PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KENYAMANAN DAN RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL (E-WALLET) PADA MASYARAKAT KOTA PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, kenyamanan dan resiko terhadap keputusan menggunakan Dompet Digital (E-wallet) pada masyarakat kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat pada Kecamatan dengan jumlah penduduk tiga terbanyak di Kota Pekanbaru, Riau yang berjumlah sebanyak 374.260 jiwa yang pernah menggunakan dompet digital (e-wallet). Metode pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan dan resiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan Dompet Digital (E-wallet). Sedangkan kenyamanan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan menggunakan Dompet Digital (E-wallet).
References
Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 4(3), 399–409. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3.121
Arta, T. L. F., & Azizah, S. N. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food dalam Aplikasi Gojek. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 2(2), 291–303. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.478
Badrudin. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Alfabeta.
Badan Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Penerbit Universitas Diponegoro.
Databoks.katadata.co.id, 2021. (n.d.). Alasan Penggunaan E-Wallet Tahun 2021.
Dirwan. (2022). Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking dari Sisi Kemudahan, Manfaat dan Kenyamanan. Seiko: Journal of Management & Business, 5(1), 323–332.
Fajrin. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Ovo. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(2), 201–223. https://doi.org/10.21009/jrmsi.011.2.01
Hadiyati. (2017). Pengantar Manajemen. Unilak Press.
Harseno, D. F. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan E-Wallet Di Indonesia. Business Information Systems Journal. https://journal.ugm.ac.id/abis/article/view/70384
Iliyin, A., & Widiartanto. (2020). Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan OVO PT Visionet Data Internasional ( Studi Pada Pengguna Ovo Di Kota Surakarta ). Jurnal Fisisp, Universitas Diponegoro.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.612
Linkaja, A., & Jakarta, T. (2022). 277 | Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 2 No.2 April 2022. 2(2), 277–285.
Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik ( QRIS ) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 1–9.
Nurmansyah. (2018). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia, Konsep,Teori,Penelitian. Unilak Press.
Ojk.go.id. (2021). Alat Pembayaran makin berkembang,Traksaksi mudah,Makin bijak Mengelolanya.
Populix.com, D. i. 2018-2021 dan K. T. dari. (n.d.). Presentase Jumlah Pengguna E-Wallet Tahun 2018-2022.
Pribadi, A., & Gunawan, R. (2020). Analisis Pengaruhi Kemudahan, Risiko, Fitur Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Pengguna Internet Banking (Studi Kasus Bri Syariah Pusat). Jurnal Visionida, 6 (2), 64. https://doi.org/10.30997/jvs.v6i2.3508
Prihatini, D. N., & Hidayati, L. L. A. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Transportasi. Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing OfModern Technology, 505–517.
Rahmadi, A. N. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Sport Center (Studi Kasus Mensana Sport Center Futsal Kediri). Jurnal Kompilek, 7(1), 37–45. https://journal.stieken.ac.id/index.php/kompilek/article/view/149
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. Y. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet. Econbank: Journal of Economics and Banking, 2(2), 157–168. https://doi.org/10.35829/econbank.v2i2.100
Regita, A. (2020). Analisis Pengaruh Kenyamanan, Kepercayaan serta Fitur Layanan Terhadap Keputusan Menggunakan Internet Banking pada BRIS KC A Rivai Palembang. 17–64.
Rizky, N. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Dalam Bertransaksi Pada Umkm Di Kecamatan Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 9(2), 191–202.
Rodiah, S., & Sari Melati, I. (2020). terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 66(2), 66–80. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee
Safriudin, M., Jauhari, H., & Lisnini. (2021). Pengaruh Ketepatan Waktu, Akurasi, Kesopanan, Kemudahan, Kenyamanan, dan Atribut Pendukung terhadap Keputusan Menggunakan GrabCar. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(6), 298–302.
Savitri, A., & Purwanti, I. (n.d.). Pengaruh Kepercayaan , Manfaat dan Risiko Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih E-Wallet ( Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan ). 1, 194–201.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. CV.ANDI OFFSET.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Tasikmalaya.
Sunyoto. (2014). Makro Ekonomi. Rajawali Press.
Swastha D. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE.
Tri Anggono, B. N., . I., & A B, S. H. (2020). Persepsi Kemudahan, Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 144–153. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.144-153
Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 54–68. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.756.
Wisnu Laksono, S., Zaini, O. K., & Irawan, A. W. (2020). Analisis Faktor-Faktor Keputusan Mahasiswa/I Pengguna Dompet Digital (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan) https://jom.unpak.ac.id/index.php/ilmumanajemen/article/view/1503/1220.