IMPLEMENTASI ADDIE DALAM PEMBUATAN GAME “CARAKAN” UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA AKSARA JAWA


Abstract
Indonesia adalah negara dengan banyak budaya salah satunya yaitu Aksara Jawa. Aksara Jawa atau juga dikenal dengan Hanacaraka merupakan suatu sistem penulisan yang digunakan pada zaman dulu. Perkembangan teknologi dan globalisasi yang pesat, sayangnya membuat minat generasi masa kini untuk mempelajari Aksara Jawa jadi menurun. Kurangnya inovasi dalam pengajaran dan aspek hafalan dalam pembelajaran membuat generasi masa kini menjadi bosan. Pada penelitian ini dilakukan perancangan aplikasi game berjudul “CARAKAN” yang merupakan sebutan lain untuk Aksara Jawa. Dengan harapan dapat melestarikan budaya Aksara Jawa melalui game atau permainan yang menyenangkan, penulis menggunakan software RPG Maker MV sebagai alat untuk mengembangkan game. Menggunakan metode penelitian pengembangan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) sehingga mendapatkan hasil penelitian berupa kesimpulan bahwa pembuatan aplikasi game “CARAKAN” telah sesuai dengan apa yang penulis rancang dan dapat berjalan dengan baik. Alur cerita dan tampilan dalam game yang menarik diharapkan dapat meningkatkan minat pemain untuk mempelajari Aksara Jawa.
Downloads
References
Arista, F. S., & Kuswanto, H. (2018). irtual Physics Laboratory Application Based on the Android Smartphone to Improve Learning Independence and Conceptual Understanding. Int. J. Instr, 11(1).
Bata, J. (2022). Penerapan Model ADDIE untuk Pengembangan Game Simulasi Kebencanaan. Indonesian Journal of Computer Science, 11(3).
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran BerbasisGame Edukasi QuizizzTerhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMKKetintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran(JPAP), 8(2).
Fauzan, S. A., Pradana, S. R., Hikal, M., Ashfiya, M. B., Kurniawan, Y. I., & Wijayanto, B. (2022). Implementasi Game Development Life Cycle Model Pengembangan Arnold Hendrick’s Dalam Pembuatan Game Puzzle-RPG Enigma’s Dungeon. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 2(2).
Febriani, S. W., Sandie, S., & Darma, Y. (2023). Game Edukasi Matematika Berbantuan RPG Maker MV Materi Bangun Datar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1).
Lorentius, C. A., Adipranata, R., & Tjondrowiguno, A. (2019). Pengenalan Aksara Jawa dengan Menggunakan Metode Convolutional Neural Network. Jurnal Infra, 7(1).
Mahastama, A. W., Krisnawati, L. D., & Saputra, L. K. P. (2021). Pemanfaatan E-Learning Untuk Inovasi Pembelajaran Aksara Jawa Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Prosiding Sendimas.
Maryana, W., Rahmawati, L., & Malaya, K. A. (2021). Penggunaan Permainan Puzzle Carakan Dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1).
Nadhiroh, U., & Setyawan, B. W. (2021). Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa dalam Melestarikan Budaya Jawa. JISABDA Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 3(1).
Ningsih, S. R., Suryani, A. I., Darwas, R., & Rahimullaily. (2022). Pengembangan Aplikasi E-Assignment Sebagai Media Evaluasi Dalam Pembelajaran Dengan Metode Jigsaw. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 6(2).
Pohan, A. B., Alfarobi, I., & Hadi, S. W. (2022). Pengembangan Idle Game “Havok Runner” Berbasis Android Menggunakan Metode Agile Game Development. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(3).
Pradhana, S. C. A., Wisesty, U. N., & Sthevanie, F. (2020). Pengenalan Aksara Jawa Dengan Menggunakan Algoritma Convolutional Neural Network. EProceedings of Engineering.
Rahman, A. S., & Anugrah, I. G. (2022). Pengembangan Game Edukasi Pencegahan COVID-19 Menggunakan Metode Game Development Life Cycle. Ilkomnika: Journal of Computer Science and Applllied Informatics, 4(1).
Ramdhany, T., BAS, I., Pahrilah, D., & Krisdiawan, R. A. (n.d.). Pembuatan Game Edukasi Sejarah Kerajaan Sriwijaya Menggunakan RPG Maker MV. Jurnal Nuansa Informatika, 15(2).
Rizal, A. S. (2023). Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1).
Romawati, E. F., Widaningrum, I., & Astuti, I. P. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Pengenalan Huruf Jawa (Aksara Jawa) Berbasis Android. Jurnal Computer Science and Information Technology(CoSciTech), 1(2).
Tajuddin, M., Anas, A. S., Amrullah, A. Z., Adil, A., & Ardi, R. F. P. (2022). Penerapan Metode ADDIE dalam Pengembangan Aksara Sasak Baluk Olas (Delapan Belas) Berbasis Game. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro, Sistem Informasi Dan Teknik Informatika.
Wibowo, T., & Xie, F. (2022). An RPG Game Design for English Learning using ADDIE Methods. Science Tech : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 8(1).
Widya, A. H., & Mustagfirin. (2020). Game Edukasi Aksara Jawa 3D dengan Accelerometer. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(2).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.