ANALISIS KAPABILITAS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PERGURUAN TINGGI XYZ MENGGUNAKAN COBIT 2019

  • Rebecca La Volla Nyoto Universitas Lancang Kuning
  • Nyoto Nyoto Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 347 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 419 times

Abstract

Pengembangan teknologi informasi (TI), situasi pandemi COVID-19, serta himbauan pembelajaran daring ataupun jarak jauh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di tahun 2020 memacu pemanfaatan TI di dunia pendidikan. Salah satu perguruan tinggi XYZ di Kota Pekanbaru turut mengindahkan himbauan ini dan mengembangkan sistem informasi untuk menunjang proses bisnisnya di tengah pandemi. Penelitian ini berfokus pada penyelesaian evaluasi besaran kapabilitas tata kelola yang belum pernah dilaksanakan XYZ. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi posisi kapabilitas tata kelola TI bagi XYZ, serta dapat menjadi acuan penelitian serupa. Penelitian ini menggunakan metodologi campuran dan kerangka kerja COBIT 2019. Berdasarkan RACI chart COBIT 2019, dipilih seorang kepala pengelolaan TI beserta dua orang stafnya, dan seorang kepala kepegawaian sebagai responden. Hasilnya, ditemukan kapabilitas BAI02 berada pada level 2, APO04, APO07, BAI03, DSS01, DSS05 berada pada level 1, BAI11 dan DSS04 berada pada level 0, dimana keseluruhan capaian ini belum mencapai tingkat ekspektasi yang berada pada level 3. Beberapa saran rekomendasi terkait hasil temuan mencakup harus diupayakannya pembenahan pengelolaan proyek TI, pengelolaan kebutuhan SDM, peninjauan keamanan TI, dan rekomendasi lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguilar-Alonso, I., Caro, E.T., Carrillo Verdun, J., Barra Garcia, N.A., 2020. Factors Influencing the Implementation of IT Governance in Public Universities. Proc. - IEEE 2020 2nd Int. Conf. Adv. Comput. Commun. Control Networking, ICACCCN 2020 89–94. https://doi.org/10.1109/ICACCCN51052.2020.9362790
Ali, W., 2020. Online and Remote Learning in Higher Education Institutes: A Necessity in light of COVID-19 Pandemic. High. Educ. Stud. 10, 16. https://doi.org/10.5539/hes.v10n3p16
Atrinawati, L.H., Ramadhani, E., Fiqar, T.P., Wiranti, Y.T., Abdullah, A.I.N.F., Saputra, H.M.J., Tandirau, D.B., 2021. Assessment of Process Capability Level in University XYZ Based on COBIT 2019. J. Phys. Conf. Ser. 1803. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1803/1/012033
Diehl, C., Tavares, R., Abreu, T., Picaso, Margarida Almeida, A., Eduardo Silva, T., Santinha, G., Pacheco Rocha, N., Seidel, K., MacLachlan, M., G. Silva, A., Ribeiro, O., 2022. Perceptions on Extending the Use of Technology after the COVID-19 Pandemic Resolves: A Qualitative Study with Older Adults. Int. J. Environ. Res. Public Health. https://doi.org/. https://doi.org/10.3390/ijerph192114152
Efendi, R., 2020. Evaluasi E-Learning Flipped Classroom Menggunakan Delone Dan Mclean Model Information System Success. JOISIE (Journal Inf. Syst. Informatics Eng. 4, 112–120.
Gamil, Y., Rahman, A., 2022. Impact of Poor Communication on Dispute Occurrence in The Construction Industry: A Preliminary Exploratory Study of Yemen Construction Industry. Int. J. Constr. Manag. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/15623599.2022.2092388
ISACA, 2018a. Governance and Management Objectives, COBIT® 2019 Framework.
ISACA, 2018b. COBIT 2019 Framework Introduction and methodology.
Ishlahuddin, A., Handayani, P.W., Hammi, K., Azzahro, F., 2020. Analysing IT Governance Maturity Level using COBIT 2019 Framework: A Case Study of Small Size Higher Education Institute (XYZ-edu). 2020 3rd Int. Conf. Comput. Informatics Eng. IC2IE 2020 236–241. https://doi.org/10.1109/IC2IE50715.2020.9274599
Leidner, D.E., 2020. Editorial reflections: Lockdowns, slow downs, and some introductions. J. Assoc. Inf. Syst. 21, 264–267. https://doi.org/10.17705/1jais.00600
Lockee, B.B., 2021. Online education in the post-COVID era. Nat. Electron. 4, 5–6. https://doi.org/10.1038/s41928-020-00534-0
Mathase, E., Phahlane, D.M., Ochara, P.N.M., 2019. Review of IT Governance Frameworks Implementation in the Context of the South African Public Sector. 2019 Open Innov. Conf. OI 2019 351–355. https://doi.org/10.1109/OI.2019.8908178
Morris William Tangka, G., Tanny Liem, A., Yuan Mambu, J., 2020. Information Technology Governance Audit Using the COBIT 5 Framework at XYZ University. 2020 2nd Int. Conf. Cybern. Intell. Syst. ICORIS 2020. https://doi.org/10.1109/ICORIS50180.2020.9320803
Ningsih, S.R., Suryani, A.I., Darwas, R., Rahimullaily, 2022. Pengembangan Aplikasi E-Assigment Sebagai Media Evaluasi 6, 88–95.
Pujiantoro, Suwarno, Pramono, T., 2022. Implementasi Surat Edaran Kemendikbud.No. 20 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Work from Home (WFH). J. Indones. Sos. Sains 3, 1590–1600.
Pujilestari, Y., 2020. Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ADALAH 4, 49–56. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15394
Susanti, W., Noratama Putri, R., 2020. Penerapan Cloud Computing Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19. JOISIE J. Inf. Syst. Informatics Eng. 4, 56–61.
Tarman, B., 2020. Editorial: Reflecting in the shade of pandemic. Res. Soc. Sci. Technol. 5, i–iv. https://doi.org/10.46303/ressat.05.02.ed
Zawacki-Richter, O., 2021. The current state and impact of Covid-19 on digital higher education in Germany. Hum. Behav. Emerg. Technol. 3, 218–226. https://doi.org/10.1002/hbe2.238
Published
2023-07-01
How to Cite
NYOTO, Rebecca La Volla; NYOTO, Nyoto. ANALISIS KAPABILITAS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PERGURUAN TINGGI XYZ MENGGUNAKAN COBIT 2019. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 25-34, july 2023. ISSN 2527-3116. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/2885>. Date accessed: 30 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v7i1.2885.
Section
Articles