PENGARUH GAYA HIDUP, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK INDOMIE PADA MASYARAKAT DI KOTA PEKANBARU

  • Cardy Surya Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Jennifer Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Pamuji Hari Santoso Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Peri Akri Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Ivalaina Astarina Institut Teknologi Dan Bisnis Indragiri
Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Customer loyalty is a very important factor for the existence, continuity and development of the company. Company must be able to provide satisfaction to customers. To gain customer loyalty, companies must develop a sense of trust in the brand itself. And companies have to build a good brand and fostering a positive image for the company that will lead to a sense of trust in a brand. This study aims to determine the influence of lifestyle, brand image, brand trust, and customer satisfaction on the customer loyalty of indomie product in Pekanbaru City. The sampling technique is using purposive sampling with totaling 200 people (114 men and 86 women). The analysis techniques used in this study were validity test, reliability test, classical assumption, F test, coefficient, determination, multiple regression test, and T test with the help of SPSS version 22. The result of this study indicate that Lifestyle, Brand Image, Brand Trust, and Customer Satisfaction has a positive and significant effect on Customer Loyalty of Indomie Product in Pekanbaru City.


Loyalitas pelanggan merupakan faktor yang sangat penting bagi keberadaan, keberlangsungan dan perkembangan perusahaan. Perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Untuk mendapatkan loyalitas pelanggan, perusahaan harus mengembangkan rasa kepercayaan terhadap merek itu sendiri. Dan perusahaan harus membangun merek yang baik dan menumbuhkan citra positif bagi perusahaan yang akan menimbulkan rasa percaya terhadap suatu merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, citra merek, kepercayaan merek, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan produk indomie di Kota Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 200 orang (114 laki-laki dan 86 perempuan). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji F, uji koefisien determinasi, uji regresi berganda, dan uji T dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Hidup, Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan produk Indomie pada masyarakat di Kota Pekanbaru.

References

Adam Rudzewicz, A. S. R. 2021. The Influence of Brand Trust on Consumer Loyalty. EUROPEAN RESEARCH STUDIES JOURNAL, 454–470. https://doi.org/10.1108/eum0000000006475
Andervazh, L., Gaskari, R., Tarakmeh, S., & Vafazadeh, S. 2013. The Influence of Brand Trust and Customer Satisfaction on Customer Loyalty by SEM. J. Basic. Appl. Sci. Res, 3(9), 687–693. www.textroad.com
Anis Satunisa. 2017. Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kepercayaan Merek Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek My Salon di Kota Gresik. STIE Perbanas Surabaya.
Apriliani, R. A. E. 2019. Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo). Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 112–121. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.687
Cintya, D. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Produk “Supermi” di Kecamatan Genuk Semarang). Skripsi, 106.
Darmianti, M., & Prabawani, B. 2019. Pengaruh Gaya Hidup Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Pada Konsumen Klinik Kecantikan Larissa Aesthetic Center Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (JIAB), 8(4), 287–299. http://doi.org
Dedi Joko Hermawan, M.Syarif Hidayahtullah Elmas, N. 2021. Membentuk Loyalitas Pelanggan pada Kedai Babalati Kota Probolinggo. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi …, 7(2), 113–125. https://www.ejournal.inzah.ac.id/index.php/iqtishodiyah/article/view/563%0Ahttps://www.ejournal.inzah.ac.id/index.php/iqtishodiyah/article/download/563/478
Dharma, R. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, 6(2), 349–359.
Dharmmestha, Basu Swastha, & I. S. 1993. Pengantar Bisnis Modern. Jakarta : Liberty. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v27i2.268
Fanny Gilang Pratama. 2017. Pengaruh Perceived Value, Citra Merek, Dan Gaya Hidup Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Iphone di Kota Malang).
Florensius Pureklolong. 2017. Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi kasus pada Sipink Tatto Studio Yogyakarta). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Gadau, M. 2016. Pengaruh citra merek (brand image) terhadap loyalitas konsumen. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen, 1–152.
Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Khotimah, L. K. 2017. Pengaruh Kepercayaan Merek, Kepuasan Konsumen, Dan Switching Cost Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Handphone Merek Samsung Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Jember). 1–16.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Lutvianti, Tri Palupi Robustin, M. T. 2019. Kontribusi Brand Image, Brand Trust, Dan Customer Satisfaction Dalam Menciptakan Customer Loyalty Pada Produk Indomie Di Kabupaten Lumajang. 2(July), 618–627. http://scholar.unand.ac.id/21652/3/BAB V PDF.pdf
Nana Dyki Dirbawanto, & Endang Sutrasmawati. 2016. Pengaruh Customer Experience Dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty. 5(1), 70–76.
Pamungkas, P. A., & Guridno, E. 2019. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Loyalitas Pengguna Motor Vespa Di Jakarta Selatan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(1), 86–97. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i1.646
Raka Aditya Rivandi. 2021. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Provider Telkomsel (Studi Kasus Pada GraPari Telkomsel Bekasi Cyber Park).
Rotinsulu, Zera Harahap, Agus Supandi Soegoto, J. J. 2014. Citra Merek, Ekuitas Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Indomie Dikecamatan Malalayang 1 Barat Manado. Igarss 2014, 2(1), 1–5.
Ruijin Zhang, Yunchang Zhang, X. L. P. . 2010. Service Quality, Customer Satisfaction and Customer Loyalty of Mobile Communication Industry in China. Journal of Global Academy of Marketing Science 20(3):269-277.
Şahin, A., Zehir, C., & Kitapçi, H. 2011. The effects of brand experiences, trust and satisfaction on building brand loyalty; an empirical research on global brands. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 24, 1288–1301. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.09.143
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi”.Yogyakarta:Andi.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta.
Sumadi & Soliha. 2015. the Effect of Bank Image and Trust on Loyality Mediated By Customer Satisfaction. Jurnal Dinamika Manajemen, 6(2), 121–132. https://doi.org/10.15294/jdm.v6i2.4301
Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. 2020. Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201
Supranto, L. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 2. Mitra Wacana Media. Jakarta.
Wei Jiao Zhou, Qiao Qin Wan, Cong Ying Liu, Xiao Lin Feng, S. M. S. 2017. Determinants of patient loyalty to healthcare providers: An integrative review. International Journal for Quality in Health Care, 29(4), 442–449. https://doi.org/10.1093/intqhc/mzx058
Zixun Peng, E. B. 2016. Foreign brand image, culture, customer loyalty: A study on Chinese young customers. Global Fashion Conference: Stockholm …, 978–989. https://www.researchgate.net/profile/Eirini_Bazaki/publication/346577399_Foreign_brand_image_culture_customer_loyalty_A_study_on_Chinese_young_customers/links/5fc8312e45851568d1364aa5/Foreign-brand-image-culture-customer-loyalty-A-study-on-Chinese-young-c
Published
2024-11-13
How to Cite
SURYA, Cardy et al. PENGARUH GAYA HIDUP, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK INDOMIE PADA MASYARAKAT DI KOTA PEKANBARU. LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 363-375, nov. 2024. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/article/view/4773>. Date accessed: 14 dec. 2024.