IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI UP-SELLING DAN CROSS-SELLING
Abstract
Toko Kuliner Lemakraso adalah sebuah usaha kuliner berbasis makanan dan olahan beku (frozen food) di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Saat ini, toko menghadapi beberapa permasalahan yang perlu diatasi untuk meningkatkan efisiensi dan hasil promosi yang optimal. Salah satu masalah utama adalah proses pemasaran yang masih dilakukan secara manual, mengakibatkan rendahnya hasil promosi. Selain itu, rekapitulasi data transaksi dan data pelanggan juga dilakukan secara manual, menyebabkan ketidakakuratan dan kesulitan dalam mengelola data tersebut. Selain itu, belum ada strategi khusus yang diimplementasikan untuk meningkatkan omset penjualan. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada sistem informasi penjualan di Toko Kuliner Lemakraso menjadi solusi yang efektif. CRM akan memungkinkan toko untuk melakukan promosi produk secara online dan real-time, serta menyimpan keseluruhan data terintegrasi dalam database. Hal ini akan mempermudah pengelolaan dan akses data pelanggan, transaksi, dan promosi. Dalam upaya meningkatkan omset penjualan, strategi Up-selling dan Cross-selling juga akan diterapkan melalui sistem informasi penjualan berbasis website. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Waterfall, yang terbukti efektif dalam mengatasi masalah sejenis. Dengan implementasi CRM dan strategi Up-selling serta Cross-selling, diharapkan toko dapat meningkatkan efisiensi operasional, akurasi data, dan omset penjualan secara signifikan.
Downloads
References
Albert, M. (2022). Perancangan Sistem Informasi CRM pada Car Wash Auto 74 Cabang Rajabasa Berbasis Web. Jurnal Teknologi Terkini, 2(3).
Anggara, N. A. A., Hutahaean, J., & Iqbal, M. (2022). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(4), 480-488. https://doi.org/10.47065/bits.v3i4. 1440
Apriyan, M., & Kurniawan, K. (2020). Penerapan Metode Cross Selling pada Sistem Informasi Penjualan Toko 212 Mart Palembang. Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS), 2(6), 129–138.
Ayu, E. M., & Asbari, M. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web Pada Ifa Interior. Insan Pembangunan Sistem Informasi Dan Komputer (IPSIKOM), 9(2), 62–71. https://doi.org/10.58217/ipsikom.v9i2.203
Effendy, I. (2019). Penerapan Metode Cross Selling pada Aplikasi Web Crawler E-Commerce. INFORMANIKA, 5(2), 75–80. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Eliyeser, S., & Seabtian, D. T. (2021). Pengembangan Teknologi Tepat Guna Toko Bunga dengan Penerapan Metode CRM Toko Risky Flower Sampit. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 2(1), 43-48.
Febriantho, F., Samidi, S., Mikael, G., & Saputra, E. (2022). Sistem Penentuan Paket Penjualan dengan Algoritma FP-Growth Serta Metode Up dan Cross Selling. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(4), 2269–2278. https://doi.org/10.30865/mib.v6i4.4800
Gautama, I. (2005). Relationship Marketing dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Customer Relationship Management untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.
Hartono, M. A. (2021). Peran Waiter dan Waitress dalam Penerapan Strategi Up Selling pada Masa COVID-19 di Branche Restaurant Golden Tulip Holland Hotel Resort Batu (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER).
Herliyanto, F. D., & Ramadhan, F. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Up Selling dan Cross Selling dengan Metode Prototyping. FTI.
Irsandi, J. S., Fitri, I., & Nathasia, N. D. (2021). Sistem Informasi Pemasaran dengan Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall dan Agile. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 5(4), 346-353.
Kuswayati, S., & Damayanti, S. E. (2019). Perancangan Skema Penjualan Barang Ritel Secara Cross Selling Menggunakan Market Basket Analysis. Naratif: Jurnal Nasional Riset, Aplikasi Dan Teknik Informatika, 01(02), 23–28.
Larasati, I., Rajagukguk, E., Dumayanti, I. S., & Silalahi, A. P. (2021). Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Untuk Mengukur Loyalitas Pelanggan Menggunakan Metode Service Quality (Studi Kasus Cleo Photo Studio). Jurnal Ilmiah Sistem Informasi METHOSISFO, 1(2).
Nugraha, I. A., & Rosalina, V. (2022). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Informasi Pelayanan Jasa Meteorologi Berbasis Web. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 9(1), 36-44.
Priambodo, M. A., & Prehanto, D. R. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Toserba Menggunakan Metode Cross-selling dan Up-selling Berbasis Website (Studi Kasus: CV FCH Kema Pole Indonesia). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 03(02), 18–28.
Putra, K. A. (2018). Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Pada Sistem Informasi Penjualan Alat Olah Raga Berbasis Web (Study Kasus : Dian Sport Bandar Lampung). c, 1–7.
Rahayu, D., Suryanto, A. A., Nurlifa, A., & Muqtadir, A. (2022, February). Implementasi Customer Relationship Management (CRM) di Toko Handphone Rejo Cell Tuban. In STAINS (SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI & SAINS) (Vol. 1, No. 1, pp. 161-166).
Rahmawati, I., Sukma, I., & Henny, H. (2022). Pembuatan Aplikasi Customer Relationship Management Berbasis Website Pada CV. Perdana Mobil Kendari. Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 7(2), 152–156. https://doi.org/10.51876/simtek.v7i2.157
Sembiring, A. F., Jaya, I. K., Silalahi, A. P., Rumapea, Y., & Hasibuan, D. (2021). Perancangan Sistem Pemesanan Pada Toko Sablon Medan Berbasis Web Dengan Menerapkan CRM (Customer Relationship Management). Jurnal Ilmiah Sistem Informasi METHOSISFO, 1(1), 27-33.
Sommerville, I. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Erlangga.
Susilo, M. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 2(2), 98–105. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.171
Rajagukguk, E., Tampubolon, A. P. H., & Gea, A. (2022). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Toko Urban Traffic Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi METHOSISFO, 2(1), 18-27.
Voutama, A. (2022). Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 11(1), 102–111. https://doi.org/10.34010/komputika.v11i1.4677
Yuniarti, E., & Abdillah, L. (2022, October). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Toko Bella Songket Palembang dengan Metode Up Selling dan Cross Selling. In Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS) (Vol. 4, No. 1, pp. 96-105).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.