PERANCANGAN UI/UX APLIKASI OGAN LOPIAN DISKOMINFO PURWAKARTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

  • Ismail Adhiya Adha Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Azhari Ali Ridha Universitas Singaperbangsa Karawang
Abstract viewed = 2319 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 2543 times

Abstract

Keterlibatan pemerintah berperan aktif dalam memaksimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi melalui implementasi layanan E-Government. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik berbasis elektronik kepada masyarakat. Salah satu layanan E-Government yaitu Aplikasi Ogan Lopian yang merupakan inovasi dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang bertujuan untuk menghubungkan, memantau, menganalisis, dan mengendalikan sumber daya yang ada di wilayah tersebut agar dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Namun, penggunaan dari aplikasi Ogan Lopian memiliki permasalahan dari segi tampilan yang kurang menarik dan kaku, dari segi kegunaan yang kurang informatif dan user friendly. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan ulang User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada aplikasi Ogan Lopian agar adanya peningkatan dan evaluasi dari segi tampilan dan fitur dengan menggunakan Design Thinking yang mencakup tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Pendekatan Design Thinking untuk menciptakan sebuah inovasi baru dan menyelesaikan masalah dengan fokus pada kebutuhan pengguna. Pada tahapan Ideate terkumpul 6 permasalahan yang akan dibuatkan penyelesaian dengan desain baru. Peneliti melakukan pengujian terhadap 5 responden melalui usability testing. Setelah dilakukannya usability testing, responden akan diberikan penilaian usability dengan teknik System Usability Scale. Penilaian tersebut memperoleh nilai 93,5 dapat disimpulkan bahwa perancangan ulang pada aplikasi Ogan Lopian menggunakan metode design thinking mampu memberikan solusi dari permasalahan yang ada dan membuat pengguna lebih user friendly ketika menggunakan aplikasi.


Keterlibatan pemerintah berperan aktif dalam memaksimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi melalui implementasi layanan E-Government. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik berbasis elektronik kepada masyarakat. Salah satu layanan E-Government yaitu Aplikasi Ogan Lopian yang merupakan inovasi dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang bertujuan untuk menghubungkan, memantau, menganalisis, dan mengendalikan sumber daya yang ada di wilayah tersebut agar dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Namun, penggunaan dari aplikasi Ogan Lopian memiliki permasalahan dari segi tampilan yang kurang menarik dan kaku, dari segi kegunaan yang kurang informatif dan user friendly. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan ulang User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada aplikasi Ogan Lopian agar adanya peningkatan dan evaluasi dari segi tampilan dan fitur dengan menggunakan Design Thinking yang mencakup tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Pendekatan Design Thinking untuk menciptakan sebuah inovasi baru dan menyelesaikan masalah dengan fokus pada kebutuhan pengguna. Pada tahapan Ideate terkumpul 6 permasalahan yang akan dibuatkan penyelesaian dengan desain baru. Peneliti melakukan pengujian terhadap 5 responden melalui usability testing. Setelah dilakukannya usability testing, responden akan diberikan penilaian usability dengan teknik System Usability Scale. Penilaian tersebut memperoleh nilai 93,5 dapat disimpulkan bahwa perancangan ulang pada aplikasi Ogan Lopian menggunakan metode design thinking mampu memberikan solusi dari permasalahan yang ada dan membuat pengguna lebih user friendly ketika menggunakan aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, A. S., Budiono, N. R., Ratnasari, D., Hajar, R., & Sejati, P. (2023). Metode Design Thinking Untuk Perancangan UI / UX Pada Aplikasi Konsultasi Karir. 6.
Alam, N., Ariani, F., & Rizal, K. (2023). Penggunaan Metode Design Thinking untuk Perancangan UI / UX Aplikasi Rainbow Kids. 2(1).
Alfirahmi, D. M., Kania, D. S., & Yusup, D. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Sampah Plastik Menggunakan Pendekatan Design Thinking. 3, 209–223.
Auliyaa, P., Hidayat, R., & Nababan, R. (2022). Implementasi pelayanan publik berbasis e-government melalui ogan lopian. Kinerja, 18(4), 502–512. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.9804
Bagaskara, G. W. (2023). PERANCANGAN TAMPILAN ANTARMUKA APLIKASI SELF-CARE BERBASIS MOBILE UNTUK MENGATASI KESEHATAN MENTAL DENGAN METODE DESIGN. 7(2), 124–133.
Design, M., Sisfo, K., Unimma, S., Candra, A., Sukmasetya, P., & Hendradi, P. (n.d.). Perancangan UI / UX Aplikasi Berbasis Mobile Menggunakan Designing UI / UX Mobile -Based Applications Using the Design thinking Method ( Case Study of SISFO SKPI UNIMMA ). 53–68.
Dwi, G., Haryanto, P., & Voutama, A. (2023). Perancangan Ui/Ux Sistem Informasi Penyewaan Mobil Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking. 8(1), 23–30.
Engineering, I., Handayani, N., Tangerang, U. M., Bina, U., Informatika, S., Studi, P., Informasi, S., & Pradita, U. (2023). PERANCANGAN UI / UX APLIKASI DESTINASI WISATA BERBASIS WEB. 7(1), 35–43.
Engineering, I., Sanjaya, M. W., Febriandirza, A., Industri, T., Rambutan, K., & Timur, J. (2023). PENERAPAN METODE DESIGN THINGKING TERHADAP PENINGKATAN. 7(1), 7–16.
Hiariej, R., Setiyawati, N., Teknologi, F., Informasi, D., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Evaluasi User Experience Dan Usability Sistem Informasi Tugas Akhir Fti Uksw Menggunakan User Experience Questionnaire Dan System Usability Scale. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 6(Desember), 58–63.
Informatika, F. D., & Thinking, D. (2023). PERANCANGAN UI / UX APLIKASI FORUM DISKUSI INFORMATIKA BERBASIS. 6(1), 20–27.
Lestari, Y. D., Nugraha, J. T., & Fauziah, N. M. (2019). Pengembangan E-Government melalui Layanan Aspirasi Masyarakat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 16(2), 163–178. https://doi.org/10.31113/jia.v16i2.230
Mubarok, A. Z., Carudin, & Voutama, A. (2022). Perancangan User Interface/User Experience Pada Aplikasi Baby Spa Berbasis Mobile Untuk User Customer Dan Terapis Menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 6368–6380.
Oktaviani, B., Candra, R. M., & Irsyad, M. (2023). Desain Sistem Pemasaran Produk UMKM dengan Konsep UI / UX Menggunakan Metode Design Thinking. 4(3), 980–987. https://doi.org/10.47065/josh.v4i3.3387
Prasetyo, S., Mahendra, M., & Karyawati, E. (2023). PERANCANGAN MOBILE-WEBSITE MANAJEMEN SAMPAH. 1(November 2022), 475–482.
Razi, A. A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. (2018). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 219. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1549
Reynaldi, V. K., & Setiyawati, N. (2022). Perancangan Ui/Ux Fitur Mentor on Demand Menggunakan Metode Design Thinking Pada Platform Pendidikan Teknologi. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(3), 835–849. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.3109
Samsudin, A. D., Ardiansyah, B. N., Juardi, D., & Poetri, J. L. (2023). Perancangan UI/UX pada Aplikasi Financial Technology ARENA. 9(10), 1–23.
Suprayogi Adhyaksa Pratama, W., & Dwi Indriyanti, A. (2023). Perancangan Design UI/UX E-Commerce TRINITY Berbasis Website Dengan Pendekatan Design Thinking. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence), 04(01), 50–61.
Syahbani, A. N., & Nuraini, S. (2018). Efektivitas Aplikasi Ogan Opian Terhadap Pelayanan Publik di Kabupaten Purwakarta. Governance: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 8(1), 69–81. https://jurnal.unismabekasi.ac.id
Voutama, A., & Novalia, E. (2021). Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 104. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.920
Wardana, F. C., Lanang, I. G., & Eka, P. (2022). Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 03(04), 1–12.
Widiyantoro, M. F., Heryana, N., Voutama, A., & Sulistiyowati, N. (2022). Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, 7(1), 1. https://doi.org/10.51211/imbi.v7i1.1949
Published
2023-07-11
How to Cite
ADHA, Ismail Adhiya; VOUTAMA, Apriade; RIDHA, Azhari Ali. PERANCANGAN UI/UX APLIKASI OGAN LOPIAN DISKOMINFO PURWAKARTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 55-70, july 2023. ISSN 2527-3116. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/2938>. Date accessed: 18 june 2024. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v7i1.2938.
Section
Articles