PENGARUH KOMPETENSI, PENGEMBANGAN KARIR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN KINERJA GURU APARATUR SIPIL NEGARA SMA NEGERI DI KECAMATAN TUAH MADANI DAN KECAMATAN BINA WIDYA PEKANBARU
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of Competence, Career Development and Emotional Intelligence on the Commitment and Performance of ASN Teachers in SMA Tuah Madani and Widya Districts. The population in the study were all ASN Teachers in Tuah Madani District and Bina Widya District, totaling 76 people. The sample collection technique is the saturated sample method. This data analysis uses Structural Equation Modeling (SEM) using the SmartPLS application. The results showed that the Organizational Commitment variable had a significant effect on Performance. Competency variables have a significant effect on Organizational Commitment, Career Development variables have a significant effect on Organizational Commitment. Emotional Intelligence variables have a significant effect on Organizational Commitment, Competency variables have a significant effect on Performance. The Career Development variable has no effect and is significant to performance, the Emotional Intelligence variable has no significant effect on the quality of Performance.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kompetensi, Pengembangan Karir dan Kecerdasan Emosional terhadap Komitmen dan Kinerja Guru ASN di SMA Kecamatan Tuah Madani dan Widya. Populasi dalam penelitian adalah seluruh Guru ASN yang ada di Kecamatan Tuah Madani dan Kecamatan Bina Widya yang berjumlah 76 Orang. Teknik pengumpulan sampel adalah metode sampel jenuh. Analisis data ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Komitmen Organisasi berpengaruh dan signifikan terhadap Kinerja. Variable kompetensi berpengaruh signifikan terhadap Komitmen Organisasi, variable Pengembangan Karir berpengaruh dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi. Variabel Kecerdasan Emosional berpengaruh signifikan terhadap Komitmen Organisasi, variabel Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja. Variabel Pengembangan Karir tidak berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja, variabel Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas Kinerja.
References
Ali, Khodijah Muhammad, Martin, and Nurhatatti Fuad. 2019. “Pengaruh Etika Kerja Islam Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 7(2):148–59. doi: 10.21831/amp.v7i2.25776.
Barata, Juliahir. 2020. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kompensasi Terhadap Komitmen Organisasi Pegawai Sekolah Bina Bhakti Kubu.” Jurnal Ekonomi Integra 10(2):146–63. doi: 10.51195/iga.v10i2.143.
Busro, Muhammad. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadameidia Group.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.
Handoko, Dicky Surya, and MUis Fauzi Rambe. 2018. “Pengaruh Pengembangan Karir Dan Kompensasi Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 1(1):31–45. doi: 10.30596/maneggio.v1i1.2238.
Hartini, Rahmawati, and Erny Amriani Asmin. 2021. “Motivasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Manajemen 12(1):52. doi: 10.32832/jm-uika.v12i1.3950.
Herlina, Happy Fitria, and Yenni Puspita. 2020. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru.” Journal of Education Research 1(3):276–82. doi: 10.37985/joe.v1i3.21.
Hidayat, Taufik, Hasrudy Tanjung, and Azuar Juliandi. 2020. “Motivasi Kerja, Budaya Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Pada SMK Muhammadiyah 3 Aek Kanopan.” Jurnal Manajemen Bisnis 17(2):189. doi: 10.38043/jmb.v17i2.2363.
Karakuş, Mehmet, and Battal Aslan. 2009. “Teachers’ Commitment Focuses: A Three-Dimensioned View.” Journal of Management Development 28(5):425–38. doi: 10.1108/02621710910955967.
Kaswan. 2017. Psikolgi Industri Dan Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Malik, Abdul, and Rubyah Hutomo. 2017. “Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Dimediasi Komitmen Organisasi Di SMK Cordova Margoyoso Kabupaten Pati.” Jurnal Visi Manajemen 2(1):53–65.
Mangkunegara, A. .. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Minarsih, Iis Wahyu, Amin Wahyudi, and Lamidi. 2016. “Pengaruh Kompensasi Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Motivasi Kerja Sebagai Varibael Moderasi ( Survei Pada Guru Di SMA Dan SMK Swasta Kecamatan Gondang Sragen).” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan 16(Khusus):124– 31.
Mutakin, Tatan Zaenal. 2015. “Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan Latar Belakang Terhadap Kinerja Guru.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(2):145–56. doi: 10.30998/formatif.v3i2.122.
Narsih, Dwi. 2017. “Pengaruh Kompetensi Dan Kepuasaan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smkn 23 Jakarta Utara.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi 1(1):94–102.
Nuriyah, Sinta, Nurul Qomariah, and Trias Setyowati. 2021. “Pengaruh Pengembangan Karir, Lingkungan Kerja Dan Dsisplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Puskemas Padang.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) 5(3):494–512.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014
Prasetyono, Hendro, and Ira Pratiwi Ramdayana. 2020. “Pengaruh Servant Leadership, Komitmen Organisasi Dan Lingkungan Fisik Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 8(2):108–23. doi: 10.21831/jamp.v8i2.28458.
Priskila, Resia, and Mei Ie. 2021. “Pengaruh Perkembangan Karier Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi.” Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 3(2):453. doi: 10.24912/jmk.v3i2.11892.
Ratnasari, Sri Langgeng, Gandhi Sutjahjo, Ervin Nora Susanti, Rona Tanjung, and Widodo Ismanto. 2021. “Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja.” Manajemen Pendidikan 16(1):1–12. doi: 10.23917/jmp.v16i1.11149.
Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan.
Ruky, Achmad S. 2006. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Gramedia.
Sari, Pipi Ida, Marbawi Marbawi, and Murhaban Murhaban. 2020. “Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Smk 1 Lhoksukon.” J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia) 4(2):67. doi: 10.29103/j-mind.v4i2.3377.
Sari, Tika Nirmala. 2019. “Bagaimana Kompensasi Mempengaruhi Motivasi Dan Kinerja Guru.” Accumulated Journal 1(1):48–57.
Setianigsih, Wiwin, and Mukhtar Abdul Kader. 2018. “Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Ilmu Manjemen 5(20):313–20.
Suastina, I. Gusti Putu BagusBagus, I. Wayan Nuada, Muhammad Faezal, Syarifah Massuki Fitri, and Herry Syafhariawan. 2021. “Pengaruh Motivasi , Pelatihan , Disiplin Dan Pengembangan Karir Terhadap.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 07(02):105–12.
Suryatiningsih, and Tonny Hendratono. 2017. “Pengaruh Kepuasan Gaji, Pengembangan Karir Guru Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Pengubah Pengantara.” Journal of Business & Applied Management 10(02):161–80. doi: 10.30813/jbam.v10i02.935.
Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suwardi, and Joko Utomo. 2011. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Analisis Manajemen 5(1):75–86.
Teneh, Farly C. .., Bernhard Tewal, and Hendra N. Tawas. 2015. “Analisis Peran Kepemimpinan, Keadilan Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Dan Kinerja Pegawai Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Sulawesi Utara.” Jurnal EMBA 3(4):55–67.
Wardhani, Roro Aditya Novi, and Shendy Andrie Wijaya. 2020. “Pengaruh Kompetensi Terhadap Pengembangan Karir Dan Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri Di Kota Jember.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12(1):148. doi: 10.23887/jjpe.v12i1.24797.