PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DEVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
ABSTRACTThis study aims to analyze the effect of Liquidity, Profitability, Leverage and Corporate Social Responsibility (CSR) on Firm Value with Dividend Policy as a moderating variable. The population used in this study are mining sector companies that have been listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2015 – 2020. In this study, the sample companies obtained and meeting the criteria were 112 financial statement data which after going through the normality test became 71 observations. The sampling method used in this research is purposive sampling. The data analysis used is descriptive statistics, classical assumption test, multiple linear regression and hypothesis testing with pure moderator interaction technique. The results of this study indicate that liquidity has a positive effect on firm value, profitability has a positive effect on firm value, leverage has a negative effect on firm value, and Corporate Social Responsibility (CSR) has a positive effect on firm value. Meanwhile, dividend policy is not able to moderate the effect of Liquidity, Profitability, Leverage and Corporate Social Responsibility (CSR) on Firm Value.
Keywords: Liquidity, Profitability, Leverage, Corporate Social Responsibility (CSR), Firm Value, Dividend Policy
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Deviden sebagai variabel moderasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015 – 2020. Pada penelitian ini sampel perusahaan yang diperoleh dan memenuhi kriteria adalah 112 data laporan keuangan yang setelah melalui uji normalitas menjadi 71 observasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan teknik interaksi pure moderator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sementara itu, kebijakan deviden tidak mampu memoderasi pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan.
Kata Kunci: Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai Perusahaan, Kebijakan Deviden.
References
Abdillah, Andianto. 2013. “Analisis Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Di BEI Periode 2009-2012”. Semarang : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.
Ahmar dan Kurniawan, 2007. “Analisis Profitabilitas Sebelum dan Sesudah Pemenuhan Corporate Governance pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Jakarta,” Jurnal MAKSI. Vol 7 N0 3, Agustus.
Aldi, M.F., Erlina., & Amalia, K. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora Vol. 4.
Andika, B., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Journal of Economics and Business, 5(1), Maret 2021, 149-157.
Anthony, R.N. dan V. Govindarajan. 1995. Manajement Control System. Eight Edition. International Student Edition . Richard D. Irwin Inc. U.S.A.
Ardimas, W., dan Wardoyo. (2014). Pengaruh kinerja keuangan dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada bank go public yang terdaftar di BEI. Seminar Nasional dan Call for Paper (Sancall 2014): Research Methods and Organizational Studies, 231-238.
Artati, D. W. I. (2020). Pengaruh Return on Assets, Size dan Current Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Deviden. JBMA, VII(1), 111– 131.
Aslindar, D. A., dan Lestari, U. P. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Peluang Pertumbuhan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Dinamka Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. Vol. 9. No.1. Universitas Selamat Sri Kendal, Indonesia.
Bambang Riyanto. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE, Yogyakarta.
Bergevin, Peter M. 1984. Analisis Laporan Keuangan. AS: Richard D. Irwin, Inc. Brigham dan Houston. 2006.
Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.
Brigham E. F., Gapenski C. Louis, Daves R. Phillip.1999. Intermediate Financial Management. Sixth Edition, The Dryden Press Brace College Publisher.
Brigham, E.F. dan Gapenski, Louis. 1996. Intermadiate finance management. (5th ed). Harbor Dlrive: Lthe Dryden Press.
Brigham, Eugene F, dan Houston Joel F. 2001. “Manajemen Keuangan”. Edisi 8. Jakarta: Erlangga.
Chukck, William, Manajemen, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta 2001.
Coombs, W. T., & Holladay, S. J. (2012). Managing CSR: A communication approach. New Jersey: Wiley- Blackwell.
Della, T. & Junnardi. (2020). Pengaruh Likuiditas, Firm Growth, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara / Vol.2 Edisi Oktober 2020 : 1460 – 1468.
Dendawijaya, Lukman. (2009). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Dian, F., dan Lidyah, R. (2013). Pengaruh corporate social responsibility, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusi terhadap nilai perusahaan tambang batu bara yang terdaftar di BEI. Journal of Accounting STMIK Mpd - STIE Mpd, 1-10.
Dwiastuti, D. S., & Dillak, V. J. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. JURNAL ASET (AKUNTANSI RISET), 11 (1), 2019, 137-146.
Eisenhardt, M. Kathleen. (1989). Agency Theory: An Assessment and Review. The Academy of Management Review, vol.14, no.1, pp.57-74.
Fajriah, A. S. A. (2016). Peran Profitabilitas dalam Memediasi Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Skrips. Universitas Negeri Semarang.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21: Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Gitman, J. 2006. Principles of Managerial Finance, 10th edition.
Gordon, Myron and John Lintner. 1956. Distrribution of Income of Corporations Among Dividend, Retained Earning and Taxes. The American Economic Review.
Gujarati, Damodar, 2003, Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga.
Gunawan, B., & Utami, S. S. (2008, September). Peranan corporate social responsibility dalam nilai perusahaan.
Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7, 2, 174-185.
Gurnita, A., Hermanto., & Surasni, N. K. (2021). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Internasional Multikultural dan Pemahaman Multireligius Volume 8, Edisi 1.
Gustian, D. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Keputusan Investasi, dan Keputusan Pendanaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 5(2), 2635–5315.
Handriani, E., & Robiyanto, R. (2018). Corporate Finance and Firm Value in The Indonesian Manufacturing Companies. International Research Journal of Business Studies, 11(2), 113– 127. https://doi.org/10.21632/irjbs.11.2.113-127.
Hery. 2020. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Grasindo.
Husnan, Suad. (2001). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas Edisi Ketiga. UPP AMP YKPN, Yogyakarta
Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Financial Economics, 3(4), 305–360. https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026- X.
Karimzadeh, Majid, S.M Jawed Akhtar and Behzad karimzadeh. 2013. Determinants of Profitability of Banking Sector india, South Asia Paper (20) 211-219.
Keown, et al. 2000. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, ed.1, dialih bahasakan oleh Chaerul D. Djakman dan Dwi Sulistyorini, Salemba Empat, Jakarta.
Kotler, P & Lee, N. 2005. Corporate Social Responsibility : Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. John Wiley & Sons, Inc. New Jersey.
Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Diponegoro Journal of Accounting, 71-90.
LubisI. L., SinagaB. M., & Sasongko, H. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Likuiditlas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JAMB), 3(3), 458.
Mahardikari, A.K.W. (2021). Pengaruh Profitability, Liquidity, Leverage, Dividend Policy, Firm Size, dan Firm Growth terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 9 Nomor 2.
Mardiyati U., et al. 2012. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 3(1).
Mentalita, H., Muda, I., & Keulana. (2019). The Effect Of Liquidity, Profitability, Leverage And Corporate Social Responsibility On Company Value With Dividend Policy As A Moderating Variable. International Journal of Public Budgeting, Accounting and Finance, 2(1), 1-13.
Nugraha, R. A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Mirai Management, 370-377.
Odum, A. N., Chinwe, G., Omeziri, R. I., & Egbunike, C. F. (2019). Impact of Dividend Payout Ratio on the Value of Firm: A Study of Companies Listed on the Nigerian Stock Exchange. Indonesian Journal of Contemporary Management Research, 1(1), 25. https://doi.org/10.33455/ijcmr.v1i1.84.
Palupi, R. S. & Hendiarto, S. (2018). Kebijakan Hutang, Profitabilitasm, Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan Properti & Real Estate. Jurnal Ecodemica. Vol. 2, No. 2.
Prastuti, Rai Kadek Ni dan I Gede Merta Sudiartha,2016. Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Deviden, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. E- jurnal manajemen Unud.
Purwohandoko. (2009). Dasar - Dasar Manajemen Keuangan (Teori, Aplikasi dan kasus). Surabaya: Unesa University Press.
Putra, N.D.A., & Lestari, P.V. (2016). Pengaruh Kebijakan Deviden, Likuiditas, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud Vol.5, No.7.
Putri, S.S.P., & Wahyuningsih, E.M. (2021). Firm Size, Laverage, Profitabilitas, Likuiditas, Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Fakutas Ekonomika dan Bisnis UNMUL AKUNTABEL 18 (1), 2021 41-50.
Rika Nurlela dan Islahudin. (2008). “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating”(Studi Empiris Pada Perusahann Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi XI Pontianak 23-24 2008.
Saedah, Z. (2015). Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating (Studi pada perusahaan manufaktur di BEI periode tahun 2011-2013). Online Journals, 1-13.
Setiawati, L. W., & Lim, M. (2019). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Pengungkapan Sosial Terhadap Nilai Perusahaan. JURNAL AKUNTANSI, 12 (1), 29-57.
Sharma, S., Durand, R.M., Gur-Arie, O. (1981). Identification and Analysis of Moderator Variabel. Journal of Marketing Research. 18(3), 291-300.
Sitanggang, D. P., & Chusnah, F. N. (2020). Influence of Profitability, Leverage and Managerial Ownership on Firm Value with Corporate Social Responsibility as Moderation Variable. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia .
Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Jakarta : Salemba Empat. Sondakh, R. (2019). The Effect Of Dividend Policy, Liquidity, Profitability And Firm Size On Firm Value In
Financial Service Sector Industries Listed In Indonesia Stock Exchange 2015-2018 Period.
Accountability, 8(2), 91-101.
Spence, Michael. 1973. Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, Vol. 87, No. 3. (Aug., 1973),
pp. 355-374.
Sudana, I Made. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarya, I.P & Baskara, I.G.K. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 1.
Sunarto, S., Trijono, A. L., & Oktaviani, R. M. (2020). The Effect of Liquidity, Leverage, and Profitability on Company Value: The Moderating Effect of Dividend Policy. Talent Development & Excellence, 12, 3326 – 333.
Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi Keprilakuan. Gajah Mada University Press. Susanti, N. A. (2014). Evaluasi CSR terhadap nilai perusahaan. Online Journals, 1-17.
Vidarani, I. G., & Budiasih, I. A. (2019). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi Pengaruh Leverage dan Kepemilikan Manajerial Pada Nilai Perusahaan. e-Jurnal Akuntansi, 30(1), 147-162.
Weygandt, Paul D. Kimmel, Donald E. Kieso.2013. IFRS Edisi Akuntansi Keuangan. AS: John Wiley & Sons, Inc.
Wiagustini, Ni luh Putu. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Denpasar. Udayana University Press.
Wibowo , S., Yokhebed, & Tampubolon , L. D. (2016, Juli 28). Pengaruh CSR disclosure dan GCG terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2012-2014). Prosiding Seminar Nasional, 927-935.
Wolfensohn, J. 1999. Corporate Governance. Financial Times.
Wulandari, R., Wibowo, S., & Yunanto, A. (2020). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA) Volume 22 No 2 Tahun 2020.