the effect of product quality, trust, location and service quality on customer satisfaction at CV. Mitra Matra Mandiri Pekanbaru. The population in this study are consumers who shop at CV. Mitra Matra Mandiri Pekanbaru. The number of samples of this study were 150 respondents who were consumers at CV Mitra Matra Mandiri Pekanbaru. Data collection techniques used questionnaires (questionnaires) and literature study, while the classical assumption test (normality test, heteroscedasticity test, multicollinearity test), statistical test (T test, F test, coefficient of determination). The results of this study indicate that product quality, trustworthiness, location and service quality have a significant effect on customer satisfaction at CV Mitra Matra Mandiri Pekanbaru.


 


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kepercayaan, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di CV. Mitra Matra Mandiri Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di CV. Mitra Matra Mandiri Pekanbaru. Jumlah sampel penelitian ini adalah 150 responden yang merupakan konsumen di CV Mitra Matra Mandiri Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket) dan studi pustaka, sedangkan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolnieritas), uji statistik (uji T, uji F, koefisien determinasi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk, kepercayaan, lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di CV Mitra Matra Mandiri Pekanbaru.

References

Agusta, L., & Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya. Jurnal AGORA, 1(3), 9.
Ahmad Guspul. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo). Jurnal PPKM UNSIQ I, 1(1), 40–54.
Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 171–177.
Apriyani, dwi aliyyah, & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 1–6. https://doi.org/10.32493/skr.v4i1.605
Denziana, A., Indrayenti, & Fatah, F. (2014). Corporate Financial Performance Effects of Marcro Economic Factors Against Stock Return. Akuntasi & Keuangan, 5(2), 17–40.
Diza, F. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pt. Fifgroup Cabang Manado). Jurnal EMBA, 4(1), 109–119.
Fian, J. Al, & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya. Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(6), 1–18.
Fikri, S., Wiyani, W., & Suwandaru, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 120–134.
Firdiyansyah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam. ELektronik, 1(1), 1–9.
Haromain, I., & Suprihhadi, H. (2016a). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan di AHHASS Z618. Journal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(5), 2461–0593.
Haromain, I., & Suprihhadi, H. (2016b). Pengaruh Layanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(5), 1–17.
Haslinda, & Muhammad, J. (2016). Pengaruh Perencanaan Anggaran Dan Evaluasi Anggaran Terhadap Kinerja Organisasi Dengan Standar Biaya Sebagai Variabel Moderating Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, II(1), 1–21.
Imanuel, B. H., & Tanoto, S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT Hastaco Tour and Travel. Agora, 7(1), 1–8.
Mawey, claudia T., Tumbel, L. A., & Ogi, J. W. I. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Sulutgo. Jurnal EMBA, 6(3), 2303–1174. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20106
Mongi, L., Mananeke, L., & Repi, A. (2013). Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 2336–2346. https://doi.org/10.1055/s-0032-1328522
Pinontoan, W. (2013). Pengaruh E-banking, Kualitas Pelayanan, Kualitas Komunikasi dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah pada Pt. Bank mandiri Cabang Manado. Jurnal EMBA, Vol 1, No(4), 192–201.
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–22.
Setyawan, Y. N., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Kepercayaan , Jaminan Rasa Aman , dan Aksesbilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–8.
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.
Yafie, A. S., Suharyono, & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 35(2), 11–19. https://doi.org/10.35137/jmbk.v5i3.160
Published
2022-01-03
How to Cite
AKRI, Peri; EDYSON, Edyson; SUYONO, Suyono. PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CV MITRA MATRA MANDIRI PEKANBARU. LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 74-86, jan. 2022. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/article/view/1832>. Date accessed: 07 dec. 2022.