PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU DI SMK KEUANGAN PEKANBARU
Abstract
This research aims to analyze the effect of Spiritual Intelligence and Emotional Intelligence on teacher motivation and teacher performance at the Pekanbaru Financial Vocational School. This research is quantitative research by distributing questionnaires to respondents. The population in this study was all 59 SMK Finance employees. The sample selection method in this study used the census method, so the sample in this study consisted of 59 respondents. Data analysis uses Structural Equation Modeling (SEM) using the SmartPLS 3.0 application. The results of this study indicate that Spiritual Intelligence has no significant effect on teacher motivation, Emotional Intelligence has a positive and significant effect on teacher motivation, Spiritual Intelligence has a positive and significant effect on Teacher Performance, Emotional Intelligence has no significant effect on teacher performance and Teacher Motivation has a positive and significant effect on Teacher performance in Financial Vocational Schools.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional terhadap motivasi guru dan kinerja Guru di SMK Keuangan Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMK Keuangan Pekanbaru yang berjumlah 59 orang. Metode pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode sensus, sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 59 responden. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan Spiritual tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi guru, Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi guru, Kecerdasan Spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dan Motivasi Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Guru di SMK Keuangan.
References
Busro, Muhammad. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia.
Jakarta: Prenadameidia Group.
Danim, Sudarman. 2008. Kinerja Staf Dan Organisasi. Bandung: Pustaka Setia. Darmawan, Didit. 2016. “Peranan Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi Dan
Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja.” Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia 2(3):97–106. doi: 10.31227/osf.io/e32dz.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.
Gibson, Ivancevich, and Donnelly. 2002. Organisasi Perilaku Struktur Proses.
5th ed. Jakarta: Erlangga.
Hafni, Layla, Budiyanto, and Suhermin. 2022. Kajian Teoritis Kepuasan Kerja Dan Kinerja Dosen Di Perguruan Tinggi Dalam Konteks Spritualitas Organisasi. edited by Priyono, T. Chandra, and C. I. Gunawan. Malang: CV. IRDH.
Handoko, T. Hani. 2016. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Hariandja, Marihat Tua Efendi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia.
Jakarta: Grasindo.
Hartini, Rahmawati, and Erny Amriani Asmin. 2021. “Motivasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Manajemen 12(1):52. doi: 10.32832/jm-uika.v12i1.3950.
Haryono, Siswoyo. 2017. Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen Dengan AMOS LISREL PLS. Jakarta: Luxima Metro Media.
Hasibuan, Malayu S 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Herlina, Happy Fitria, and Yenni Puspita. 2020. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru.” Journal of
Education Research 1(3):276–82. doi: 10.37985/joe.v1i3.21.
Hermingsih, Anik, and Desti Purwanti. 2020. “Pengaruh Kompensasi Dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi.” Jurnal Dimensi 9(3):574–97.
Hidayat, Taufik, Hasrudy Tanjung, and Azuar Juliandi. 2020. “Motivasi Kerja, Budaya Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Pada SMK Muhammadiyah 3 Aek Kanopan.” Jurnal Manajemen Bisnis 17(2):189. doi:10.38043/jmb.v17i2.2363.
Indrastuti, Sri. 2022. Manajemen Sumber Daya Manusia Stratejik. Revisi. edited by A. R. Tanjung. Pekanbaru: UR Press Pekanbaru.
Karakus, Mehmet, and Battal Aslan. 2009. “Teachers’ Commitment Focuses: A Three-Dimensioned View.” Journal of Management Development 28(5):425–38. doi: 10.1108/02621710910955967.
Kaswan. 2017. Psikolgi Industri Dan Organisasi. Bandung: Alfabeta. Kompasiana. 2015. “Antara Guru Metropolitan Dan Guru Pelosok Desa.” Retrieved March 10, 2022
(https://www.kompasiana.com/juliana.ulfa/54f804b1a333116a608b492a/anta ra-guru-metropolitan-dan-guru-pelosok-desa).
Kusdyah, Ike Rachmawati. 2008. Manejemen Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta: Andi.
Latifah, Nunuk. 2015. “Pengaruh Karakteristik Individu, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada AMPINDO (Akademi Manajemen Perpajakan Indonesia) Blitar.” Jurnal Revitalisasi 04(01):67–77.
Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. 10th ed. Yogyakarta: Andi.
Manery, B. Richard, Victor PK Lengkong, and Regina T. Saerang. 2018. “The Effect of Organizational Commitment and Organizational Culture on Employee Performance of Bkdpsda in Halmahera Utara Regency.” Jurnal EMBA 6(4):1968–77.
Mangkunegara, A. .. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Meilasari, Lili E. Lucky, Ryani Dhyan Parashakti, Justian Justian, and Efa Wahyuni. 2020. “Pengaruh Kompensasi, Beban Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru.” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 1(6):605–19. doi: 10.31933/jimt.v1i6.296.
Narsih, Dwi. 2017. “Pengaruh Kompetensi Dan Kepuasaan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smkn 23 Jakarta Utara.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi 1(1):94–102.
Nawawi, Hadari. 2008. Perencanaan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nitisemito, Alex S. 2001. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia.
Nugraha, Dion Alan, Banuara Nadeak, Nelly Martini, and Dede Jajang Suyaman. 2022. “Pengaruh Pengembangan Karir Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja Yang Berdampak Pada Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Barat.” At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen 6(1):81. doi: 10.31602/atd.v6i1.5886.
Nuriyah, Sinta, Nurul Qomariah, and Trias Setyowati. 2021. “Pengaruh Pengembangan Karir, Lingkungan Kerja Dan Dsisplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Puskemas Padang.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) 5(3):494–512.
Pala’langan, Alvin Yuwono. 2020. “Pengaruh Servant Leadership, Disiplin Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Xyz.” Universitas Pelita Harapan. 9(2):223–31.
Priansa, Donni Juni. 2014. Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Putra, Rizaldi, Nyoto, Suyono, and Evi Wulandari. 2019. “Pengaruh Motivasi, Pelatihan, Budaya Organisasi, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Di Smk Negeri Kota Pekanbaru.” Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen 7(3):328–43.
Ratnasari, Sri Langgeng, Elida Putri Sinaga, and Moch Aminudin Hadi. 2021. “Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Disiplin Kerja, Komitmen Organisasional, Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 5(2):128–127.
Ratnasari, Sri Langgeng, Gandhi Sutjahjo, Ervin Nora Susanti, Rona Tanjung, and Widodo Ismanto. 2021. “Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja.” Manajemen Pendidikan 16(1):1–12. doi: 10.23917/jmp.v16i1.11149.
Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan.
Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Rizal, Anis Syamsu. 2019. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru Smp.” Jurnal Ulul Albab 23(1):15. doi: 10.31764/jua.v23i1.658.
Ruky, Achmad S. 2006. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Gramedia.
Sardiman. 2018. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Sari, Tika Nirmala. 2019. “Bagaimana Kompensasi Mempengaruhi Motivasi Dan Kinerja Guru.” Accumulated Journal 1(1):48–57.
Setianigsih, Wiwin, and Mukhtar Abdul Kader. 2018. “Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Ilmu Manjemen 5(20):313–20.
Siagian, Sondang P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. 3rd ed. Yogyakarta: STIE YKPN.
Suastina, I. Gusti Putu BagusBagus, I. Wayan Nuada, Muhammad Faezal, Syarifah Massuki Fitri, and Herry Syafhariawan. 2021. “Pengaruh Motivasi , Pelatihan , Disiplin Dan Pengembangan Karir Terhadap.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 07(02):105–12.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sulistiyani, Ambar T., and Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sunarsi, Denok. 2020. Panduan Meningkatkan Kinerja Dan Kepuasan Guru. Banten: Desanta Muliavisitama.
Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suwardi, and Joko Utomo. 2011. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Analisis Manajemen 5(1):75–8