ANALISA PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN INDOMIE DI KOTA PEKANBARU
Abstract
This study aims to analyze how the influence of Product Quality, Price, Promotion and Halal Label on purchasing decisions of indomie instant noodles. The population in this study is not known with certainty so that the sampling technique uses Accidental Sampling on 100 respondents randomly using a questionnaire. Primary data was obtained from the results of respondents' answers through questionnaires while secondary data was obtained from companies, books and research journals. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis with the F test and t test to determine the joint effect and partial effect between the variables studied. The test results show that product quality has a significant effect on purchasing decisions, price has no significant effect on purchasing decisions, promotions have no significant effect on purchasing decisions and halal labels have a significant effect on purchasing decisions.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Label Halal terhadap keputusan pembelian mie instan indomie. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui pasti jumlahnya sehingga teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling pada 100 responden secara acak dengan menggunakan penyebaran kuesioner. Data primer diperoleh dari hasil jawaban responden melalui angket sedangkan data sekunder diperoleh dari perusahaan,buku dan jurnal penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan pengaruh parsial antara variabel yang diteliti. Hasil pengujian menunjukkan Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian , Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan Label halal berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian.
References
Apri F. A. (2013). Pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek indomie dikelurahan karya kecamatan tampan pekanbaru.
Armstrong, K. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition” , England : Pearson Education, Inc.
Devy, S. dan N. A. B. S. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada PT. Rotella Persada Mandiri. Journal Of Management Science, 1, 18–23.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17–32.
Harahap, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Sedap Pada Mahasiswa Asrama Putri Universitas Sumatera Utara.
Harahap, R. S. . (2020). Pengaruh label halal terhadap keputusan masyarakat membeli produk makanan dan minuman (Studi Kasus Lingkungan VI Kelurahan Nangka Binjai Utara). Jurnal Ekonomi Islam, 2, 354–376.
Hasan ma’ruf. (2015). Pengaruh kualitas produk, harga, citra merek dan iklan terhadap keputusan pembelian Yamaha motor matic di purwodadi ( studi pada konsumen penggunaan produk Yamaha motor matic di purwodadi).
Husada, F. R. K. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sophie Martin (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Surabaya).
Kelvin Prilano. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan pembelian online Lazada.
Kotler,P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip -Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler. (2012). Marketing Mangement. New Jersey: Prentic Hall.
Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Muchmma d Chusnul. (2013). Pengaruh Kemasan, Harga dan Promosi terhadap Keputusan pembelian konsumen kripik paru UMKM Sukarejo Kedal.
Peter, j Paul & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat. 204.
Philip, K., & Gary, A. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. (13th, Jilid ed.).
Philip, K., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajgement Edition 15th.
Ratnaningrum. (2016). Pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen dalam pembelian bahan bakar minyak jenis pertalite di Kota Baru.
Sari, Y. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Survei Pada Pengguna Kosmetik Dikota Jambi) . Skripsi.
Silvia Buyung, S. L. dan J. S. . (2016). Pengaruh Citra merek, Kualitas produk dan Harga terhadap keputusan pembelian Produk semen tiga roda di toko Lico. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 376–386.
Sinurat, R., & Sinurat, J. (2020). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Instan Merek Sedap di Desa Medan Estate. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17 (2), 191–197.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan RnD. Alfabeta.
Sumadi. (2016). peranan kepercayaan kepada penjual dan label halal terhadap minat beli daging halal. Jurnal Manjemen Dan Bisnis, 1(2), 120–130.
Tri Widodo. (2015). Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Indomie.
Warasto, H. N. (2018a). Analisa Pengaruh Citra Merek,Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur). JURNAL SeMaRaK, 1(1), 1–12.
Warasto, H. N. (2018b). Analisa Pengaruh Citra Merek,Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur). JURNAL SeMaRaK, 1(1),1-12.
Wayan Adi Virawan. (2013). Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian (Studi pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Pengguna Helm Merek INK).
Wulandari, N. T., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2021). Pengaruh citra merek, kualitas produk, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian. 10 (2), 94–100.
Yohanes Dwi Kurniawan. (2017). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Matic (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kampus I Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).